Senin, 11 Maret 2019

PENGARUH ARAB TERHADAP JAWA


Hasil gambar untuk PENGARUH ARAB KE JAWASelain india dan persia, pengaruh lslam dari arab juga masuk ke Nusantara,
terutama melalui jalur perdagangan. Sebab, sejak masa pra Islam pelaut pelaut Nusantara sudah berlayar ke arab dan sebaliknya. Perniagaan cengkeh Nusantara pada tahun 70 masehi sudah sampai ke rumah lewat lskandar yah.

 Meski baru abad ke-9 ahli ilmu bumi arab bernama abu alfa aida menyebut kepulauan Nusantara. Sementara itu, dalam sumber cina dari dinasti Tang, tercatat keberadaan seorang pemimpin arab yang mengapalahi orang-orang arab menetap di pantai barat sumatera dan saudagar saudagar arab yang tinggal di negeri kalingga di Jawa.

R. Mauny dalam The Wakwak and The Indonesia invasion in east Afrika in 945, menegaskan terjadinya invansi orang-orang Nusantara ke Madagaskar yang terletak di pantai timur Afrika pada pertengahan abad ke-10 masehi. Itu menunjukkan bahwa, kapal-kapal asal Nusantara pada pertengahan abad ke-10 masehi sudah mencapai Madagaskar dan melakukan invasi ke pulau terbesar di timur Benua Afrika itu.

Dalam invansi tersebut, penduduk Nusantara dalam jumlah besar tinggal di Madagaskar dan berkembang biak dalam waktu lama sehingga menjadi penduduk setempat. Karena itu, bahasa malagasi yang digunakan penduduk Madagaskar dikategorikan sebagai cabang paling barat dari rumpun bahasa Melayu-Polinesia.

Kemampuan pelaut pelaut nusantara dalam mengarungi samudra, sedikitnya dicatat oleh pedagang Arab bernama Ibnu Lakis. Menurut terjemahan J sauvaget dalam Marveilles de L'indie,  pada tahun 334 Hijriyah atau 945- 946 M. telah datang "kira-kira 1000 perahu" yang dinaiki orang waq waq di daerah "sofala nya kaum Zanggi" di pantai mozambique. Orang-orang waqwaq yang kepulauannya terletak berhadapan dengan negeri Cina_ menjelaskan bahwa mereka datang dari jarak yang memerlukan setahun pelayaran. Mereka mendatangi pantai pantai Afrika untuk mencari bahan yang cocok untuk negeri mereka dan untuk Cina, seperti Gading, kulit kura-kura, kulit macan tutul, Ambar, dan terutama budak Zanggi, karena orang zanggi kuat fisiknya dan kuat menjadi budak.

 Menurut Denys lombard, petikan catatan Ibnu lakis ini amat menarik karena bertanggal paling tua yang terdapat dalam sumber-sumber Arab mengenai perdagangan Indonesia di Afrika.


Hasil gambar untuk PENGARUH ARAB KE JAWASementara itu, pada abad ke-8 masehi saudagar saudagar muslim Arab dan persia telah menguasai  perniagaan di laut India, dan banyak saudagar muslim Arab yang tinggal menetap di Malabar, pantai barat India.

Bahkan menurut Gabriel ferrand dalam Relatoons de voyages et te tek geographis arabes.
Saudagar saudagar muslim Arab pada abad ke-8 banyak yang tinggal di Kadrang atau Phan- rang di Campa Selatan, sehingga Pelabuhan itu disebut dengan nama "kadrang pelaut-pelaut Arab. " Pada saat kota dagang Canton yang dihuni para saudagar muslim Arab, Persia, India, dihancurkan tentara pemberontak huang chao tahun 879 M, dengan korban tewas tidak kurang dari 200. 000 orang, saudagar saudagar Arab yang selamat melarikan diri ke selatan dan tinggal di sepanjang pesisir Laut Cina Selatan.

Hasil gambar untuk PENGARUH ARAB KE JAWAKeberadaan komunitas muslim Arab di nusantara tidak bisa dibandingkan dengan komunitas muslim Cina. Sekalipun peran mereka setara di kota-kota besar Nusantara, komunitas muslim Arab mengagungkan sebuah model budaya yang khas, yaitu model agama Islam yang "murni", yang dengan sengaja terpusat ke dunia usaha. Menurut L. W. C. Van De Berg dalam le Hadramaut et lest colonis Arabes, menyatakan, bahwa Pedagang pedagang Arab sudah lama terdapat di nusantara tetapi jumlahnya tetap sedikit, sekali pun di antara mereka ada yang mempunyai pengaruh politik yang besar atas kehidupan pribumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar