Sabtu, 14 Juli 2018

ILHAM ADALAH


Menurut kamus bahasa Arab, Ilham  berarti (menelan, meneguk, mengajarkan, mewahyukan).

Secara makna Ilham adalah : "Sesuatu yang disampaikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, ke dalam jiwa yang membangkitkan nya untuk mengerjakan Atau meninggalkan sesuatu.

Menurut Az Zarkasyi. (ahli tafsir)
Dalam kitab Al Burhan Fi Ulum Alquran, Ilham adalah:" (Memberi pelajaran atau mengajar.) Tuhan memberikan pelajaran itu, ada kalanya dengan menciptakan ilmu yang diperlukan manusia, atau dengan cara menunjukkan dalil-dalil yang dibawa oleh Nabi dan didukung oleh akal.
Dalam Al Quran Ilham hanya disebut satu kali. Yaitu dalam Surat Asy Syams ayat 8, yang artinya :" Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu jalan kefasikan atau ketakwaannya." Menurut Imam at Thabari (ahli tafsir) terdapat 2 penafsiran tentang Ilham. 
  1. Allah SWT menjelaskan sesuatu pada nafsu jiwa yang pantas untuk dikerjakan atau ditinggalkan baik berupa kebaikan atau keburukan 
  2. Allah SWT menjadikan dalam jiwa ada kefasikan dan ketakwaan mana saja yang dominan di antara kedua itu akan berpengaruh terhadap perilaku manusia menurut Muhammad Abduh definisi Ilham Adalah perasaan halus yang mana jiwa merasa yakin dan terdorong pada apa yang dicarinya tanpa merasa atau mengetahui Dari mana datangnya.

Allah SWT dikenali melalui dua jalan yaitu.  :
  • A. Allah SWT memberi Ilham kepada sebagian manusia untuk mengetahuinya 
  • B Allah SWT memberikan wahyu kepada para nabi untuk menyampaikan ajarannya kepada umat manusia secara keseluruhan.

Persamaan Ilham dengan Wahyu, keduanya sama-sama merupakan media penerimaan ilmu pengetahuan. Atau pengetahuan yang didapat secara cepat dan rahasia dalam jiwa tanpa dipelajari lebih dahulu. Perbedaannya Ilham, dapat diperinci ilmu pengetahuan perasaan halus, insting, atau berupa tabiat yang diberikan kepada semua manusia atau hewan. Adapun Wahyu diberikan khusus kepada nabi yang datangnya dari Allah subhanahu wa taala melalui malaikat dan ada kewajiban untuk menyampaikannya kepada seluruh manusia. pendapat lain menyebutkan Ilham merupakan emanasi dari Alloh swt. namun  tidak di ketaui bagaimana dan mengapa ilham itu di turunkan.

Adapun perbedaan Ilham dengan ilmu adalah :  
Ilmu merupakan sesuatu yang dipelajari, bersandar pada pemikiran dan penyelidikan, serta memerlukan usaha yang terus-menerus.
Ilham
adalah sesuatu yang diperoleh tanpa melalui proses pemikiran dan penyelidikan serta tidak memerlukan usaha untuk mempelajarinya.

Ilham juga berbeda dengan rasa was-was atau keraguan hati. Ilham datang melalui akal fa'al (malaikat) sedangkan was-was datang dari setan. Menurut Imam Al-Ghazali sikap pengetahuan itu berupa kebaikan dapat disebut Ilham, dan apabila berupa kejelekan maka itu adalah was-was yang datangnya dari setan.

Bagi Sufi, Ilham mempunyai arti penting dalam kaitanya dengan tujuan mereka mencapai makrifat mahabbah kepada Allah SWT. dalam hal ini Jika Ma'rifat dianggap sebagai tingkatan. (maqom) maka termasuk usaha. Apabila dipahami sebagai hal, ma'rifat memerlukan atau menunggu pemberian Allah SWT. 

 Al hajwiri berpendapat bahwa makrifat kepada Allah SWT yang diperoleh melalui Ilham tidak meyakinkan. Tetapi Imam Al Ghazali memahami Ilham sebagai Nur Allah SWT yang memancar pada jiwa manusia sebagai Kasyif ( sebagai penerang atau pembuka), sehingga dapat mengetahui rahasia ke-Tuha-nan dan mengetahui hukum yang meliputi segala hal yang wujud.

Meskipun secara umum dapat dipahami bahwa Ilham dapat diperoleh tanpa usaha, namun Allah SWT menurunkan Ilham tertentu kepada orang-orang yang memang pantas untuk menerimanya. mereka melakukan usaha meskipun pada akhirnya menunggu pemberian dari Allah SWT.

Wallohu A'lam bishowab.

Pak J
sumber
ensiklopedia Islam  PT Ikrar Mandiriabadi jkt  2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar