Sabtu, 02 Maret 2019

LIMA PERKARA BAGI MURID


1 Setyo Tuhu seseorang yang sudah sampai pada Penyembahan yang diiringi dengan jiwa harus dapat hidup dengan hati yang lurus benar dan jujur amal shaleh berdasarkan
panggilan hati dan bukan karena pamrih ia tak akan berhianat terhadap suara hatinya sendiri

lima perkara kebajikan yang ditegakkan atau yang harus ditegakkan oleh seorang murid dan santri
2 ambeg Paramarta kata ambek berasal dari kosakata Jawa kuno yang artinya pikiran atau perasaan sedangkan Paramarta dari bahasa Jawa Kawi yang artinya berbudi pekerti luhur jadi dalam hidup ini kita harus menempuh perjalanan lahir dan batin yang didasari oleh pikiran dan perasaan yang baik niat yang baik dan perilaku yang bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan kehidupan didalamnya .
3 berbudi Bowo Leksono orang yang mencapai tahap hakikat harus berperilaku yang penuh belas kasih gampang menolong orang teraniaya atau menderita serta menepati apa yang diucapkan.
Dalam pengertian ini tercakup juga melakukan pekerjaannya dengan benar
4 pinter saliring kawruh dengan terbukanya hati dan terpancarnya cahaya Tuhan dalam dirinya ia akan kaya pengetahuan dan penemuan.

Ia juga memahami tingkat kecerdasan orang yang di didiknya Ia juga memiliki kemampuan untuk menyenangkan hati orang banyak.
5 Susilo anorogo dalam hidupnya ia senantiasa mengikuti tata krama dalam pergaulan. Lalu, ia senantiasa hidup dengan rendah hati, tidak mengunggulkan  dirinya, terhadap sesama.

 Itulah peradaban Jawa peradaban yang luar biasa,yang telah diajarkan oleh nenek moyang kita. Ternyata nenek moyang kita, telah jauh memiliki peradaban yang lebih baik dari apa yang terjadi pada anak-anak sekarang ini.

Oleh karenanya marilah kita kembali kepada kebaikan kebaikan yang telah diajarkan oleh peradaban peradaban yang luar biasa ini.

Bukan berarti kita kembali ke pada zaman nenek moyang,tetapi apa yang telah diajarkan nya dan itu membawa dampak kebaikan kepada kehidupan kita kenapa kita tidak menjalankannya.

Wallohu a'lam bishowab

Pak J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar