Kamis, 03 September 2020

STRATEGI DAKWAH RASULULLAH Pertemuan ke 2

 

A.      PENDALAMAN  ILMU


Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan

risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya.

 

1.      Menyiarkan Islam secara Sembunyi-Sembunyi

Ketika wahyu pertama turun, Nabi belum diperintah untuk menyeru umat manusia menyembah dan mengesakan Allah SWT. BARU saat turun wahyu yang kedua (Qs. Al-Mudatstsir:1-7) yang menjelaskan akan tugas Rasulullah SAW .


SAAT ITULAH  Rasulullah SAW mulai berdakwah secara sembunyi sembunyi. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan sahabat-sahabatnya. Orang pertama yang beriman kepada-Nya ialah Siti Khodijah (isteri Nabi), disusul Ali bin Abi Thalib (putra paman Nabi) dan Zaid bin Haritsah (budak Nabi yang dijadikan anak angkat). Setelah itu beliau menyeru Abu Bakar (sahabat karib Nabi). Kemudian dengan perantaraan Abu Bakar banyak orang orang yang masuk Islam. Orang-orang yang masuk Islam, pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi, yang namanya sudah disebutkan di atas disebut Assabiqunal Awwalun (pemeluk Islam generasi awal).

 

2.      Menyiarkan Islam secara Terang-Terangan

Tiga tahun lamanya Rasulullah SAW melakukan dakwah secara rahasia. Kemudian turunlah firman Allah SWT, surat Al-Hijr:94 yang memerintahkan agar Rasulullah berdakwa secara terang terangan. Pertama kali seruan yang bersifat umum ini beliau tujukan pada kerabatnya, kemudian penduduk Makkah baik golongan bangsawan, hartawan maupun hamba sahaya. 


Setelah itu Menyusul pada kabilah-kabilah Arab dari berbagai daerah yang datang ke Makkah untuk mengerjakan haji. Sehingga lambat laun banyak orang Arab yang masuk Agama Islam. Demikianlah perjuangan Nabi Muhammad SAW dengan para sahabat untuk meyakinkan orang Makkah bahwa agama Islamlah yang benar dan berasal dari Allah SWT, akan tetapi kebanyakan orang-orang kafir Qurais di Mekkah menentang ajaran Nabi Muhammad SAW tersebut.



Dengan adanya dakwah Nabi secara terang-terangan kepada seluruh penduduk Makkah, maka banyak penduduk Makkah yang mengetahui isi dan kandungan al-Qur’an yang sangat hebat, memiliki bahasa yang terang (fasihat) serta menarik. Sehingga lambat laun banyak orang Arab yang masuk Agama Islam. Dengan usaha yang serius pengikut Nabi SAW bertambah sehingga pemimpin kafir Quraisy yang tidak suka bila Agama Islam menjadi besar dan kuat. Mereka berusaha keras untuk menghalangi dakwah Nabi dengan melakukan penyiksaan-penyiksaan terhadap orang mukmin.


Banyak hal yang dilakukan para pemimpin Quraisy untuk mencegah dakwah Nabi. Pada mulanya mereka mengira bahwa kekuatan Nabi terletak pada perlindungan dan pembelaan Abu Thalib. Mereka mengancam dan menyuruh Abu Thalib untuk memilih dengan menyuruh Nabi berhenti berdakwa atau menyerahkannya pada orang kafir Quraisy. Karena cara-cara diplomatik dan bujuk rayu gagal dilakukan, akhirnya para pemimpin Quraisy melakukan tindakan fisik yang sebelumnya memang sudah dilakukan namun semakin ditingkatkan. Apabila orang Quraisy tahu bahwa dilingkungannya ada yang masuk Islam, maka mereka melakukan tindakan kekerasan semakin intensif lagi.


Mereka menyuruh orang yang masuk Islam meskipun anggota keluarga sendiri atau hamba sahaya untuk di siksa supaya kembali kepada agama sebelumnya (murtad). Kekejaman yang dilakukan oleh peduduk Mekkah terhadap kaum muslimin mendorong Nabi SAW untuk mengungsikan sahabat–sahabatnya keluar Makkah. Sehingga pada tahun ke 5 kerasulan Nabi Muhammad SAW menetapkan Habsyah (Etiophya) sebagai Tempat untuk mengungsi, karena rajanya pada saat itu sangat adil. 


Namun kafir Quraisy tidak terima dengan perlakuan tersebut, maka mereka berusaha menghalangi hijrah ke Habsyah dengan membujuk raja Habsyah agar tak menerima kaum muslimin, namun gagal.


Ditengah-tengah sengitnya kekejaman itu dua orang kuat Quraisy masuk Islam yaitu Hamzah dan Umar bin khattab sehingga memperkuat posisi umat Islam. Hal ini memperkeras reaksi kaum Quraisy Mereka menyusun strategi baru untuk melumpuhkan kekuatan Muhammad SAW yang bersandar pada perlindungan Bani Hasyim. 


Cara yang ditempuh adalah pemboikotan. Mereka memutuskan segala bentuk hubungan dengan suku ini. Persetujuan dilakukan dan ditulis dalam bentuk piagam dan disimpan dalam ka’bah. Akibatnya Bani Hasyim mengalami kelaparan, kemiskinan dan kesengsaraan yang tiada bandingnya. Hal ini terjadi pada tahun ke-7 ke Nabian dan berlangsung selama 3 tahun yang merupakan tindakan paling menyiksa dan melemahkan umat Islam.



Pemboikotan ini berhenti setelah para pemimpin Quraisy sadar terhadap tindakan mereka yang terlalu. Namun selang beberapa waktu Abu Thalib meninggal Dunia, tiga hari kemudian istrinya, Siti Khodijah pun wafat. Tahun itu merupakan tahun kesedihan bagi Nabi (Amul Huzni). Sepeninggal dua orang pendukung tersebut kaum Quraisy tak segan-segan melampiaskan amarahnya. Karena kaum Quraisy tersebut Nabi berusaha menyebarkan Islam keluar kota, namun Nabi malah di ejek, di sorak bahkan dilempari batu hingga terluka di bagian kepala dan badan.

Untuk menghibur Nabi, maka pada tahun ke-10 keNabian, Allah mengisra’mi’rajkannya. Berita ini sangat menggemparkan masyarakat Makkah. Bagi orang kafir hal itu dijadikan sebagai propaganda untuk mendustakan Nabi, namun bagi umat Islam itu merupakan ujian keimanan. Setelah peristiwa ini dakwah Islam menemui kemajuan, sejumlah penduduk Yastrib datang ke Makkah untuk berhaji, mereka terdiri dari suku Khazraj dan Aus yang masuk Islam dalam tiga golongan :

a.    Pada tahun ke-10 keNabian. Hal ini berawal dari pertikaian antara suku Aus dan Khozroj, dimana mereka mendambakan suatu perdamaian.

b.    Pada tahun ke-12 keNabian. Delegasi Yastrib (10 orang suku Khozroj, 2 orang Aus serta seorang wanita) menemui Nabi disebuah tempat yang bernama Aqabah dan melakukan ikrar kesetiaan yang dinamakan perjanjian Aqabah pertama. Mereka kemudian berdakwah dengan ini di temani seorang utusan Nabi yaitu Mus’ab bin Umar.

c.    Pada musim haji berikutnya. Jama’ah haji Yastrib berjumlah 73 orang, atas nama penduduk Yastrib mereka meminta Nabi untuk pindah ke Yastrib, mereka berjanji untuk membelah Nabi, perjanjian ini kemudian dinamakan Perjanjian Bai’ah Aqabah II.


Setelah mengetahui perjanjian tersebut, orang kafir Quraisy melakukan tekanan dan intimidasi secara lebih gila lagi terhadap kaum muslimin. Karena hal inilah, akhirnya Nabi memerintahkan sahabat–sahabatnya untuk hijrah ke Yastrib. Dalam waktu dua bulan, ± 150 orang telah meninggalkan kota Makkah. Hanya Ali dan Abu Bakar yang tetap bersama Nabi, akhirnya ia pun hijrah ke Yastrib bersama mereka karena kafir Quraisy sudah merencanakan pembunuhan terhadap Nabi SAW.


Tahap-tahap dakwah Rasulullah SAW secara terang-terangan ini antara lain sebagai berikut:

a.    Mengundang kaum kerabat keturunan dari Bani Hasyim, untuk menghadiri jamuan makan dan mengajak agar masuk Islam. Walau banyak yang belum menerima agama Islam, ada 3 orang kerabat dari kalangan Bani Hasyim yang sudah masuk Islam, tetapi merahasiakannya. Mereka adalah Ali bin Abu Thalib, Ja’far bin Abu Thalib, dan Zaid bin Haritsah.

b.    Rasulullah SAW mengumpulkan para penduduk kota Mekkah, terutama yang berada dan bertempat tinggal di sekitar Ka’bah untuk berkumpul di Bukit Shafa.

Pada periode dakwah secara terang-terangan ini juga telah menyatakan diri masuk Islam dari kalangan kaum kafir Quraisy, yaitu: Hamzah bin Abdul Muthalib (paman Nabi SAW) dan Umar bin Khattab. Hamzah bin Abdul Muthalib masuk Islam pada tahun ke-6 dari keNabian, sedangkan Umar bin Khattab (581-644 M).

Rasulullah SAW menyampaikan seruan dakwahnya kepada para penduduk di luar kota Mekkah. Sejarah mencatat bahwa penduduk di luar kota Mekkah yang masuk Islam antara lain:

a.    Abu Zar Al Giffari, seorang tokoh dari kaum Giffar.

b.    Tufail bin Amr Ad Dausi, seorang penyair terpandang dari kaum Daus.

c.    Dakwah Rasulullah SAW terhadap penduduk Yastrib (Madinah).

1)   Gelombang pertama tahun 620 M, telah masuk Islam dari suku Aus dan Khazraj sebanyak 6 orang.

2)   Gelombang kedua tahun 621 M, sebanyak 13 orang


Gelombang ketiga tahun berikutnya lebih banyak lagi. Diantaranya Abu Jabir Abdullah bin Amr, pimpinan kaum Salamah. Pertemuan umat Islam Yatsrib dengan Rasulullah SAW pada gelombang ketiga ini, terjadi pada tahun ke-13 dari keNabian dan menghasilkan Bai’atul Aqabah. Isi Bai’atul Aqabah tersebut merupakan pernyataan umat Islam Yatsrib bahwa mereka akan melindungi dan membela Rasulullah SAW. Selain itu, mereka memohon kepada Rasulullah SAW dan para pengikutnya agar berhijrah ke Yatsrib.


Adapun cara-cara yang dilakukan orang Quraisy dalam melancarkan permusuhan terhadap Rasulullah SAW dan pengikutnya sebagai berikut:

a. Mengejek, menghina dan menertawakan orang-orang Muslim dengan maksud melecehkan kaum muslimin.

b. Mengejek ajaran Nabi, membangkitkan keraguan, menyebarkan anggapan-anggapan yang menyangsikan ajaran Nabi.

c.    Melawan Al-Qur’an dengan dongeng-dongeng orang-orang terdahulu.

d.  Menyodorkan beberapa tawaran pada orang Islam yang mau menukar keimanannya dengan kepercayaan orang kafir Quraisy.


Menurut Syalabi ada lima faktor yang menyebabkban orang-orang kafir Quraisy berusaha menghalangi dakwah Islam yaitu :


a.Orang kafir Quraisy tidak dapat membedakan antara keNabian dan kekuasaan. Mereka menganggap bahwa tunduk pada seruan Muhammad berarti tunduk kepada kepemimpinan bani Abdul Muthallib.

b.    Nabi Muhammad SAW menyerukan persamaan antara bangsawan dan hamba sahaya.

c.  Para pemimpin Quraisy tidak dapat menerima adanya hari kebangkitan kembali dan hari pembalasan di akhirat.

d.   Taklid pada nenek moyang adalah kebiasaan yang berakar pada bangsa Arab.

e.    Pemahat dan penjual patung menganggap Islam sebagai penghalang rezeki mereka.

 

3.      Ibrah Sejarah Dakwah Periode Mekkah

 

Ibrah yang dapat diperoleh dari sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah, antara lain sebagai berikut.

a.    Menyadari bahwa melalui kesabaran dan keuletan dalam berjuang menegakkan agama Allah pasti akan mendapat pertolongan Allah swt.

b.    Memahami bahwa tugas seseorang rasul hanya sekadar menyampaikan risalah dari Allah swt. Seorang rasul tidak bisa memberi petunjuk  (hidayah), bahkan kepada keluarga atau orang yang sangat dicintainya.

c.  Memahami bahwa Allah SWT. pasti akan menguji seseorang yang akan terpilih menjadi utusan atau rasul-Nya (QS. Al Hajj: 75 dan Al Baqarah: 214).

d.  Memahami bahwa Nabi Muhammad SAW., sangat bijaksana, pandai menggunakan kesempatan yang berharga, dapat menarik perhatian orang tanpa menimbulkan kebosanan (QS. An Nahl: 125).

e.    Meneladani Nabi Muhammad SAW. yang bergelar uswatun hasanah. Artinya, Tingkah laku dan amal perbuatan Rasulullah SAW. sehari-hari adalah teladan yang baik, terutama terhadap ajaran Islam yang didakwahkannya.

f.     Melalui dakwah Nabi Muhammad SAW., umat manusia, khususnya umat Islam mendapatkan informasi mengenai agama yang diridai Allah.

g.  Melalui dakwah Islam, Nabi Muhammad SAW., memberikan pemahaman tentang hak dan persamaan derajat antara kaum perempuan dan laki-laki.

h.    Islam menegakkan ajaran persamaan derajat di antara manusia dan pemberantas perbudakan.

i.   Melalui penghapusan perbudakan, maka siapapun manusia status derajatnya di mata Allah adalah sama.

 

177 komentar:

  1. Sangat bagus karna yang menyiarkan adalah nabi Muhammad Saw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Penjelasan nya mudah dimengerti

      Hapus
    3. Kedua suku ini awal mulanya adalah nama dari dua orang saudara kandung anak dari Harits bin Tsa’labah dari istrinya yang bernama Qilah binti al-Arqam bin Amr bin Jafnah. Pada perkembangan selanjutnya Aus dan Khazraj menjadi dua nama kabilah besar di Yastrib. Selama kurang lebih 120 tahun dua kabilah ini saling bertikai, pertikaian ini tidak lain disebabkan karna provokasi kaum Yahudi yang iri dengan kemajuan suku Aus dan Khazraj.

      Hapus
    4. Kedua suku ini awal mulanya adalah nama dari dua orang saudara kandung anak dari Harits bin Tsa’labah dari istrinya yang bernama Qilah binti al-Arqam bin Amr bin Jafnah.

      Hapus
  2. Mengundang kaum bani hasyim untuk masuk islam

    BalasHapus
  3. Jadi tau kisah Strategi dakwah rasulullah dan agar kita jadi tau
    macam² cara dakwah rasulullah entah secaraa sembunyi² atau terang terangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi yang sangat lengkap dan mudah dipahami dan bisa mengetahui dakwah rasullulah

      Hapus
  4. Penjelasan nya mudah dimengerti

    BalasHapus
  5. Pengertian dakwa diatas sangat bagus mudah di pahami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan
      risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya


      Nama:Nindi Lukitasari
      Kelas:X OTKP 1
      No absen:31

      Hapus
  6. Menyiarkan agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan

    BalasHapus
  7. karna penjelasannya sangat mudah dipahami,pengertian dakwahnya juga mudah dipahami

    BalasHapus
  8. Karena penjelasan tentang penyiaran agama islam oleh nabi muhammad patut dicontoh dan diteladani,dan penjelasannya mudah dipelajari dan dipahami

    BalasHapus
  9. Karena penjelasan tentang agama islam mudah difahami, dan penjelasan dakwah mudah difahami.

    BalasHapus
  10. Penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi patut kita contoh dan kita teladani ,dalam pengertian dakwahnya juga mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  11. Bisa mengerti penjelasan sejarah tentang Islam dan mudah untuk difahami

    BalasHapus
  12. Dakwa pertama beliau saya sangat menarik

    BalasHapus
  13. Penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  14. Penjelasan sangat mudah difahami
    Cerita dakwa beliu sangat menarik

    BalasHapus
  15. Materi mudah dipahami dan dari strategi dakwah tersebut banyak pelajaran yang didapatkan dan patut dicontoh

    BalasHapus
  16. Dalam penjelasan di atas mudah dipahami dan juga mudah untuk dimengerti

    BalasHapus
  17. Dalam penjelasan di atas mudah dipahami dan juga mudah untuk dimengerti

    BalasHapus
  18. Kita bisa tau bagaimana kehidupan Rasulullah dan bagaimana rasulullah berdakwah secara sembunyi diberbagai tempat dan kita juga bisa mengambil contoh dari sikap rasulullah dan menjadikan kita orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya

    BalasHapus
  19. Materinya mudah dipahami dan kita harus meniru perbuatan baik yang dilakukan oleh beliau

    BalasHapus
  20. Materinya mudah dipahami dan dimengerti, sehingga menambah wawasan tentang materi dakwah rasulullah

    Bagus darma yudha,x tbsm 2

    BalasHapus
  21. Materi mudah dipahami dan dakwahnya sangat menarik

    BalasHapus
  22. Sangat bagus karna yang menyiarkan adalah nabi Muhammad Saw

    BalasHapus
  23. Karena penjelasan tentang agama islam mudah difahami, dan penjelasan

    BalasHapus
  24. Karena penjelasan tentang agama islam mudah difahami, dan penjelasan

    BalasHapus
  25. Karena penjelasan tentang agama Islam mudah difahami dan penjelasan.

    BalasHapus
  26. Karena penjelasan tentang agama Islam mudah difahami dan penjelasan.

    BalasHapus
  27. Materi penjelasan nya mudah di pahami dan dari dakwah tersebut banyak pelajaran yang bisa di contoh

    BalasHapus
  28. Dengan adanya dakwah Nabi secara terang-terangan kepada seluruh penduduk Makkah, maka banyak penduduk Makkah yang mengetahui isi dan kandungan al-Qur’an yang sangat hebat, memiliki bahasa yang terang (fasihat) serta menarik.

    BalasHapus
  29. Materi penjelasannya mudah dipahami dan dimengerti, jadi kita tau kehidupan nabi muhammad dizaman dahulu.

    BalasHapus
  30. Dengan adanya dakwah Nabi secara terang-terangan kepada seluruh penduduk Makkah, maka banyak penduduk Makkah yang mengetahui isi dan kandungan al-Qur’an yang sangat hebat, memiliki bahasa yang terang (fasihat) serta menarik.

    BalasHapus
  31. Karena penjelasan tentang penyiaran agama islam oleh nabi muhammad patut dicontoh dan diteladani,dan penjelasannya mudah dipelajari dan dipahami NAMA:RETNO DWI SETYOWATI,X OTKP 1,NO:24

    BalasHapus
  32. Materinya mudah dipahami dan dimengerti, sehingga menambah wawasan tentang materi dakwah rasulullah dan dakwahnya sangat menarik

    BalasHapus
  33. Rasulullah SAW punya banyak strategi Untuk berdakwah

    BalasHapus
  34. Karena penjelasan tentang agama Islam mudah difahami dan penjelasan.

    Reply

    BalasHapus
  35. Muhammad ismail nur jafarudin6 September 2020 pukul 19.42

    materi nya sangat lengkap dan mudah dipahami kita bisa mengetahui bagaimana cara rasulullah berdakwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. materi nya sangat lengkap dan mudah dipahami kita bisa mengetahui bagaimana cara rasulullah berdakwah

      Hapus
    2. 1.merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.

      2. Perjanjian ini terjadi karena kaum Qurais Mekkah melarang kamum Muslim Madinah untuk masuk ke Mekkah dalam rangka melaksanakan ibadah haji umrah

      3. Haji Wada' atau Haji Perpisahan merupakan haji terakhir yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ada tahun 10 Hijriyaah

      Nama:Nindi Lukitasari
      Kls:X OTKP 1
      NO.ABSEN:31

      Hapus
  36. Cara Rasulullah Saw menyiarkan agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan

    BalasHapus
  37. Pingky priti shhinta
    Xi otkp 1
    30
    Pembelajaran diatas materi yang sangat lengkap dan mudah dipahami dan bisa mengetahui tentang dakwah rasullulah

    BalasHapus
  38. Materi yang sangat lengkap dan mudah dipahami dan bisa mengetahui dakwah rasullulah

    BalasHapus
  39. Menyiarkan agama islam secara sembunyi-sembunyi dan secara terang-terangan

    BalasHapus
  40. Menarik dan Mudah dipahami kata-katanya

    BalasHapus
  41. Materinya mudah difahami tentang agama islam

    BalasHapus
  42. Materinya yang mudah difahami tentang agama islam

    BalasHapus
  43. Nama:frischa maharani f
    Kelas:X otkp 2
    penjelasan tentang penyiaran agama islam oleh nabi muhammad patut dicontoh dan diteladani,dan penjelasannya mudah dipelajari dan dipahami.

    BalasHapus
  44. Karena penjelasan tentang agama islam mudah difamahi,dan penjelasan

    BalasHapus
  45. Nama:peggy agustin
    Kelas:x otkp 1
    No.abs:21

    BalasHapus
  46. Nama:peggy agustin
    Kelas:x otkp 1
    No.abs:21
    JAWABAN:karena penjelasan tentang agama islam mudah difahami,dan penjelasan

    BalasHapus
  47. Semoga dapat memudahkan saya dipertemuan selanjutnya

    BalasHapus
  48. Semoga dapat memudahkan saya dipertemuan selanjutnya

    BalasHapus
  49. Semoga dapat memudahkan saya dipertemuan selanjutnya

    BalasHapus
  50. Semoga dapat memudahkan saya dipertemuan selanjutnya

    BalasHapus
  51. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan
    risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya

    BalasHapus
  52. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan
    risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya

    BalasHapus
  53. Karena penjelasan tentang agama islam mudah di pahami dan juga dimengerti.

    BalasHapus
  54. NAMA:TIARA ARDIA PUTRI
    KELAS:X
    JURUSAN:OTKP 1

    Karena,penjelasan tentang agama islam mudah dipahami dan di mengerti.

    BalasHapus
  55. Mudah dipahami


    #bungaayuazzahra(otkp 2)

    BalasHapus
  56. karena mudah dipahami tentang pembelajaran agama dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  57. karena mudah dipahami tentang pembelajaran agama dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  58. karena mudah dipahami tentang pembelajaran agama dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  59. karena mudah dipahami tentang pembelajaran agama dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  60. Nama : Mohamad Fajar Febrianto
    Kelas : X TBSM 1
    No. Absen : 36

    Dari penjelasan diatas kita dapat mengerti saat nabi Muhammad ber dakwah menyiarkan agama Islam meskipun melewati banyak rintangan beliau tetap teguh dan semangat untuk berdakwah

    BalasHapus
  61. Nama : icha Marcellindah
    Kelas:X OTKP 1
    No absen : 12


    Karena penjelasan tentang agama islam mudah di pahami dan juga dimengerti

    BalasHapus
  62. Nama : icha Marcellindah
    Kelas:X OTKP 1
    No absen : 12


    Karena penjelasan tentang agama islam mudah di pahami dan juga dimengerti

    BalasHapus
  63. Menurut saya yang menarik adalah menyiarkan islam secara sembunyi - sembunyi apalagi saat Rasulullah SAW mulai berdakwah secara sembunyi sembunyi. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan sahabat-sahabatnya. Orang pertama yang beriman kepada-Nya ialah Siti Khodijah (isteri Nabi), disusul Ali bin Abi Thalib (putra paman Nabi) dan Zaid bin Haritsah (budak Nabi yang dijadikan anak angkat). Setelah itu beliau menyeru Abu Bakar (sahabat karib Nabi). Kemudian dengan perantaraan Abu Bakar banyak orang orang yang masuk Islam. Orang-orang yang masuk Islam, pada masa dakwah secara sembunyi-sembunyi, yang namanya sudah disebutkan di atas disebut Assabiqunal Awwalun (pemeluk Islam generasi awal).

    BalasHapus
  64. Cara Rasulullah Saw menyiarkan agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan

    BalasHapus
  65. Cara Rasulullah Saw menyiarkan agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan

    BalasHapus
  66. Cara Rasulullah Saw menyiarkan agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan

    BalasHapus
  67. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan
    risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya

    BalasHapus
  68. Bisa tau cara Rasulullah menyiarkan dakwah dengan cara sembunyi sembunyi

    BalasHapus
  69. Materi mudah dipahami dan sangat lengkap sehingga mudah dimengerti
    Nama:INDRA FEBRIANTO
    kelas: X TBSM 4

    BalasHapus
  70. NAMA:BELLINA ASTRIE WARDANI
    KELAS:X OTKP 1
    NO ABSEN:04

    Karena penjelasan tentang agama islam mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  71. Menjadi tau cara cara rasulullah berdakwah

    BalasHapus
  72. Kita bisa tahu tentang cara Rasullullah menyiarkan agama Islam dan materi ini sangat mudah untuk dipahami

    Nama: GHALY ARYA KUSUMA
    Kelas:X TBSM 4
    NoAbsen:09

    BalasHapus
  73. Menumbuh kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah,yang kaya dan miskin dan dapat mempererat tali persaudaraan.
    Dan juga kita jadi tau bagaiman cara2 nabi menyebarkan agama Islam

    ELISYA TRI HAPSARI
    X OTKP 2
    13

    BalasHapus
  74. Menumbuh kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah,yang kaya dan miskin dan dapat mempererat tali persaudaraan.
    Dan juga kita jadi tau bagaiman cara2 nabi menyebarkan agama Islam

    ELISYA TRI HAPSARI
    X OTKP 2
    13

    BalasHapus
  75. Berdakwah agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan
    X TBSM 4
    BAYU SAMUDRA
    6

    BalasHapus
  76. Berdakwah agama Islam secara sembunyi-sembunyi dan juga secara terang-terangan
    BAYU SAMUDRA
    X TBSM 4
    6

    BalasHapus
  77. Materinya sangat mudah dipahami dan di mengerti

    elvina triey anandita
    X OTKP 1
    08

    BalasHapus
  78. Kaum muslimin TIDAK Jadi melaksanakan ibadah Umrah Tahun Suami, tetapi

    terminal sampai tahun depan.

    BalasHapus
  79. Kaum muslimin TIDAK Jadi melaksanakan ibadah Umrah Tahun Suami, tetapi

    terminal sampai tahun depan.

    BalasHapus
  80. Untuk perjuangan yang telah dilakukan agar semua orang bisa masuk ke agama islam ssangat butuh proses yng dilakukan dan langkah demi langkah akhirnya agama islam di siarkan secara terang terangan.

    BalasHapus
  81. Nama: ellen andi kurniawati
    Kelas: otkp 2
    No: 14

    BalasHapus
  82. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan
    risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya

    BalasHapus
  83. Materi mudah dipahami jadi mengerti apa saja dakwah dakwah rasulullah

    BAGUS DARMA YUDHA
    X TBSM 2
    06

    BalasHapus
  84. Perjuangan Rasulullah sangat luar biasa dan dia berdakwah secara sembunyi-sembunyi

    Nama:Cindy ma'rifatus sholikhah
    Kelas:x otkp 2
    Absen:7

    BalasHapus
  85. materinya sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  86. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram,Persatuan dan saling menghormati antar agama,Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin,Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    BalasHapus
  87. Materi mudah dipahami dan jelas untuk dimengerti

    BalasHapus
  88. Materi mudah dipahami jadi mengerti apa saja dakwah dakwah rasulullah

    Nama: Nasywa Jihan Fadila
    Kelas:X otkp 1
    Nomer absen: 19

    BalasHapus
  89. Materinya sangat mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  90. Materinya sangat mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  91. Materi yang sangat lengkap dan mudah dipahami dan bisa mengetahui dakwah rasullulah

    BalasHapus
  92. Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    nama:esa widdi kumalasari
    kelas:x otkp 1/09

    BalasHapus
  93. Materinya sangat mudah dipahami
    Nama : Anggi Widya Mustika
    Kelas : x otkp 2
    Absen : 01

    BalasHapus
  94. Materinya mudah dipahami dan dimengerti..sehingga pengetahuan tentang proses dakwah Rasulullah menjadi lebih jelas

    BalasHapus
  95. Materi mudah dipahami,dan juga agar kita dapat memgetahui dakwah secara sembunyi²
    Nama:maulidatuzsolicha
    Kls:x otkp 2
    Absen:21

    BalasHapus
  96. Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    BalasHapus
  97. Nama: IVAN IDRAWAN
    kls: xTBSM1
    No:18

    BalasHapus
  98. Nama : Mochammad mauliddan fahmi
    Kelas : X TBSM 3
    NO : 21

    BalasHapus
  99. Nama: peggy agustin
    Kelas: x otkp 1
    No.absen: 21

    BalasHapus
  100. Nama: peggy agustin
    Kelas: x otkp 1
    No.absen: 21

    JAWABAN:Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    BalasHapus
  101. Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt



    Nama:sabilillah nur firdausi
    Kelas:x otkp 1

    BalasHapus
  102. Nama : Icha marcellindah
    No absen : 12
    Kelas : otkp 1
    Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    BalasHapus
  103. Nama : Icha marcellindah
    No absen : 12
    Kelas : otkp 1
    Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    BalasHapus
  104. Nama:mohammad sigit andriansyah
    Kls:xtbsm1
    No:24
    Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    Reply

    BalasHapus
  105. Nama:mohammad sigit andriansyah
    Kls:xtbsm1
    No:24
    Hikmah sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    Reply

    BalasHapus
  106. NAMA: DINDA SAGITA RIZKI
    KELAS: X OTKP 2
    NO ABSEN:11
    materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  107. Nama:elvina triey anandita
    Kelas:x otkp 1
    No absen:08

    Karena penjelasan tentang agama islam mudah di pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  108. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  109. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  110. Karena tentang agama mudah di pahami dan di mengerti

    BalasHapus
  111. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  112. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  113. Nama:marshanda
    Kelas:X otkp2
    No :20
    materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  114. Nama:rovikotun nafi'ah
    Kelas:x otkp 2
    Pengertian dan penjelasan mudah dipahami dan dimengerti

    BalasHapus
  115. Materi penjelasan nya mudah di pahami dan dari dakwah tersebut banyak pelajaran yang bisa di contoh

    BalasHapus
  116. Materi di atas sangat bagus dan mudah banget di pahami

    DEVINA NURITA X OTKP 1 (5)

    BalasHapus
  117. 1.fathu Mekkah adalah peristiwa penaklukan kota Mekkah merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan didalam dan disekitar ka'bah

    2.karena kaum Qurais Mekkah melarang kamum Muslim Madinah untuk masuk ke Mekkah dalam rangka melaksanakan ibadah haji umrah. Pada akhirnya Nabi Muhammad SAW mengajak mereka untuk bernegosiasi hingga mengadakan perjanjian damai.

    3.Haji Wada' atau Haji Perpisahan merupakan haji terakhir yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ada tahun 10 Hijriyaah.



    Nama:sabilillah nur firdausi
    Kelas:x otkp 1

    BalasHapus
  118. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  119. Nama:ellen andi kurniawati
    Kelas: X OTKP 2


    Dalam cerita diatas untuk penyampaian jelas dan mudah dipahami dan didalam isi cerita tersebut hal-hal yang baik itu ada dan kerja keras untuk menyiarkan islam sunguh luar biasa.

    BalasHapus
  120. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    BalasHapus
  121. Nama : Reonald Yanu Pratama
    Kelas : X TBSM 4
    Absen : 26

    Dari penjelasan di atas kita jadi tahu tentang penyiaran agama Islam secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan dan itu perlu kita contoh dan kita terladani dalam kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  122. Nama : ivan idrawan
    Kelas : X TBSM 1
    Absen : 18

    Dari penjelasan di atas kita jadi tahu tentang penyiaran agama Islam secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan dan itu perlu kita contoh dan kita terladani dalam kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  123. materi penjelasan tentang penyiaran agama islam secara sembunyi sembunyi maupun secara terang terangan oleh nabi muhammad patut kita contoh dan kita teladani ,dalam hal pengertian dan penjelasannya juga mudah kita pahami dan dimengerti

    Nama : anggi widya mustika
    Kelas : x otkp 2
    No absen : 01

    BalasHapus
  124. materi di atas sangat mudah di phami.

    BalasHapus
  125. 1.merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.

    2. Perjanjian ini terjadi karena kaum Qurais Mekkah melarang kamum Muslim Madinah untuk masuk ke Mekkah dalam rangka melaksanakan ibadah haji umrah

    3. Haji Wada' atau Haji Perpisahan merupakan haji terakhir yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ada tahun 10 Hijriyaah

    BalasHapus
  126. Kedua suku ini awal mulanya adalah nama dari dua orang saudara kandung anak dari Harits bin Tsa’labah dari istrinya yang bernama Qilah binti al-Arqam bin Amr bin Jafnah. Pada perkembangan selanjutnya Aus dan Khazraj menjadi dua nama kabilah besar di Yastrib. Selama kurang lebih 120 tahun dua kabilah ini saling bertikai, pertikaian ini tidak lain disebabkan karna provokasi kaum Yahudi yang iri dengan kemajuan suku Aus dan Khazraj.

    BalasHapus
  127. Menarik mudah dipahami

    Nama:Dani catur febrianto
    Kelas:x.tbsm2
    No.absen:07

    BalasHapus
  128. Materi penjelasan nya mudah di pahami dan dari dakwah tersebut banyak pelajaran yang bisa di contoh
    Marshanda
    X otkp2
    17

    BalasHapus
  129. Nama : Gilang Azzam Ananda
    Kelas : X TBSM II

    Penjelasan materi diatas sangatlah mudah dipahami, karena pemateri menggunakan bahasa yang sesuai dengan batasannya. Hal itu menjadi kita lebih mudah menyerap materi yg di berikan

    BalasHapus
  130. Nama : Gilang Azzam Ananda
    Kelas : X tbsm II

    Penjelasan materi pada hari ini sangatlah mendidik dan memberikan contoh pada kita sebagai penerus bangsa dan agama. Materi diatas cukup mudah dipahami oleh kita sebagai kaum pelajar

    BalasHapus
  131. Nama : Gilang Azzam Ananda
    Kelas : X TBSM II
    NO. ABSEN : 14

    Materi diatas sangat berguna bagi kita yang beragama Indonesia. Karena hal itu akan sangat membantu kita yg mau menyiarkan agama islam

    BalasHapus
  132. Nama:bagus Andika
    Klas:x tbsm 1
    Sangat bagus dan mudah dipahami

    BalasHapus
  133. Nama:Indra Febrianto
    Kelas: X TBSM 4
    Absen: 11
    Penjelasan Materi nya sangat bagus dan mudah dimengerti,dan bisa menambah pengetahuan

    BalasHapus
  134. Nama:Ryan dikta
    Kelas:X TBSM 1
    Absen:31
    Penjelasan materi sangat bagus dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  135. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  136. Materi penjelasan nya mudah di pahami dan dari dakwah tersebut banyak pelajaran yang bisa di contoh
    NAMA :TIARA ARDIA PUTRI
    KELAS:OTKP 1

    BalasHapus
  137. Penjelasan nya mudah di paham aku senang bisa memahami materi
    Nama:VERY ANDREAS RISKIAN DEWA
    KELAS:XTBSM

    BalasHapus
  138. sejarah dakwah Rasulullah SAW antara lain :
    1. Dengan persaudaraan yang telah dilakukan oleh kaum Muhajirin dan kaum Anshardapat memberikan rasa aman dan tentram.
    2. Persatuan dan saling menghormati antar agama
    3. Menumbuh-kembangkan tolong menolong antara yang kuat dan lemah, yang kaya dan miskin
    4. Memahami bahwa umat Islam harus berpegang menurut aturan Allah swt

    BalasHapus
  139. Nama:Rui erdiansyah krisna sailendra
    Kelas:Xl tbsm 4
    Absen:27


    Yang menarik dari cerita ski ini ialah tentang Al kindi yang merupakan ilmuwan dengan pengetahuan luar biasa yang dicap sebagai polyhistor atau polimatik di zamannya.kecerdasannya yang sangat tinggi membuatnya sangat menonjol sehingga salah seorang guru menasehati ayahnya agar Ibnu Sina tidak terjun ke dalam pekerjaan apapun selain belajar dan menimba ilmu.
    Dan beliau memeliki beberapa karya antara lain Al-Farabi merupakan filsuf Islam terbesar, ia memiliki keahlian di berbagai bidang, di antaranya adalah ilmu bahasa, matematika, kimia, astronomi, militer, musik, ilmu alam, ketuhanan, fiqh, dan mantiq. kebanyakan karyanya telah hilang.

    BalasHapus
  140. Nama: septian habil putra perdana
    Kelas: X tbsm 4
    Absen: 28



    1. Apa itu fathu mekkah
    Fathu Makkah) merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun,[butuh rujukan] sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah


    2. Mengapa terjadi perjanjian Hudaibiyah
    Sejarah Perjanjian Hudaibiyah adalah gambaran perjanjian yang mengutamakan perdamaian. Perjanjian Hudaibiyah adalah perjanjian yang dilaksanakan di Hudaibiyah Mekkah pada Maret, 628 M atau Dzulqa'dah 6 H antara kaum Qurais dengan kaum Muslimin Madinah. Hudaibiyah berada pada 22 Km arah barat dari Mekkah menuju Jeddah, sekarang terdapat Masjid Ar-Ridhwan. Hudaibiyah memiliki nama lain Asy-Syumaisi yang diambil dari nama Asy-Syumaisi yang dapat ditambahkan nama sumur di Hudaibiyah.


    3.Apa yang di maksud degan haji wada
    haji wada atau haji perpisahan adalah ibadah haji terakhir yg dilakukan oleh rasulullah sebelum ia wafat

    BalasHapus
  141. Karena penjelasan tentang agama islam mudah difahami, dan penjelasan dakwah mudah di mengerti

    BalasHapus
  142. NAMA:RAMADHANI PUTRI HANDOKO
    KELAS:X OTKP 1
    NO ABSEN:23

    Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan teman-temannya. Dengan turunnya wahyu ini, maka jelaslah apa yang harus Rasulullah kerjakan dalam menyampaikan
    risalah-Nya yaitu mengajak umat manusia menyembah Allah SWT yang maha Esa, yang tiada beranak dan tidak pula diberanakkan serta tiada sekutu bagi-Nya

    BalasHapus
  143. nama:Arik Lailatul Fatmala
    kelas:X OTKP2/03

    Sisi menarik dari pembahsa kali ini kita menjadi tau dan faham tentang perjalanan nabi Muhammad saw dalam berdkwa mulai dari sembunyi sembuyi sampai penyiaran dilakukam secra terang²ngan, dari itu pula kita dpt mengambil atau menirukan prilku² nabi dalam menyampaikaj dkwa

    BalasHapus
  144. nama:fitria bunga anggraini
    kls:x otkp 1
    no abs:10
    Sisi menarik dari pembahsa kali ini kita menjadi tau dan faham tentang perjalanan nabi Muhammad saw dalam berdkwa mulai dari sembunyi sembuyi sampai penyiaran dilakukam secra terang²ngan, dari itu pula kita dpt mengambil atau menirukan prilku² nabi dalam menyampaikaj dkwa

    BalasHapus
  145. nama:fitria bunga anggraini
    kls:x otkp 1
    no abs:10
    Sisi menarik dari pembahsa kali ini kita menjadi tau dan faham tentang perjalanan nabi Muhammad saw dalam berdkwa mulai dari sembunyi sembuyi sampai penyiaran dilakukam secra terang²ngan, dari itu pula kita dpt mengambil atau menirukan prilku² nabi dalam menyampaikaj dkwa

    BalasHapus
  146. nama: Aditiya Rifki Ardiansyah
    kls:x tbsm 2
    no abs:3
    Sisi menarik dari pembahsa kali ini kita menjadi tau dan faham tentang perjalanan nabi Muhammad saw dalam berdkwa mulai dari sembunyi sembuyi sampai penyiaran dilakukam secra terang²ngan, dari itu pula kita dpt mengambil atau menirukan prilku² nabi dalam menyampaikan dakwa

    BalasHapus
  147. Sisi menarik dari pembahsa kali ini kita menjadi tau dan faham tentang perjalanan nabi Muhammad saw dalam berdkwa mulai dari sembunyi sembuyi sampai penyiaran dilakukam secra terang²ngan, dari itu pula kita dpt mengambil atau menirukan prilku² nabi dalam menyampaikan dakwa


    NAMA:RACHMAD NIKO SAPUTRA
    KELAS:X TBSM 1
    ABSEN:29

    BalasHapus