Sabtu, 19 September 2020

KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA part 1

 ilmu ke 5 xii



Sejarah mencatat perkembangan kerajaan-kerajaan Islam pada awal abad ke XIII hingga XVI ada di bumi Indonesia, mulai dari kerajaan Samudra Pasai di Aceh
pulau Sumatra, kerajaan Demak, Mataram di pulau Jawa hingga kesultanan Gowa-Tallo di Sulawesi. Keberadaan kerajaan dan kesultanan Islam itu memberi dampak yang luas terhadap perkembangan agama Islam dan terbentuknya sosial budaya masyarakat Indonesia.

 A. Kerajaan Islam di Sumatra

Agama Islam di Indonesia dapat berkembang dengan pesat, di antaranya melalui kekuasaan, hal ini mendukung semakin luasnya ajaran Islam. Secara perlahan-lahan tapi pasti, agama Islam mulai dianut oleh para penguasa pelabuhan lokal. Islam telah memberikan identitas baru sebagai simbol perlawananterhadap penguasa pusat yang Hindu di pedalaman. Berangkat dari kerajaan kecil berbasis maritim kemudian agama Islam berkembang dan menyebar lebih luas sampai jauh ke pelosok negeri. Sehingga bermunculan Kerajaan-kerajaan Islam yang menjadi penyangga kekuatan dakwah Islam di Indonesia.

 

1.  Kerajaan Samudera Pasai

 

 

kerajaan Islam pertama di Indonesia ini diperkirakan berdiri sekitar awal atau pertengahan abad ke-13 M. sebagai hasil proses Islamisasi daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi oleh para pedagang muslim sejak abad ke-7 M, dan seterusnya. Raja pertamanya adalah Malik al-Sholeh

Penguasa Samudera Pasai bernama Merah Silu yang memeluk agama Islam atas ajakan Syekh Ismail. Syekh Ismail adalah seorang da'i dan utusan Syarif Mekah yang datang melalui Malabar. Setelah memeluk agama Islam, Merah Silu mengganti namanya menjadi Malik al-Saleh.

 

Raja Samudera Pasai ini memperistri putri kerajaan Perlak yang bernama Ganggang Sari, sehingga adanya perkawinan kedua kerajaan tersebut menjadi kekuatan besar untuk penyebaran dakwah Islam di Sumatera dan daerah-daerah sekitarnya.Menurut para sejarawan bahwa Samudera Pasai bukanlah kerajaan Islam pertama di Nusantara. Karena sebelumnya, telah berdiri Kerajaan Perlak dan Aru.

 

 

Dalam catatan Ibnu Batutah pada tahun 1345 menyatakan, ketika Ibnu Batutoh singgah di Pasai, raja yang berkuasa bernama Malik al-Zahir. Ibnu Batutah menganggap bahwa raja ini benar-benar menunjukkan citra sebagai seorang raja muslim. Malik al-Zahir dikenal sebagai seorang raja yang ortodoks, suka mengajak dan mengundang diskusi dengan para ahli fikih dan ushul, sehingga istananya ramai dikunjungi para cendekiawan dari berbagai negeri. Ia mengadakan hubungan dengan dunia Islam, diantaranya dengan Persia dan Delhi.

 

Pada tahun 1521 kerajaan Samudera Pasai ditaklukkan dan dikuasai oleh Bangsa Portugis yang kemudian menguasainya selama tiga tahun. Setelah itu, sejak tahun 1524 dan seterusnya, Kerajaan Samudera Pasai masuk di bawah kekuasaan Kerajaan Aceh yang berpusat di Bandar Aceh Darussalam. Kerajaan Aceh didirikan

 

 

oleh Sultan Ali Mughayat Syah pada awal abad ke-16 M. Ia memerintah antara tahun 1507 M hingga 1522 M.

 

Di dalam catatan sejarah, pulau Sumatera merupakan awal mula syi’ar agama Islam di Nusantara. Dari Sumatera inilah Islam mengembangkan sayap dakwahnya ke seluruh penjuru Tanah Air, sampai akhirnya Islam menjadi agama yang dianut oleh mayoritas bangsa Indonesia.

 

2.   Kerajaan Aceh Darussalam

 

Secara geografis, Kerajaan Aceh berada di Kabupaten Aceh Besar, berdiri abad ke-15 M merupakan kelanjutan dari kerajaan Lamuri oleh Muzaffar Syah (1465 – 1497 M). Raja pertama kerajaan aceha adalah Ali Mughayat

Syah. Wilayah kekuasaannya dari Pidie sampai ke Sumatera Timur. Dan peletak dasar kebesaran Aceh adalah Sultan Alauddin Riayat Syah yang bergelar Al-Qohar.

Diantara para sultan yang lain, Sultan Iskandar Muda (1608-1637 M) berhasil

 

membawa kejayaan kerajaan. Wilayah kekuasaannya meliputi pelabuhan di pesisir timur dan barat Sumatera dan Aceh, tanah Gayo, Minangkabau. Setelah mangkat digantikan oleh Sultan Iskandar Tsani yang memiliki sikap lemah lembut, dan adil, pengetahuan agamanya maju dengan cepat. Sepeninggal beliau dipimpin oleh penguasa yang lemah sehingga mengalami kemunduran.

 

 

B. Kerajaan Islam di Jawa

 1. Kerajaan Demak



Kerajaan Demak diakui sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa. Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Fatah (1500-1518 M). Mulanya, ia adalah seorang adipati di Bintoro, Demak. Raden Fatah secara terang-terangan memutuskan ikatan dengan Majapahit, yang kala itu tengah mengalami masa

 

kemunduran. Dan atas prakarsa para wali, Ia mendirikan kerajaan Islam yang beribu kota Demak, sehingga lebih dikenal dengan Kerajaan Demak. Kesuksesan Kerajaan

Demak lepas dari kekuasan Majapahit yang sedang mengalami konflik internal kekuasaan. Perang saudara yang dikenal dengan Perang Paregreg yang sangat memperlemah kekuatan Majapahit.

 

Kerajaan Demak mencapai puncak kejayaannya pada masa Sultan Trenggono. Kerajaan Demak berhasil memainkan peran strategis sebagai basis penyebaran Islam di Jawa pada abad ke-16. Daerah kekuasaan Kerajaan Demak meliputi pesisir pantai utara Jawa. Pengaruhnya bahkan melampaui beberapa wilayah di luar Pulau Jawa.

 

Pada tahun 1523-1524 M, Sunan Gunung Jati dengan tentara Kerajaan Demak berangkat menuju ke arah barat untuk menaklukkan Banten. Sunan Gunung Jati berasal dari Pasai yang menyingkir dari sana setelah Samudera Pasai ditaklukkan bangsa Portugis. Sunda Kelapa dapat dikuasai dan namanya diganti menjadi Jayakarta.

 

Dalam mengembangkan wilayah kekuasaanya, selain melakukan ekspansi wilayah ke barat, Kerajaan Demak juga bergerak ke arah timur dan luar Jawa. Tercatat pada tahun 1527 pasukan Kerajaan Demak telah berhasil menguasai Tuban. Beberapa daerah menyusul dikuasainya pada tahun-tahun berikutnya: Wirosari/ Purwodadi (1528), Gagelang/ Madiun (1529), Medangkungan/Blora (1530),

 

Surabaya (1531), Pasuruan (1535), Lamongan (1542), Wilayah Gunung Penanggungan (1543) dan menaklukkan Wilayah Kerajaan Kediri, tahun 1544, Sengguruh/Malang (1545). Dalam upayanya menguasai Kerajaan Hindu Blambangan pada tahun 1546, Sultan Trenggono meninggal dunia di Panarukan.

 

 

Menurut catatan laporan perjalanan Portugis yang ditulis oleh Loaisa di tahun 1535, di antara kerajaan Islam di Nusantara, Kerajaan Demak dianggap paling kuat dan terus-menerus melancarkan serangan pada kekuasaan Portugis.

 

Serangan Adipati Jepara Pati Unus yang waktu itu sudah menjadi bagian dari Kerajaan Demak ke markas Portugis di Malaka pada tahun 1512-1513 M menunjukkan Demak sebagai kekuatan yang disegani dan diperhitungkan.

 

 

Paska mangkatnya Sultan Trenggono, kepemimpinan Kerajaan Islam Demak dilanjutkan oleh Sunan Prawoto namun tidak berselang lama, tragedi berdarah terjadi. Sunan Prawoto dibunuh oleh Arya Penangsang sebagai bentuk balas dendam terhadap Sunan Prawoto atas meninggalnya Sultan Trenggono. Arya Penangsangpun bernasib seperti pendahulunya. Atas kehendak taqdir, dalam pertarungan satu lawan satu perlawanan Arya Penangsang berhasil dipatahkan oleh Jaka Tingkir. Dengan bantuan Kyai Gede Pamanahan dan putranya Sutawijaya, serta Ki Penjawi.

 

 

Kemudian Jaka Tingkir naik tahta kerajaan dan penobatannya dilakukan oleh Sunan Giri. Setelah menjadi raja, ia bergelar Sultan Hadiwijaya dan memindahkan pusat pemerintahannya dari Demak ke Pajang.

 

 

2. Kerajaan Pajang

 

Jaka Tingkir, adalah sultan dan raja pertama Kerajaan Pajang yang merupakan kelanjutan dari karajaan Demak. Jaka Tingkir bergelar Sultan Hadiwijaya,

 

 

setelah mangkat diganti oleh menantunya Arya l Panggiri

yang juga anak asuhan dari Prawoto. Namun

putera Sultan Hadiwijaya yaitu Pangeran Benawa ingin menguasai dan tidak punya kemampuan untuk melawan Arya Panggiri, ia meminta bantuan Panembahan Senopati Penguasa Mataram untuk mengusir Arya Panggiri dan berhasil, dan akhirnya sejak itulah kerajaan Pajang dibawah kekuasaan Mataram. Perkembangannya selanjutnya, karena pada masa Sultan Agung bermaksud memberontak, maka penguasa Mataram menghancurkannya, dan berakhirlah kekuasaan Pajang pada tahun 1618 M.

 

 

3. Kerajaan Mataram Islam

 

Senopati berkuasa sampai tahun 1601 M. Sepeninggalnya, ia digantikan oleh puteranya Seda Ing Krapyak digantikan oleh puteranya, 
Sultan Agung (1613-1646M).

Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma / Sultan Agung / Raden Mas Rangsang naik tahta pada tahun 1613 dalam usia 20 tahun menggantikan kakaknya (beda ibu), Adipati Martapura, yang menjadi Sultan Mataram dalam waktu hanya satu hari. Sebenarnya secara teknis Raden Mas Rangsang adalah Sultan ke-empat Kesultanan Mataram, tetapi secara umum dianggap sebagai Sultan ketiga karena adiknya yang menderita tuna grahita diangkat hanya sebagai pemenuhan janji ayahnya, Panembahan Hanyakrawati kepada istrinya, Ratu Tulungayu. Setelah pengangkatannya menjadi sultan, dua tahun kemudian, patih senior Ki Juru Martani wafat karena usia tua, dan kedudukannya digantikan oleh Tumenggung Singaranu.

Ibu kota Mataram pada saat Sultan Agung menjabat masih berada di Kota Gede. Pada tahun 1614 mulai dibangun istana baru di desa Karta, sekitar 5 km di sebelah barat daya Kota Gede, yang mulai ditempati pada tahun 1618.


Menyerbu Batavia

 Pada masa pemerintahan Sultan Agung, kontak bersenjata antara kerajaan Islam Mataram dengan VOC mulai terjadi. Pada tahun 1646 M.

Sasaran Mataram berikutnya setelah Surabaya jatuh adalah Banten yang ada di ujung Barat pulau Jawa. Akan tetapi posisi Batavia yang menjadi penghalang perlu diatasi terlebih dahulu oleh Mataram.

 Bulan April 1628 Kyai Rangga bupati Tegal dikirim sebagai duta ke Batavia untuk menyampaikan tawaran damai dengan syarat-syarat tertentu dari Mataram. Tawaran tersebut ditolak pihak VOC sehingga Sultan Agung memutuskan untuk menyatakan perang.

 

Maka, pada 27 Agustus 1628 pasukan Mataram dipimpin Tumenggung Bahureksa, bupati Kendal tiba di Batavia. Pasukan kedua tiba bulan Oktober dipimpin Pangeran Mandurareja (cucu Ki Juru Martani). Total semuanya adalah 10.000 prajurit. Perang besar terjadi di benteng Holandia. Pasukan Mataram mengalami kehancuran karena kurang perbekalan. Menanggapi kekalahan ini Sultan Agung bertindak tegas, pada bulan Desember 1628 ia mengirim algojo untuk menghukum mati Tumenggung Bahureksa dan Pangeran Mandurareja. Pihak VOC menemukan 744 mayat orang Jawa berserakan dan sebagian tanpa kepala.

 

Sultan Agung kembali menyerang Batavia untuk kedua kalinya pada tahun berikutnya. Pasukan pertama dipimpin Adipati Ukur berangkat pada bulan Mei 1629, sedangkan pasukan kedua dipimpin Adipati Juminah berangkat bulan Juni. Total semua 14.000 orang prajurit. Kegagalan serangan pertama diantisipasi dengan cara mendirikan lumbung-lumbung beras di Karawang dan Cirebon. Namun pihak VOC berhasil memusnahkan semuanya.

 

Walaupun kembali mengalami kekalahan, serangan kedua Sultan Agung berhasil membendung dan mengotori Sungai Ciliwung, yang mengakibatkan timbulnya wabah penyakit kolera melanda Batavia. Gubernur jenderal VOC yaitu J.P. Coen meninggal menjadi korban wabah tersebut.

 Pada masa pemerintahan

 

Sultan Agung, kontak bersenjata antara kerajaan Islam Mataram dengan VOC mulai terjadi. Pada tahun 1646 M. ia digantikan oleh puteranya, yaitu Amangkurat I.

 

Pada masanya terjadi perang saudara dengan Pangeran Alit yang mendapat dukungan dari para ulama. Akibatnya, para ulama pendukung dibantai habis pada tahun 1647 M. Pemberontakan itu kemudian diteruskan oleh Raden Kajoran 1677 M dan 1678 M. Pemberontakan-pemberontakan seperti itulah pada akhirnya menjadi sebab runtuhnya kerajaan Islam Mataram.

 

Namun demikian, Kerajaan Islam Mataram banyak memberikan kontribusi terhadap proses kemerdekaan Negara Kesatuan Re Indonesia dan masih eksis sampai sekarang di Daerah Istimewa Yogyakarta di bawah pimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono.

 

4. Kerajaan (Kesultanan) Cirebon.

 

Kesultanan Cirebon berkuasa pada abad XV hingga abad XVI M. Letak kesultanan cirebon adalah di pantai utara pulau jawa. Secara geografis berbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat dan ini membuat

 

    

kesultanan   Cirebon   menjadi   “perantara” antara kebudayaan Jawa dan Sunda. Sehingga,

 

di Cirebon muncul budaya yang khas, yaitu kebudayaan Cirebon yang tidak didominasi oleh kebudayaan Sunda maupun kebudayaan Jawa.

 

Kesultanan Cirebon dimulai dari Ki Gedeng Tapa, yaitu seorang saudagar di pelabuhan Muarajati. Pondasi Kesultanan Cirebon dimulai tanggal 1 sura 1358 tahun jawa atau bertepatan dengan tahun 1445 M dan mulai saat itu menjadi daerah yang terkenal dengan nama desa Caruban.

Kuwu atau Kepala desa pertama adalah Ki Gedeng Alangalang dan wakilnya adalah Walangsungsang. Walangsungsang adalah putra Prabu Siliwangi dan nyi Mas Subanglarang (putri Ki Gedeng Tapa). Walangsungsang yang bergelar Cakra bumidiangkat menjadi Kuwu setelah Ki Gedeng Alang-alang meninggal, kemudian bergelar Pangeran Cakrabuana.

 

Pangeran Cakrabuana mendirikan istana Pakungwati, dan membentuk pemerintahan Cirebon. Dengan demikian kesultanan Cirebon didirikan oleh pangeran Cakrabuana. Seusai menunaikan ibadah haji, Pangeran Cakrabuana disebut Haji Abdullah Iman, dan tampil sebagai raja Cirebon pertama yang memerintah istana Pakungwati, serta aktif menyebarkan Islam.

 

Pada tahun 1479 M, kedudukan Pangeran Cakrabuana digantikan oleh keponakannya yang bernama Syarif Hidayatullah (1448-1568 M). Setelah wafat, Syarif Hidayatullah dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati, atau juga bergelar Ingkang Sinuhun Kanjeng Jati Purba Penetep Panatagama Awlya Allah Kutubid Jaman Khalifatu Rasulullah.

 

 

Pada perkembangan berikutnya ternyata banyak yang meyakini bahwa Syarif Hidayatullah adalah pendiri dinasti kesultanan Cirebon dan Banten, kemudian menyebarkan Islam di Majalengka, Kuningan, Kawali Galuh, Sunda Kelapa, dan Banten. Syarif Hidayatullah wafat pada tahun 1568, terjadilah kekosongan jabatan pimpinan tertinggi kerajaan Islam Cirebon.

 

Kosongnya kekuasaan itu kemudian diisi oleh Fatahillah yang kemudian naik tahta, secara resmi menjadi sultan cirebon sejak tahun 1568. Sayangnya hanya dua tahun Fatahillah menduduki tahta Cirebon, karena ia meninggal pada 1570.

 

Sepeninggal Fatahillah, tahta diteruskan oleh cucu Sunan Gunung Jati, yaitu pangeran Emas. Pangeran emas kemudian bergelar panembahan Ratu I, dan memerintah cirebon selama kurang lebih 79 tahun.

 

Setelah panembahan Ratu I meninggal pada tahun 1649, pemerintahan kesultanan Cirebon dilanjutkan oleh cucunya yang bernama pangeran Karim, yang dikenal dengan sebutan Panembahan Ratu II atau Panembahan Girilaya. Panembahan Girilaya adalah menantu Sultan Agung Hanyakrakusuma. Bersamaan dengan meninggalnya panembahan Girilaya, Pangeran Martawijaya dan Pangeran Kartawijaya, yakni para putra panembahan Girilaya ditahan di Mataram.

Dengan kematian panembahan Girilaya, terjadilah kekosongan penguasa. Panembahan Girilaya meninggalkan Tiga Putra, Yaitu Pangeran Murtawijaya, Pangeran Kartawijaya, dan Pangeran Wangsakerta.

 

Pada penobatan ketiganya di tahun 1677, kesultanan Cirebon terpecah menjadi tiga. Ketiga bagian itu dipimpin oleh tiga anak Panembahan Girilaya, yakni:

 

a. Pangeran Martawijaya atau Sultan Kraton Kasepuhan, dengan gelar Sepuh Abi

 

Makarimi Muhammad Samsudin (1677-1703)

 

b. Pangeran Kartawijaya atau Sultan Kanoman, dengan gelar

 

c. Sultan Anom Abil Makarimi Muhammad Badrudin (1677-1723)

 

d. Pangeran Wangsakerta atau Panembahan Cirebon, Sultan Kraton Cirebon dengan gelar pangeran Abdul Kamil Muhammad Nasarudin atau Panembahan Tohpati (1677-1713)

 

 

Perubahan gelar dari “panembahan” menjadi “sultan” bagi dua putra tertua pangeran girilaya dilakukan oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Sebab, keduanya dilantik menjadi Sultan Cirebon di Ibu kota Banten.

 

Sebagai Sultan, mereka mempunyai wilayah kekuasaan penuh, rakyat, dan keraton masing-masing. Adapun Pangeran Wangsakerta tidak diangkat sebagai Sultan, melainkan hanya panembahan. Ia tidak memiliki wilayah kekuasaan atau keraton sendiri, akan tetapi berdiri sebagai kaprabonan (paguron), yaitu tempat belajar para ilmuwan keraton.

 

 

Pergantian kepemimpinan para sultan di Cirebon selanjutnya berjalan lancar, sampai pada masa pemerintahan Sultan Anom IV (1798-1803). Saat itu terjadilah pepecahan karena salah seorang putranya, yaitu pangeran Raja Kanoman, ingin memisahkan diri membangun kesultanan sendiri dengan nama kesultanan Kacirebonan.

Kehendak Raja Kanoman didukung oleh pemerintah belanda yang

 

mengangkatnya menjadi Sultan Cirebon pada tahun 1807. Sejak saat itu, di Kesultanan Cirebon bertambah satu penguasa lagi, yaitu kesultanan Kacirebonan. Sementara tahta Sultan Kanoman V jatuh pada putra Sultan Anom IV lain bernama Sultan Anom Abusoleh Imamuddin (1803-1811).

 

Sesudah kejadian tersebut, pemerintah kolonial belanda pun semakin ikut campur dalam mengatur Cirebon, sehingga peranan istana-istana kesultanan Cirebon di wilayah-wilayah kekuasaannya semakin surut. Puncaknya terjadi pada tahuntahun 1906 dan 1926, ketika kekuasaan pemerintahan kesultanan Cirebon secara resmi dihapuskan dengan pengesahan berdirinya Kota Cirebon

 

5. Kerajaan (Kesultanan) Banten

 

Pada tahun 1524/1525, Sunan Gunung Jati bersama pasukan Demak merebut pelabuhan Banten dari kerajaan Sunda, dan mendirikan Kesultanan Banten yang berafiliasi ke Demak. Menurut sumber Portugis, sebelumnya Banten merupakan salah satu pelabuhan

 

 

Kerajaan Sunda selain pelabuhan Pontang, Cigede, Tamgara (Tangerang), SundaKelapadanCimanuk. Putera dari Sunan Gunung Jati (Hasanudin) menikah dengan seorang putri dari Sultan Trenggono dan melahirkan dua orang anak.

 

Anak yang pertama bernama Maulana Yusuf. Sedangkan anak kedua menikah dengan anak dari Ratu Kali Nyamat dan menjadi Penguasa Jepara.

 

 

Puncak kejayaan Kerajaan Banten terjadi pada masa pemerintahan Abdul Fatah atau lebih dikenal dengan nama Sultan Ageng Tirtayasa. Saat itu Pelabuhan Banten telah menjadi pelabuhan internasional sehingga perekonomian Banten maju pesat. Piagam Bojong menunjukkan bahwa tahun 1500 hingga 1800 Masehi Lampung dikuasai oleh kesultanan Banten.

 

 

Pada zaman pemerintahan Sultan Haji, tepatnya pada 12 Maret 1682, wilayah Lampung diserahkan kepada VOC. seperti tertera dalam surat Sultan Haji kepada Mayor Issac de Saint Martin, Admiral kapal VOC di Batavia yang sedang berlabuh di Banten.

 

Surat itu kemudian dikuatkan dengan surat perjanjian tanggal 22 Agustus 1682 yang membuat VOC memperoleh hak monopoli perdagangan lada di Lampung Kesultanan Banten dihapuskan tahun 1813 oleh pemerintah kolonial Inggris.

 

Pada tahun itu, Sultan Muhamad Syafiuddin dilucuti dan dipaksa turun takhta oleh Thomas Stamford Raffles. Tragedi ini menjadi klimaks dari penghancuran

Surasowan oleh Gubernur Jenderal Belanda, Herman William Daendels tahun 1808.

 

Para pemimpin Kesultanan Banten adalah sebagai berikut :

 

a) Sunan Gunung Jati

 

b) Sultan Maulana Hasanudin 1552 - 1570

 

c) Maulana Yusuf 1570 - 1580

 

d) Maulana Muhammad 1585 - 1590

 

e) Sultan Abdul Mufahir Mahmud Abdul Kadir 1605 - 1640 f) Sultan Abu al Ma’ali Ahmad 1640-1650 g) Sultan Ageng Tirtayasa 1651-1680

 

h) Sultan Abdul kahar 1683-1687

 

i)  Sultan Fadhl atau Sultan yahya 1687-1690

 

j)  Abul Mahasin Zainul Abidin (1690-1733)

 

k) Muhammad Syifa Zainul Arifin/Sultan Arifin (1750-1752)

 

l)  Muhammad Wasi Zainifin (1733-1750)

 

m) Syarifuddin Artu Wakilul Alimin (1752-1753)

 

n) Muhammad Arif Zainul Asyikin (1753-1773)

 

o) Abul Mafakir Muhammad Aliyuddin (1773-1799)

 

p) Muhyiddin Zainush Sholihin (1799-1801)

 

q)   Muhammad Ishaq Zainul Muttaqin (1801-1802)

 

r)     Wakil Pangeran Natawijaya (1802-1803)

 

s)    Aliyuddin II (1803-1808)

 

t)     Wakil Pangeran Suramanggala (1808-1809)

 

u)   Muhammad Syafiuddin (1809-1813)

 

c.    Kerajaan-kerajaan Islam Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara

 

Jawab pertanyaan di bawah ini dengan baik. jawabalah di kolom komentar yang ada di bawah ini,

JIKA kamu menjadi  Sultan Agung  apa yang akan kamu lakukan kepada VOC ?

218 komentar:

  1. NAMA: SHABRYNA FEBRY ZATALINI
    KELAS: XII AKL
    NO.ABSEN: 21

    Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi Sultan Agung adalah:
    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA:SAYIDINA USMAN KELAS:XII TBSM 3. NO ABSEN:22. 1. Menyerbu batavia
      2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
      3. Menaklukan Surabaya agar

      Hapus
  2. Muhamad Rio Airlangga, Xll tbsm ll, 35

    BalasHapus
  3. Nama : M Dwi Ardiansah
    Kelas: XII TKJ 1

    merencanakan untuk melakukan serangan ke Batavia.karena Pendudukan VOC di Batavia sudah memberi ancaman yang serius bagi masa depan Pulau Jawa.

    BalasHapus
  4. Nama: FENY ARBIYANI
    Kelas: XII OTKP 3
    NO.Absen: 07
    (1) mempersatukan seluruh tanah Jawa,
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  5. NAMA : ANANDA NAZHIIFAH NUR LAILI
    KELAS :XII TKJ 2
    ABSEN :04

    Jika saya menjadi sultan agung yang saya lakukan adalah menyusun strategi secara matang untuk menyerbu VOC lalu menyatukan seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  6. Nama:fina arbiyana
    Kls :otkp 3
    No :08


    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  7. Illal balaaghul Mubiin20 September 2020 pukul 17.24

    NAMA: ILLAL BALAAGHUL MUBIIN
    KELAS: 12 TBSM 4
    NO.ABSEN: 13

    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  8. Diva Nadia XII OTKP 120 September 2020 pukul 17.31

    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  9. Nama: Rizky Rahayu
    Kelas: XII OTKP 3
    Jika kalo saya menjadi Sultan agung saya akan
    1. Menyerbu Batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah jawa
    3. Menaklukkan surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  10. Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi Sultan Agung yaitu:
    1. Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia
    2. Menyerbu Batavia
    3. Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari VOC sampai titik darah penghabisan.

    BalasHapus
  11. Nama : syakila
    Kelas : XII OTKP 3

    mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara.dan menyatukan surabya agar voc tidak semena mena dengan surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: MUHAMMAD SYAHRUL AJI
      Kelas:12 tbsm 3

      1. Menyerbu batavia
      2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
      3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

      Hapus
    2. Nama : Hilda fatimah
      Kelas : XII AKL
      No Absen : 11


      • mempersatukan tanah jawa
      • membuat rencana untuk menyerang batavia
      • mengusir kekuatan asing

      Hapus
  12. SASKIA DELLA K
    XII OTKP 1

    Jika saya menjadi sultan agung saya akan :
    1. menyerbu batavia
    2. merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    3.Menyatukan seluruh tanah Jawa

    BalasHapus
  13. Nama : Orellia agata agustina
    Kelas: XII OTKP 1
    Jika sayang menjadi Sultan agung saya akan ...
    1. mengusir warga asing dari seluruh tana jawa
    2. menaklukan strategi untuk menyerang batavia
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  14. Nama : Abdi Alan S.
    Kelas : 12 TKK 2
    No.abs : 01



    • Mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa
    • menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    • menyatukan seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  15. Nama: Adelia prastika sari
    Kelas : 12 AKL
    NO. Absen :01
    Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi Sultan Agung yaitu:
    1. Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia
    2. Menyerbu Batavia
    3. Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari VOC sampai titik darah penghabisan.

    BalasHapus
  16. Nama: Dewi indrowati
    Kelas: 12 akl
    No absen: 06

    1. Menyerbu batavia
    2. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  17. Nama : Safira Sholikatin
    Kelas : XII-Akl
    Absen : 20

    •> menyatukan seluruh tanah jawa.
    •> mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa.
    •> menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  18. Nama:hanifa umaroh
    Kelas:XII OTKP 1
    No.absen:12

    Jika saya menjadi sultan agung saya akan
    1.menyatukan seluruh tanah jawa
    2.mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    4.menyerbu batavia

    BalasHapus
  19. Nama :karisma novita sari
    Kelas:12 otkp 3
    No.absn:14

    1.Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    agarr menjadi lebih kompak
    2.Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3.Membuat rencana penyerangan ke
    Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari
    seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  20. Nama:Putri Amanda
    Kelas:12 OTKP1
    Absen:22

    1. Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia
    2.Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari VOC sampai titik darah penghabisan

    BalasHapus



  21. NAMA : ALEX SANDRO VALENTINO ROSSY
    KELAS : XII TBSM 4
    NO ABSEN : 02


    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  22. Nama: Nurul Karimah
    Kelas: XII OTKP 1
    No absen: 30



    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  23. NAMA KARTIKA SANDRA KIRANA
    KELAS 12 AKL
    NO 33

    Yang saya lakukan kpd VOC jika saya menjadi Sultan Agung adalah

    -Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    agarr menjadi lebih kompak
    -Menaklukkan Surabaya dan Banten
    -Membuat rencana penyerangan ke
    Batavia
    -Mengusir kekuasaan asing dari
    seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  24. Nama : Rosa Adelia
    Kelas : XII AKL
    No : 34


    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    2. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    3. Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia

    BalasHapus
  25. NAMA KARTIKA SANDRA KIRANA
    KELAS 12 AKL
    NO 33

    Yang saya lakukan kpd VOC jika saya menjadi Sultan Agung adalah

    -Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    agar menjadi lebih kompak
    -Menaklukkan Surabaya dan Banten
    -Membuat rencana penyerangan ke
    Batavia
    -Mengusir kekuasaan asing dari
    seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  26. NAMA : M AINUL YAQIN
    KELAS:XII TBSM II
    NO ABS:10



    Jika saya menjadi sultan agung saya akan
    1.menyatukan seluruh tanah jawa
    2.mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    4.menyerbu batavia

    BalasHapus
  27. 1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    NAMA: MARCELLA NUR RAHMAH
    KELAS: XII OTKP 1, NO. ABSEN: 16

    Menyerbu batavia, Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC, merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC,
    Menyatukan seluruh tanah Jawa, mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara.

    BalasHapus
  28. NAMA: MARCELLA NUR RAHMAH
    KELAS: XII OTKP 1, NO. ABSEN: 16

    Menyerbu batavia, Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC, merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC,
    Menyatukan seluruh tanah Jawa, mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara.

    BalasHapus
  29. NAMA : TYAS SURYANINGSIH
    KELAS : 12 TKJ 1
    NO.ABS : 29

    merencanakan untuk melakukan serangan ke Batavia.karena Pendudukan VOC di Batavia sudah memberi ancaman yang serius bagi masa depan Pulau Jawa.
    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  30. Marta Anggraini (12)
    XII-Otkp 2


    Mempersatukan seluruh tanah jawa supaya tidak dikuasai dengan VOC dan menyerbu batavia.

    BalasHapus
  31. Nama:YENI PUTRI AMELIA
    kelas:XII OTKP 3
    no absn:29


    Sultan Agung kembali menyerang Batavia untuk kedua kalinya pada tahun berikutnya. Pasukan pertama dipimpin Adipati Ukur berangkat pada bulan Mei 1629, sedangkan pasukan kedua dipimpin Adipati Juminah berangkat bulan Juni. Total semua 14.000 orang prajurit. Kegagalan serangan pertama diantisipasi dengan cara mendirikan lumbung-lumbung beras di Karawang dan Cirebon. Namun pihak VOC berhasil memusnahkan semuanya.

    BalasHapus
  32. Nama:moch.ardy.pradana
    kelas: XII TBSM II
    Absen:14

    (1) mempersatukan seluruh tanah Jawa,
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.(1) mempersatukan seluruh tanah Jawa,
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  33. Nama :Dwi ismi Wahyuni
    Kelas :XII OTKP 1
    No.absen :05
    Jika saya menjadi sultan agung saya akan melakukan sesuatu seperti:
    1.menyatukan seluruh tanah jawa
    2.mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    4.menyerbu batavia

    BalasHapus
  34. NAMA : ERLINDA AGUSTIN PERMATASARI
    KELAS :12 OTKP 3
    NO ABSEN:5

    *Melakukan serangan kepada Batavia
    *Menaklukan Surabaya agar tidak di kuasai oleh VOC
    *Mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara
    *Mempertahankan tanah Jawa agar tidak dikuasai VOC
    *Menyusun dan membuat strategi pertahanan tanah Jawa

    BalasHapus
  35. 1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  36. 1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  37. Nama: Fitriah
    Kelas : 12 AK
    Jika saya menjadi Sultan agung yang saya lakukan terhadap VOC ialah:
    1. Mempersatukan seluruh tanah jawa
    2. Mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara
    3. Mempersiapkan pasukan dengan segenap persenjataan dan perbekalan
    4. Menyerbu batavia

    BalasHapus
  38. Nama : IRFAN FERNANDA
    Kelas : XII TKJ 2
    No.absen : 18

    - Menyerbu batavia.
    - Menyatukan seluruh tanah Jawa.
    - Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC.

    BalasHapus
  39. Nama:Shinta umania
    Kelas:XII OTKP 3
    NO ABSN:24

    1. Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan tanah asing dari bumi nusantara.
    3.menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC.

    BalasHapus
  40. Nama: Putri Bakti Prihandini
    Kelas:Xll AKL
    No absen:17

    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  41. Nama: Nurul Karimah
    Kelas: XII
    Absen:30

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Mempersatukan tanah Jawa
      2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
      3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

      Hapus
  42. Nama: Nurul Karimah
    Kelas: XII OTKP 1
    Absen: 30


    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  43. Feni Rahmawati (09)
    XII OTKP 1

    Jika sayang menjadi Sultan agung saya akan:
    1. mengusir warga asing dari seluruh tana jawa
    2. menaklukan strategi untuk menyerang batavia
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  44. Nama:putri fara diba
    Kelas:12tkj2
    Absen:27

    membuat rencana untuk menyerang,menyatukan seluruh tanah jawa dan mengusir orang asing yang mengganggu

    BalasHapus
  45. Nama:Amanda Dewi Nuraini
    Kelas:XII OTKP 3
    Absen:01

    1. Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan tanah asing dari bumi nusantara.
    3.menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC.

    BalasHapus
  46. SHERLI SELAWATI (23)
    XII OTKP 3

    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Menaklukkan Surabaya agar tidak dikuasai VOC
    3. Menaklukan strategi untuk menyerang Batavia
    4. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa
    2.

    BalasHapus
  47. Nama:Tasya aprilia
    Kelas:XII otkp 1 / 26

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  48. Nama : Ardita khoirunnisa
    Kelas : XII OTKP 3

    1. mempersatukan seluruh tanah jawa
    2. mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3. merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    4. Menaklukkan Surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  49. RIMA DEWI MASITA
    XII OTKP 3
    20

    -mempersatukan tanah jawa
    -menaklukkan surabaya agar tidak dikuasai VOC
    -melakukam serangan kepada batavia

    BalasHapus
  50. RIMA DEWI MASITA
    XII OTKP 3
    20

    -mempersatukan tanah jawa
    -menaklukkan surabaya agar tidak dikuasai VOC
    -melakukam serangan kepada batavia

    BalasHapus
  51. Nama : alvin ghozian sidqi
    Kelas : 12 tbsm 4
    Absen : 5
    Yg akan saya lakukan :
    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya

    BalasHapus
  52. Nama: BAYU DWI PUTRA
    KELAS: XII tbsm ll
    No: 05
    Jika saya menjadi sultan agung saya akan
    1.menyatukan seluruh tanah jawa
    2.mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    4.menyerbu batavia

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Lisa Ariska P.
      Kelas : XII OTKP 2
      Nomor Absen : 10

      Jika saya menjadi sultan agung yang saya lakukan kepada VOC adalah mempersatukan seluruh tanah Jawa, mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara dan merencanakan serangan ke Batavia.

      Hapus
    2. Nama:ACHMAD FERIYANTO
      Kelas:12 tbsm 1
      Nomor Absen:5






      Jikalau saya menjadi sultan agung yang akan saya lakukan adalah membantai VOC atau mengusir ditanah jawa tersebut.Dan membubarkan kekuasaaan asing

      Hapus
  54. Nama= vina safarina hujjah
    Kelas= 12 otkp1
    N absen= 28

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  55. Nama=vina safarina hujjah
    Kelas=12 otkp1
    N absen= 28
    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  56. OKTA EKA GITA PRATIWI
    X11 AKL
    16

    Yang akan saya ketika saya menjadi sultan agung ialah pertama saya akan mempersatukan seluruh tanah Jawa, mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  57. Nama: Nur Faizah
    Kelas: XII-OTKP-1
    No,abs: 20

    Jika saya menjadi sultan agung yang saya lakukan menguatkan pasukan mengumpulkan seluruh tanah Jawa dan menyusun rapi strategi untuk menyerang Batavia dan menghapus voc dari tanah Jawa, agar kekuasaan asing yang ada ditanah Jawa hilang untuk selama-lama nya

    BalasHapus
  58. Nama: iftitah Miftakhul Khusna
    Kelas: XII-OKTP 1
    No.Absen : 12
    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  59. Nama:Windy Agustin
    Kelas:XII-AKL
    No. Abs:31

    Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi sultan agung adalah:
    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  60. 1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  61. NAMA :WINDY MEIYANTI SUWARNO
    KELAS :XII OTKP 2
    NO. ABSEN :29



    1.Merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC
    2.Mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3.Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    4.Menyerbu Batavia

    BalasHapus
  62. Nama : Tri Astuti
    Kelas : XII Otkp2
    No.Abs : 26

    Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi sultan agung adalah:
    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang Batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  63. Nama : Tri Astuti
    Kelas : XII Otkp2
    No.Abs : 26

    Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi sultan agung adalah:
    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang Batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  64. NAMA: Tunggul riyanto
    KELAS: Xll TBSM 4
    No.abs: 27


    Yang saya lakukan ketika menjadi sultan agung adalah:
    1) menyatukan seluruh tanah jawa.
    2) merencanakan serangan ke Batavia
    3) mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara/tanah jawa.

    BalasHapus
  65. Nama: Firda ayu rahma
    Kelas: 12 OTKP 2
    NO: 30

    Yang saya lakukan adalah:
    • mempersatukan tanah jawa
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  66. Nama:Niko arya mp
    Kelas:XII tbsm 4
    Absen:22

    Yang saya lakukan adalah
    #mempersatukan semua tanah jawa
    #mengusir keberadaan orang asing di tanah jawa

    BalasHapus
  67. Nama: muhammad fikri aziz ardiansyah
    Kelas:XII TBSM 4
    Absen:17


    1. Menyarang batavia sebagai pusat VOC
    2.mempersatukan seluruh tanah jawa
    3.mengusir kekuatan orang asing dari tanah jawa

    BalasHapus
  68. Nama:Siti anggreni m
    Kelas:Xll OTKP 1
    Absen:24

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  69. Nama: Syafiyana m
    Kelas: 12 akl
    Absen: 25

    Yang saya lakukan adalah:
    1.membuat rencana untuk menyerang batavia
    2.mempersatukan seluruh tanah jawa
    3.mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara

    BalasHapus
  70. Nama: Syafiyana m
    Kelas: 12 akl
    Absen: 25

    Yang saya lakukan adalah:
    1.membuat rencana untuk menyerang batavia
    2.mempersatukan seluruh tanah jawa
    3.mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara

    BalasHapus
  71. Nama:Firda wahyu noviani F
    Kelas:12 OTKP 3
    Absen:09
    Yang saya lakukan adalah:
    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  72. Nama :nova angraini
    Kelas :XII otkp 2
    Absen : 16
    Yang saya lakukan kepada VOC jika saya menjadi sultan agung adalah:
    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang Batavia dan
    3. Mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa

    BalasHapus
  73. Nama :nova angraini
    Kelas :XII otkp 2
    Absen : 16
    Yang saya lakukan kepada VOC jika saya menjadi sultan agung adalah:
    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang Batavia dan
    3. Mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa

    BalasHapus
  74. Nama:Mita safira dinata
    Kelas:12 otkp 1
    No. Abs:27

    1.mempersatukan Tanah jawa
    2.mengusir kekuatan asing
    3.membuat rencana untuk menyerang batavia

    BalasHapus


  75. Nama: Sultan Rafi Abdillah
    Kelas: XII tbsm 4
    No: 32


    mempersatukan tanah jawa
    -menaklukkan surabaya agar tidak dikuasai VOC
    -melakukam serangan kepada batavia

    BalasHapus
  76. Nama : Putri dwi intan sari
    Kelas : XII OTKP 3
    No. Absen : 19

    1. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    2. Mengusir kekuasaan asing
    3. Menyerbu Batavia

    BalasHapus
  77. Nama:wisnu ari pradana
    Kelas:12 tbsm 1
    No:25

    1.mempersatukan seluruh tanah jawa
    2.menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh voc
    3.mengusir kekuasan asing dari bumi nusantara
    4.menyerbu batavia

    BalasHapus
  78. Nama : Amelia Andriyani
    Kelas : XII OTKP 1
    No. Absen : 02

    Yang saya lakukan kepada VOC jika menjadi Sultan Agung adalah mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara dan menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC.

    BalasHapus
  79. JIHAN HANA AZIZA
    XII OTKP 2
    09

    Yang saya lakukan adalah...

    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    merencanakan untuk melakukan serangan ke Batavia.karena Pendudukan VOC di Batavia sudah memberi ancaman yang serius bagi masa depan Pulau Jawa.

    BalasHapus
  80. Nama:ADETYA FAJAR RAMADHAN
    Kelas:XII TBSM II
    No.Absn:03
    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  81. Nama : Siti Farida
    Kelas : XII AKL
    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  82. Amanda meysita putri
    XII-Otkp 2 (01)

    Yang saya lakukan adalah...

    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  83. Nama : Putri Wulandari
    Kelas : XII AKL
    Absen : 19

    Yang akan saya lakukan adalah:
    1. menyatukan seluruh tanah jawa.
    2. mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa.
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  84. Friska ardana p
    Xll Akl
    Abs 10


    1.mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa
    2.mempersatukan tanah jawa
    3.membuat rencana menyerang batavia

    BalasHapus
  85. Nama : Nadiya Rahayu Noviana
    Kelas : 12 AKL
    No. Absen : 14

    Jika saya menjadi sultan agung maka yang saya lakukan adalah Menyatu kan seluruh tanah Jawa untuk menyerang Batavia, mengusir kekuasaan asing dan Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  86. NAMA : GANDI NAFILA
    KELAS : XII OTKP 2
    ABSEN : 7


    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  87. 1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  88. Nama: Dya restu ayu setia n
    No.absen:06
    Jika sayang menjadi Sultan agung saya akan ...
    1. mengusir warga asing dari seluruh tana jawa
    2. menaklukan strategi untuk menyerang batavia
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  89. 1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  90. Nama:Permadi
    Kelas:12 TKJ 1
    Absen:20

    merencanakan untuk melakukan serangan ke Batavia.karena Pendudukan VOC di Batavia sudah memberi ancaman yang serius bagi masa depan Pulau Jawa.

    BalasHapus
  91. viona ayu citra
    XII tkj 1
    abs 31
    yaang saya lakukan
    1) menyatukan seluruh tanah jawa.
    2) merencanakan serangan ke Batavia
    3) mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantra

    BalasHapus
  92. Nama: Eka Wardatul C.N
    Kelas: XII OTKP 1
    NO.abs: 08

    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    3.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  93. NAMA :Muhammad Afif Salvian
    KELAS:XXI TKJ 2
    ABSEN:24

    1.mempersatukan seluruh tanah jawa
    2.menyerang batavia
    3.menaklukan Surabaya dan banten

    BalasHapus
  94. Nama: Ferdinan putra pratama
    Kelas: 12 TKJ 1
    No.absen: 04






    1.Merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC
    2.Mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3.Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    4.Menyerbu Batavia

    BalasHapus
  95. Nama:nofan dwi pradana
    Kelas:Xll tkj 2
    No absen:25

    1.mempersatukan seluruh tanah jawa
    2.membuat rencana penyerangan ke batavia
    3.menaklukan surabaya banten

    BalasHapus
  96. NAMA : ALFIRA WULAN F
    KELAS : 12 OTKP 1
    NO. ABSEN : 01

    Yang saya lakukan kpd VOC ketika saya menjadi sultan agung adalah

    1. Menyatukan seluruh tanah jawa
    2. Menyerbu Batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara
    4. menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC.

    BalasHapus
  97. Arya Raka Saputra
    06
    12 TKJ 2
    1. Memutus jalur perdagangan ke Batavia
    2. Meminta bantuan ke kerajaan di luar tanah jawa
    3. Mengirim pasukan khusus untuk membakar ladang pertanian dan meracuni perairan di sekitar Batavia

    BalasHapus
  98. Nama : Shania Syafirda Sutoyo
    Kelas:12 Akl

    1) menyerang batavia
    2) mempersatukan Surabaya banten
    3) mengusir kekuasaanasing dari bumi Nusantara

    BalasHapus
  99. Nama: fretty julia p
    Kelas: XII OTKP 2
    No absen:6
    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus

  100. 1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus

  101. 1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus

  102. 1. Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  103. Nama : tata wulan agustina
    Kelas : XII OTKP 2
    No absen :24

    - mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    - mempersatukan tanah jawa
    - merencanakan serangan batavia

    BalasHapus
  104. Nama : siti nur aisyah (22)
    Kelas: Xll OTKP 2

    BalasHapus
  105. Nama :Artalia ramadiva miftahul jannah
    Kelas:12 Akuntansi
    No absen :04

    -menyerang batavia
    -menaklukkan Surabaya dan Banten
    -mempersatukan kembali tanah Jawa

    BalasHapus
  106. Nama : SHALMA NUR ERCHA
    Kls : XII OTKP 2 (19)

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  107. Nama : Nelly nurhaliza
    Kelas : XII OTKP 2
    Absen : 14


    1. Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2. Mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara.
    3. Merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    4. Menaklukkan Surabaya agar tidak dikuasai VOC.

    BalasHapus
  108. Nama : Muhammad afandi
    Kelas : 12 tbsm 3
    Abaen : 16

    1. menyatukan seluruh tanah jawa.
    2. mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa.
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  109. Nama: Nella Nurhaliza
    Kelas: 12 OTKP 2
    No.Abs: 13


    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  110. Nama:NINDY SUKMAWATI
    Kelas:XII OTKP 2
    Absen:15

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  111. Nama: fikriatus sa'adah
    Kelas:XII otkp 2
    Absen:05

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  112. FAJAR PEBRIANTO 12 OTKP 3
    MEMPERSATUKAN TANAH JAWA
    MENGUSIR KEKUATAN ASING
    MEMBUAT RENCANA UNTUK MENYERANG BATAVIA SEBAGAI PUSAT VOC

    BalasHapus
  113. Nama: UMMI SUMARDIANSYAH
    Kelas: XII AKL
    Abs: 29

    - mempersatukan tanah jawa
    - membuat rencana untuk menyerang batavia
    - mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  114. Nama:Irma firnanda
    Kelas:12 akl
    No ABS:12
    Yang saya lakukan yaitu mengusir VOC dari Batavia,mempersatukan pulau Jawa,menaklukan Surabaya agar tidak di kuasai oleh voc

    BalasHapus
  115. Jika kalo saya menjadi Sultan agung saya akan
    Menyerbu Batavia
    Menyatukan seluruh tanah jawa
    Menaklukkan surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  116. Nama: RIZKY SETIAWAN
    KELAS:X TBSM3
    NO ABSEN:29

    1. menyerbu batavia
    2. merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC
    3.Menyatukan seluruh tanah Jawa

    BalasHapus
  117. Nama :M.hafizh Arrafi
    Kelas:12 TBSM 4
    Absen:21


    Jikalau saya menjadi sultan agung pertama yang saya lakukan
    1. Mengontrol atau memperbaiki sistem ekonomi yang merugikan masyarakat setempat
    2. Menyatukan seluruh pulau Jawa
    3. Dan merencanakan untuk menyerang Batavia sebagai pusat VOC

    BalasHapus
  118. NAMA :SISKA ARIYANTI
    KELAS:XII OTKP 2
    ABSEN:21


    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    (4) Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia
    (5)Menyerbu batavia

    BalasHapus
  119. Nama : yesa ayuningtyas
    Kelas : 12 OTKP 3
    No abs: 30


    Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia
    2.Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari VOC sampai titik darah penghabisan

    BalasHapus
  120. Nama. :imelda cahyani m
    Kelas. :12 otkp 1
    No. :13



    1. mempersatukan seluruh tanah jawa
    2. mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3. merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    4. Menaklukkan Surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  121. Nama : Elfonda Michael Heru Ramadhan
    Kelas : 12 TKJ 2
    No : 13

    Menyerang VOC sedikit demi sedikit dengan cara gerilya, meracuni sumber air dan membakar persediaan bahan makanan, kemudian menghabisi mereka para VOC tanpa ampun

    BalasHapus
  122. Velisha Ayunda Salsabillah20 September 2020 pukul 23.44

    VELISHA AYUNDA SALSABILLAH
    XII OTKP 2 (28)

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  123. Nama:Rafly Firman Abi Wardhana
    Kelas:XII TKJ 2
    Absen:28


    1. mempersatukan seluruh tanah jawa
    2. mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    3. merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    4. Menaklukkan Surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  124. Nama : eka oktafiana
    Kelas : XII OTKP 1

    Jika saya menjadi sultan agung saya akan melakukan beberapa upaya sebagai berikut:
    1. Berusaha menyatukan pulau jawa agar tidak berpecah bela dan mengusir warga asing yang ada di pulau jawa
    2. Menyusun strategi yang bener-bener baik untuk menyerang batavia agar tidak terjadi kekalahan lagi
    3. Menakhlukan voc agar tidak menguasai monopoli perdagangan
    4. Menyediakan persenjataan yang lebih canggih

    BalasHapus
  125. Nama : eka oktafiana
    Kelas : XII OTKP 1

    Jika saya menjadi sultan agung saya akan melakukan beberapa upaya sebagai berikut:
    1. Berusaha menyatukan pulau jawa agar tidak berpecah bela dan mengusir warga asing yang ada di pulau jawa
    2. Menyusun strategi yang bener-bener baik untuk menyerang batavia agar tidak terjadi kekalahan lagi
    3. Menakhlukan voc agar tidak menguasai monopoli perdagangan
    4. Menyediakan persenjataan yang lebih canggih

    BalasHapus
  126. Nama:pratiwi puji lestari
    Kelas:Xll otkp 3
    Absen:18
    Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  127. Nama:pratiwi puji lestari
    Kelas:Xll otkp 3
    Absen:18
    Mempersatukan tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  128. Nama: tria ayu rinatul k
    Kelas: 12 otkp 1
    Abs : 27


    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  129. Nama:fatikhotun Ningsih
    Kelas/No.absen:Xll OTKP 2/4
    -Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari VOC sampai titik darah penghabisan
    -Menyusun strategi yang bener-bener baik untuk menyerang batavia agar tidak terjadi kekalahan lagi

    BalasHapus
  130. LINDA DWI LESTARI
    Xll AKL
    14

    Memperkuat pasukkan dan pertahanan untuk menyerbu batavia sbg pusat VOC, mengusir kekuasaan asing dari pulau jawa, menaklukan surabaya agar tidak di kuasai oleh VOC, dan menyiapkan senjata-senjata yang lebih unggul untuk menyerang VOC.

    BalasHapus
  131. LINDA DWI LESTARI
    Xll AKL
    13

    Memperkuat pasukkan dan pertahanan untuk menyerbu batavia sbg pusat VOC, mengusir kekuasaan asing dari pulau jawa, menaklukan surabaya agar tidak di kuasai oleh VOC, dan menyiapkan senjata-senjata yang lebih unggul untuk menyerang VOC

    BalasHapus
  132. Nama : IREN LAILATUL F
    kls : XII OTKP 2
    no abs : 08


    1.mempersatukan tanah jawa
    2.membuat rencana untuk menyerang Batavia
    3.mengusir kekuasan asing ditanah jawa.

    BalasHapus
  133. nama : luckyandini
    kelas : XII otkp 2
    no.absen: 11

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  134. Nama: Ayu permatasari
    Kelas:12 AKL
    Absen:5

    Yang saya lakukan kepada VOC jika saya menjadi sultan agung adalah:
    * Mempersatukan seluruh tanah Jawa

    * menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    * Menyusun strategi yang
    matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia

    BalasHapus
  135. Nama : Sindi April liyah Ninis
    Kelas : XII
    Absen : 20


    Sejarah mencatat perkembangan kerajaan Islam muali dari kerajaan samudra pasai di aceh, sampai kerajaan Mataram di pulau Jawa, hingga kesultanan Gowa-Tallo di sulawesi.
    Untuk itu saya akan membuat strategi untuk mengusir keberadaan orang asing di tanah Jawa, mempersatukan semua tanah jawa, dan membuat rencana untuk menyerang batavia.

    BalasHapus
  136. Nama : Sindi April liyah Ninis
    Kelas : XII otkp 2
    Absen : 20


    Sejarah mencatat perkembangan kerajaan Islam muali dari kerajaan samudra pasai di aceh, sampai kerajaan Mataram di pulau Jawa, hingga kesultanan Gowa-Tallo di sulawesi.
    Untuk itu saya akan membuat strategi untuk mengusir keberadaan orang asing di tanah Jawa, mempersatukan semua tanah jawa, dan membuat rencana untuk menyerang batavia.

    BalasHapus
  137. Nama : Mochamad Antoni
    Kelas : X TBSM ll
    Absen : 12

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.merencanakan serangan ke Batavia

    BalasHapus
  138. Nama:ummul hajaroh
    Kelas:XII OTKP 2
    Absen:27
    Yang saya lakukan:
    1.menyatukan pulau jawa agar tidak berpecah bela dan mengusir warga asing yang ada di pulau jawa
    2. Menyusun strategi yang bener-bener baik untuk menyerang batavia agar tidak terjadi kekalahan lagi
    3. Menakhlukan voc agar tidak menguasai monopoli perdagangan
    4. Menyediakan persenjataan yang lebih canggih
    5.memerangi VOC sampai titik darah penghabisan

    BalasHapus
  139. Nama : putri Agustin
    Kelas : XII otkp 2
    Absen : 18

    • mengusir kekuasaan asing dari
    bumi Nusantara
    • mempersatukan seluruh tanah Jawa
    • menyerbu batavia
    • Menaklukan Surabaya agar tidak di
    kuasai oleh VOC

    BalasHapus
  140. Nama : syaldin katrilauvie nashiva
    Kelas : 12 akuntansi
    Absen : 26

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  141. Nama:Siti Nurjanah
    Kelas:12 Tkj 1

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak di
    kuasai oleh VOC
    4. Menyediakan persenjataan yang lebih canggih
    5.memerangi VOC sampai titik darah penghabisan

    BalasHapus
  142. Nama:Siti Nurjanah
    Kelas:12 Tkj 1


    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak di
    kuasai oleh VOC
    4. Menyediakan persenjataan yang lebih canggih
    5.memerangi VOC sampai titik darah penghabisan

    BalasHapus
  143. Nama: Dinda ayu Larasati p a
    Kelas XII AKL


    1. Menyusun strategi yang matang dan bijak untuk melakukan penyerangan ke Batavia supaya penyerangan bisa maksimal
    2. Menyerbu Batavia
    3. Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari VOC sampai bisa merebut kembali hak bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan.

    BalasHapus
  144. NAMA: MOHAMMAD CAHYA ADI SAPUTRA
    KELAS: 12 TKJ 1
    ABSEN : 13

    > Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    > Menaklukkan Surabaya
    > Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    > Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  145. Nama:Muhammad Dovi Valiantsah Prasetyo
    Absen:17
    Kls :XII tbsm II

    1.Mempersatukan seluruh tanah jawa.
    2.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa.
    3.Menaklukan Surabaya agar tidak di
    kuasai oleh VOC
    4. Menyediakan persenjataan yang lebih canggih
    5.mem

    BalasHapus
  146. Nama: mutia ayu w.
    Kelas : 12 otkp1
    Absn : 18

    Merencanakan pengusiran kekuasaan asing dan mempersatukan ikatan seluruh tanah jawa.

    BalasHapus
  147. NAMA:VIVI RAHMADANI
    KELAS:XII AKL
    NO. ABSEN:30

    1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  148. Nama : Dio Farezy Putra
    Kelas: 12 TKJ 1
    Absen: 2

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang
    batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  149. Nama : WILDAN RIZKY BAHARI
    Kelas: XII TKJ 1
    No Absen : 32

    merencanakan untuk melakukan serangan ke Batavia.karena Pendudukan VOC di Batavia sudah memberi ancaman yang serius bagi masa depan Pulau Jawa.

    BalasHapus
  150. •Menyerbu Batavia
    •Menyatukan seluruh tanah jawa
    •Menaklukkan surabaya agar tidak dikuasai VOC

    BalasHapus
  151. nama:muhammad alief wafa
    Kelas:12tkj1
    No:15
    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  152. NAMA : DEBBY MAULIA FAHRIZA
    KELAS : XII-OTKP 2
    ABSEN : 3
    1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    2. Membuat rencana untuk menyerang batavia sebagai pusat VOC
    3. Mengusir kekuasaan asing di tanah Jawa

    BalasHapus
  153. Nama : M. Habib Al Hanif
    Kelas : XII TKJ 1
    Absen : 8

    1. Menyelamatkan ulama
    2. Menyusun strategi yang tepat untuk menghancurkan VOC
    3. Menyatukan rakyat dan memberikan semangat untuk berjuang
    4. Menghancurkan voc secara perlahan

    BalasHapus
  154. Nama: ATTAYUDHA
    Kelas: XII TBSM 2

    Jika saya menjadi sultan agung saya akan melakukan beberapa upaya sebagai berikut:
    1. Menyusun strategi yang matang dan bijak untuk melakukan penyerangan ke Batavia supaya penyerangan bisa maksimal
    2. Menyerbu Batavia
    3. Terus berjuang menaklukkan seluruh tanah Jawa dari penjajahan VOC hingga bisa merebut kembali hak
    rakyat bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan.dirgahayu Indonesia yg ke 75th

    BalasHapus
  155. Muhammad Adam Abbad as sidiq
    Xll tbsm 1


    . menyerbu Batavia
    . menghancurkan VOC
    . membangkitkan tanah Jawa

    BalasHapus
  156. Nama:achmad dedianto
    XII TBSM1
    1.mempersatukan seluruh tanah jawa
    2.membuat rencana penyerangan ke batavia
    3.menaklukan surabaya banten

    BalasHapus
  157. Intan pramudita
    Xll OTKP 3
    1.mempersatukan tanah Jawa
    2.mengusir kekuasan asing dari indonesia

    BalasHapus
  158. Nama : Aliyuddin
    Kelas : Xll TKJ 2
    No Absen : 03

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  159. NAMA:ACHMAT NUR TAUFIK
    KELAS:XII TBSM II
    NO ABSEN:02
    Memper satukan tanah jawa agar tidak ada perperangan lagi

    BalasHapus

  160. 1. Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    2. Menaklukkan Surabaya dan Banten
    3. Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    4.Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  161. Nama:Rakmat sidik ariyanto
    Klas:12 tbsm 1
    1.mempersatukan seluruh tanah jawa
    2.membuat rencana penyerangan ke batavia
    3.menaklukan surabaya banten

    BalasHapus
  162. Nama : AryaDana Saputra
    Kelas : Xll TKJ 2
    No Absen : 08

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  163. Nama: AHMAD ABDUL ROZAK
    Kelas: 12 TBSM 3
    No absen: 3

    -mengusir penjajah
    -Mempersatukan tanah Jawa
    -Membuat rencana atau informasi untuk menghacurkan batavia

    BalasHapus
  164. Nur Aisyah
    XII AKL (15)

    • mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  165. 1.Mempersatukan seluruh tanah Jawa
    agarr menjadi lebih kompak
    2.Menyusun strategi untuk menyerang batavia
    3.Menaklukkan Surabaya dan Banten
    4.Membuat rencana penyerangan ke
    Batavia
    5.Mengusir kekuasaan asing dari
    seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  166. 1. Menyerbu batavia
    2. Menyatukan seluruh tanah Jawa
    3. Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  167. Nama : M.ALFIAN NUR HIDAYAT
    Kelas: 12 TKJ 1
    NO AB: 07

    > Mempersatukan seluruh tanah Jawa agar menjadi lebih kompak
    > Menaklukkan Surabaya
    > Membuat rencana penyerangan ke Batavia
    > Mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  168. Marsellino Ade Saputra
    12 tbsm 1



    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2.membuat rencana dan menyerbu Batavia
    3.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  169. Faisal Ramadani S
    12 TBSM 1

    1. Mempersatukan tanah Jawa
    2.membuat rencana dan menyerbu Batavia
    3.mengusir kekuasaan asing dari seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  170. Rahmad valentino
    12 TBSM1
    Menyerbu batavia, Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC, merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC,
    Menyatukan seluruh tanah Jawa, mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara.

    BalasHapus
  171. SINTANIA PUTRI MAHARANI
    XII AKL
    (1) mempersatukan seluruh tanah Jawa, dan
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara.

    BalasHapus
  172. Bisma Eka Prastiawan
    12 Tkj 2
    1) menyatukan seluruh tanah jawa
    2) Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    3) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    4) menyerbu batavia

    BalasHapus
  173. Nama : Putri Bakti Prihandini
    Kelas: Xll AKL
    1) menyerang batavia
    2) mempersatukan Surabaya banten
    3) mengusir kekuasaanasing dari bumi Nusantara
    4) menyatukan seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  174. nama :roychan nasrullah haqiqi
    kelas:12 tbsm 1

    1.di rubah untuk menjadi yang lebih baik
    2.memberantas korupsi/tikus" kantor

    BalasHapus
  175. Sejarah mencatat perkembangan kerajaan Islam muali dari kerajaan samudra pasai di aceh, sampai kerajaan Mataram di pulau Jawa, hingga kesultanan Gowa-Tallo di sulawesi.
    Untuk itu saya akan membuat strategi untuk mengusir keberadaan orang asing di tanah Jawa, mempersatukan semua tanah jawa, dan membuat rencana untuk menyerang batavia.

    BalasHapus
  176. Sejarah mencatat perkembangan kerajaan Islam muali dari kerajaan samudra pasai di aceh, sampai kerajaan Mataram di pulau Jawa, hingga kesultanan Gowa-Tallo di sulawesi.
    Untuk itu saya akan membuat strategi untuk mengusir keberadaan orang asing di tanah Jawa, mempersatukan semua tanah jawa, dan membuat rencana untuk menyerang batavia.

    BalasHapus
  177. Nama:ach fajar afandi
    Kelas:12 tbsm 1
    Sejarah mencatat perkembangan kerajaan Islam muali dari kerajaan samudra pasai di aceh, sampai kerajaan Mataram di pulau Jawa, hingga kesultanan Gowa-Tallo di sulawesi.
    Untuk itu saya akan membuat strategi untuk mengusir keberadaan orang asing di tanah Jawa, mempersatukan semua tanah jawa, dan membuat rencana untuk menyerang batavia.

    BalasHapus
  178. mempersatukan tanah jawa
    • membuat rencana untuk menyerang
    batavia
    • mengusir kekuatan asing

    BalasHapus
  179. Muhammad Adam Abbad as sidiq
    12 tbsm 1

    1.mempersatukan tanah Jawa
    2.menyerang Batavia
    3.mengusir orang asing

    BalasHapus
  180. Muhammad Adam Abbad as sidiq
    12 tbsm 1

    1.mempersatukan tanah Jawa
    2.menyerang Batavia
    3.mengusir orang asing

    BalasHapus
  181. Rio dwi kurniawan
    XII TBSM 4

    1) menyatukan seluruh tanah jawa
    2) Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    3) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara
    4) menyerbu batavia

    BalasHapus
  182. NAMA:SAYIDINA USMAN. KELAS:12TBSM 3. NO:22. 1) menyerang batavia
    2) mempersatukan Surabaya banten
    3) mengusir kekuasaanasing dari bumi Nusantara
    4) menyatukan seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  183. NAMA:SAYIDINA USMAN. KELAS:12TBSM 3. NO:22. 1) menyerang batavia
    2) mempersatukan Surabaya banten
    3) mengusir kekuasaanasing dari bumi Nusantara
    4) menyatukan seluruh tanah jawa

    BalasHapus
  184. Nama: Dimas Ariyo Pamungkas
    Kelas:XII TBSM II
    absen:07

    Jika saya menjadi sultan agung maka yang saya lakukan adalah Menyatu kan seluruh tanah Jawa untuk menyerang Batavia, mengusir kekuasaan asing dan Menaklukan Surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  185. Nama:pratiwi puji lestari
    Kelas:Xll otkp 3
    Absen:18
    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  186. Nama:pratiwi puji lestari
    Kelas:Xll otkp 3
    Absen:18
    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.

    BalasHapus
  187. Nama : Muhammad afandi
    Kelas : 12 tbsm 3
    Absen : 16

    1. menyatukan seluruh tanah jawa.
    2. mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa.
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  188. Nama : Muhammad afandi
    Kelas : 12 tbsm 3
    Abaen : 16

    1. menyatukan seluruh tanah jawa.
    2. mengusir kekuasaan asing dari tanah jawa.
    3. menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC

    BalasHapus
  189. Nama : Abdu Wildan Y
    Kelas: XII TKJ 2
    NO:2

    -menyatukan seluruh tanah jawa
    -menaklukan surabaya agar tidak dikuasai oleh VOC
    -menyerang bahagia
    -mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara

    BalasHapus
  190. Nama: marsellino Ade Saputra
    Kelas : 12 tbsm 1
    No absen: 16


    (1) mempersatukan seluruh tanah jawa
    (2) mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara,
    (3) merencanakan serangan ke Batavia sebagai pusat VOC.
    (4) Menyusun strategi yang matang untuk melakukan penyerangan ke Batavia
    (5)Menyerbu batavia

    BalasHapus
  191. Nama :Agus Setiawan
    Kelas: XII TBSM 3
    No absen : 2
    1.mempersatukan seluruh tanah Jawa
    2. Merencanakan penyerangan ke Batavia sebagai pusat VOC
    3.mengusir penguasa asing dari Nusantara

    BalasHapus
  192. Nama:Dino putra pratama
    Kelas:XII tbsm II

    1.mempersatukan seluruh tanah jawa
    2. Merencanakan penyerangan ke Batavia sebagai pusat VOC
    3.mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara

    BalasHapus