Rabu, 27 Juni 2018

FATIMAH BINTI RASULLULLAH.



Dari perkawinan Fatimah dengan Ali, lahirlah Hasan dan Husein keduanya terkenal sebagai tokoh
Syiah yang mati terbunuh di Karbala. Disamping keduanya, juga lahir anak ketiga, Muksin serta 2 anak perempuan, Umi Kulsum dan Zainab.

Kehidupan rumah tangga Fatimah sangatlah sederhana, bahkan sering juga kekurangan, sehingga beberapa kali harus menggadaikan barang barang keperluan rumah tangga mereka untuk membeli makanan, sampai-sampai kerudung Fatimah pernah digadaikan kepada Yahudi Madinah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. Namun demikian mereka tetap bahagia Lestari sebagai suami istri sampai akhir hayat.

Fatimah adalah Putri kesayangan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sekali waktu Nabi Shallallahu alaihi sallam pernah mengatakan kepada Ali, Fatimah adalah bagian dari ku, Siapa yang menyakitinya berarti menyakitiku. Siapa yang membuatnya gembira maka ia telah membahagiakanku. Ini dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu salam sehubungan dengan keinginan seorang Tokoh Quraisy untuk menikahkan anak perempuannya dengan Ali. Ali tidak menolak tetapi segera dicegah oleh Rasulullah Shallallahu salam. Sikap Nabi Shallallahu salam makin keras ketika Abu Jahal menawarkan anak perempuannya kepada Ali. Nabi SAW mengatakan cerai kan dulu Fatimah Jika Ali  berniat untuk menikahinya.Ini merupakan bukti kuat akan kecintaan Rasulullah SAW kepada putri bungsunya ini.

Memang Nabi Saw sangat sayang kepada Fatimah waktu Nabi Shallallahu salam sakit keras menjelang wafatnya, Fatimah tiada hentinya menangis. Nabi Shallallahu salam memanggilnya dan berbisik kepadanya, tangisnya makin bertambah. Lalu Nabi SAW berbisik lagi dan dia pun tersenyum. Kemudian hal tersebut ditanyakan orang kepada Fatimah, dia menjawab bahwa dia menangis karena ayahnya memberitahu kepadanya bahwa tak lama lagi ayahnya akan meninggal. Tetapi dia tersenyum karena seperti kata ayahnya dialah yang pertama yang akan menjumpai nya di akhirat nanti.

Fatimah adalah seorang wanita yang agung seorang ahli hukum islam dari nya banyak diriwayatkan hadis Nabi Shallallahu salam. Dia adalah tokoh wanita dalam bidang kemasyarakatan, orangnya sangat sabar, dan bersahaja Akhkaqnya  sangat mulia.

Tak lama setelah kematian Rasulullah Shallallahu salam Fatimah jatuh sakit. Merasa ajal sudah dekat ia membersihkan dirinya dengan memakai pakaian yang terbaik memakai wewangian dibantu oleh iparnya asma bin Abi Tholib. Dia meninggal dengan satu pesan bahwa hanya Ali suaminya yang boleh menyentuh tubuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar