Jumat, 04 September 2020

PERKEMBANGAN ISLAM DI ERA WALI SONGO

Kisah Walisongo✓ - Afrillia - Wattpad


Sejarah Awal Agama Islam Masuk Ke Tanah Jawa – 

Jauh sebelum Islam masuk ke daerah tanah Jawa, mayoritas masyasarakat di tanah jawa menganut agama jawa yang disebut  kapitayan

(agama tauhid ibrahimiyah) disamping ada pula yang menganut animisme dan dinamisme. Sebutan DINAMISME DAN ANIMISME untuk kepercayaan orang jawa ini hanyalah sebutan yang di buat dan di viralkan oleh penjajah kristen dari belanda .

Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India walaupun tidak banyak.  Agama terbesar yang di anut orang jawa saat itu tetaplah agama Kapitayan yaitu agama tauhid yang mengakui tuhan itu satu atau esa.

Mereka menyebut tuhan nya dengan sebutan ShangHYang Taya Tuhan yang maha tunggal tidak bertambah, tidak tidur dan juga tidak beranak atau beristri. Sejalan dengan agama Islam.


Sang Hyang Taya yang menjadi pujaan para penganut Kapitayan tersebut memiliki makna "hampa" atau "kosong". Orang Jawa mendefinisikan Sang Hyang Taya dalam satu kalimat, "Tan kena kinaya ngapa" (Tidak bisa diapa-apakan keberadaannya). 

Karenanya agar bisa disembah, Sang Hyang Taya memribadi dalam nama dan sifat "Tu" atau "To", yang bermakna daya gaib dan bersifat adikodrati.

Misalnya wa-TU, TU-gu, TU-lang, TU-nggul, , TU-mbak, TU-nggak, TU-lup, pin-TU, TO-peng,TO-san, TO-pong, TO-wok, TO-ya.

Kedatangan Islam di Jawa

Kedatangan Islam di Jawa dibuktikan dengan ditemukannya batu nisan kubur bernama Fatimah binti Maimun 1082 serta makam Maulana Malik Ibrahim.1419.

Saluran-saluran Islamisasi

 Saluran-saluran Islamisasi BISA berkembang di Nusantara melalui  enam  jalur yaitu :

1.      perdagangan,

2.      perkawinan,

3.      Tasawuf,

4.      Pendidikan,

5.      Kesenian, dan

6.      Politik.

Islam Masuk Ke Tanah Jawa

Di Jawa, Islam masuk melalui pesisir utara Pulau Jawa ditandai dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah yang wafat pada tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten  Gresik.

a.   Dilihat dari namanya, diperkirakan Fatimah adalah keturunan Hibatullah, salah satu dinasti di Persia.

b.           Di Gresik juga ditemukan makam Maulana Malik Ibrahim dari Kasyan (satu tempat di Persia) yang meninggal pada tahun 822 H atau 1419 M.

c.       Di Mojokerto juga ditemukan ratusan kubur Islam kuno. Makam tertua berangka tahun 1374 M. Diperkirakan makam-makam ini ialah makam keluarga istana Majapahit.

 

1. Masyarakat Jawa Sebelum Islam Datang

a. Jawa Pra Hindu-Budha

Situasi kehidupan “religius” masyarakat di Tanah Jawa sebelum datangnya Islam sangatlah heterogen. Kepercayaan import maupun kepercayaan yang asli telah dianut oleh orang Jawa. Sebelum Hindu dan Budha, masyarakat Jawa prasejarah telah memeluk keyakinan berbagai corak. Pandangan hidup orang Jawa adalah mengarah pada pembentukan kesatuan numinous antara alam nyata, masyarakat, dan alam adikodrati yang dianggap keramat.

Di samping itu, mereka meyakini kekuatan magis keris, tombak, dan senjata lainnya. Benda-benda yang dianggap keramat dan memiliki kekuatan magis ini selanjutnya dipuja, dihormati, dan mendapat perlakuan istimewa. Sebutan animisme dan dinamisme baru muncul ketika kristen belanda menjajah Nusantara. Sebelumnya sebutan itu tak pernah di kemnal oleh orang jawa .

b. Jawa Masa Hindu-Budha

Pengaruh Hindu-Budha dalam masyarakat Jawa bersifat ekspansif, sedangkan budaya Jawa yang menerima pengaruh dan menyerap unsur-unsur Hinduisme-Budhisme setelah melalui proses akulturasi tidak saja berpengaruh pada sistem budaya, tetapi juga berpengaruh terhadap sistem agama.

Sejak awal, budaya Jawa yang dihasilkan pada masa sebelum agama Hindu-Budha bersifat terbuka .

Maka sangatlah wajar jika kebudayaan Jawa bersifat sinkretis (bersifat momot atau serba memuat). sangat bersifat teokratis. Pengkultusan terhadap raja-raja sebagai titisan dewa adalah salah satu buktinya.

Dalam hal ini Onghokham menyatakan:

Dalam kerajaan tradisional, agama dijadikan sebagai bentuk legitimasi. Pada jaman Hindu-Budha diperkenalkan konsep dewa-raja atau raja titising dewa.

 Ini berarti bahwa rakyat harus tunduk pada kedudukan raja untuk mencapai keselamatan dunia akhirat. Agama diintegrasikan ke dalam kepentingan kerajaan/kekuasaan. Kebudayaan berkisar pada raja, tahta dan keraton. Raja dan kehidupan keraton adalah puncak peradaban pada masa itu.

Di pulau Jawa terdapat tiga buah kerajaan masa Hindu Budha, kerajaan-kerajaan itu adalah Taruma, Ho-Ling, dan Kanjuruhan. Di dalam perekonomian dan industri salah satu aktivitas masyarakat adalah bertani dan berdagang dalam proses integrasi bangsa. Dari aspek lain karya seni dan satra juga telah berkembang pesat antara lain seni musik, seni tari, wayang, lawak, dan tari topeng. Semua itu sebagian besar terdokumentasikan pada pahatan-pahatan relief dan candi-candi.

2. Peranan Wali Songo dan Metode Pendekatannya


Era Wali Songo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.

Di Pulau Jawa, penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali). Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah. Para wali ini dekat dengan kalangan istana. Merekalah orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan.

Karena dekat dengan kalangan istana, mereka kemudian diberi gelar sunan atau susuhunan (yang dijunjung tinggi). Kesembilan wali tersebut adalah sebagai berikut:

a.      Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim). Inilah wali yang pertama datang ke Jawa pada abad ke-13 dan menyiarkan Islam di sekitar Gresik. Dimakamkan di Gresik, Jawa Timur.

b.    Sunan Ampel (Raden Rahmat). Menyiarkan Islam di Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Beliau merupakan perancang pembangunan Masjid Demak.

c.       Sunan Drajad (Syarifudin). Anak dari Sunan Ampel. Menyiarkan agama di sekitar Surabaya. Seorang sunan yang sangat berjiwa sosial.

d.   Sunan Bonang (Makdum Ibrahim). Anak dari Sunan Ampel. Menyiarkan Islam di Tuban, Lasem, dan Rembang. Sunan yang sangat bijaksana.

e.    Sunan Kalijaga (Raden Mas Said/Jaka Said). Murid Sunan Bonang. Menyiarkan Islam di Jawa Tengah. Seorang pemimpin, pujangga, dan filosof. Menyiarkan agama dengan cara menyesuaikan dengan lingkungan setempat.

f.      Sunan Giri (Raden Paku). Menyiarkan Islam di Jawa dan luar Jawa, yaitu Madura, Bawean, Nusa Tenggara, dan Maluku. Menyiarkan agama dengan metode bermain.

g.   Sunan Kudus (Jafar Sodiq). Menyiarkan Islam di Kudus, Jawa Tengah. Seorang ahli seni bangunan. Hasilnya ialah Masjid dan Menara Kudus.

h.      Sunan Muria (Raden Umar Said). Menyiarkan Islam di lereng Gunung Muria, terletak antara Jepara dan Kudus, Jawa Tengah. Sangat dekat dengan rakyat jelata.

i.     Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah). Menyiarkan Islam di Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Seorang pemimpin berjiwa besar.

 

Salah satu cara penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para Wali tersebut ialah dengan cara mendakwah. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat (sebagai objek dakwah), dengan menggunakan pendekatan sosial budaya. Pola ini memakai bentuk akulturasi,

 

3. Islam Di Jawa Paska Wali Songo


Setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha sedikit demi sedikit berubah atau termasuki oleh nilai-nilai Islam.

Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

 

Dari sini derajat orang-orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan.

Islam sangat berkembang luas sampai ke pelosok desa setelah para Wali berhasil mendidik murid-muridnya. Salah satu generasi yang meneruskan perjuangan para Wali sampai Islam tersebar ke pelosok desa adalah Jaka Tingkir.

 

Islam di Jawa yang paling menonjol setelah perjuangan para Wali songo adalah perpaduan adat Jawa dengan nilai-nilai Islam, salah satu diantaranya adalah tradisi Wayang Kulit.

 




 

291 komentar:

  1. Cerita walisongo ini sangat menarik, karna penerus bangsa seperti kita ini harus tau sejarah sejarah islam pada waktu itu sebelum menjadi seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : hudi nur afiyat
      kelas :XII tbsm II
      1.karena wali songo berhasil menyebarkan ajaran islam di nusantara yang sangat sulit untuk diajarkan agama baru
      2.kisah wali songo sangat menginpirasi banyak orang

      Hapus
  2. 1. Karena cerita walisongo yang begitu detail dan bersejarah dalam perkembangan islam di jawa yang menjadi bukti bagaimana islam diperjuangkan pada masa itu.
    2. Karena itulah menurut pendapat saya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama :Hilda Fatimah
      Kelas :12 AKL
      No absen :11


      1. Yang paling menarik dari kisah wali songo yaitu cara penyebaran agama islam yg dilakukan para wali dengan cara mendakwah

      2. Karena dengan cara itu bisa membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai islam yang begitu besar manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

      Hapus
    2. Nama :Hilda Fatimah
      Kelas :12 AKL
      No absen :11


      1. Yang paling menarik dari kisah wali songo yaitu cara penyebaran agama islam yg dilakukan para wali dengan cara mendakwah

      2. Karena dengan cara itu bisa membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai islam yang begitu besar manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

      Hapus
  3. Nama : Ananda nazhiifah nur laili
    Kelas: 12 tkj 2

    1.Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu
    2.menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  4. 1.karean cerita yang ditulis sangatlah lengkap dan seluruh rincian dan urutan peristiwa dalam perkembangan islam dijawa sangatlah lengkap serta cerita" bersejarah yang ditulis lengkap membuat orang" pasti tertarik membacanya
    2.menurut saya,
    penulisan sejarah perkembangan islam yang lengkap beserta cerita"nya.
    2.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. SAYIDINA USMAN 12 TBSM 3 1.Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.2.waki songo sangat besar mendirikan kerajan islam di jawa

    BalasHapus
  7. SAYIDINA USMAN 12 TBSM 3 1.Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.2.wali songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan islam di jawa

    BalasHapus
  8. 1.cerita wali songo ini sangat menarik karena cara pendakwahannya
    Dengan cara perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian, dan Politik sehingga banyak membuat masyarakat tertarik.

    2.menurut saya dengan adanya cara pendakwahan melalui seni membuat banyak warga tertarik untuk mempelajari islam dan dapat mengurangi kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha.

    BalasHapus
  9. Nama:Irma Firnanda
    Kelas:12 akl
    No ABS:12

    1.menurut saya kisah wali songo adalah kisah yang menarik karena banyak cara yang di gunakan wali songo untuk menyebarkan agama islam dan setiap wali mempunyai cara sendiri menyebarkan agama Islam


    2.saya suka cara wali songo menyebarkan agama islam

    BalasHapus
  10. 1.cerita wali songo ini adalah simbol penyebaran islam di indonesia,khususnya dijawa yang sangat besar untuk mendirikan kerajaan islam dijawa yang dilakukan oleh (9 wali)
    2.karna islam mengajarkan banyak hal-hal baik dan juga para wali menyebarkan dakwah di seluruh masyarakat islam

    BalasHapus
  11. ORELLIA AGATA AGUSTINA XII OTKP 1
    1.Menurut saya kisah dari wali songo sangatlag menarik yang penyebar agama islamnya sangat luas dan peranan wali songo didalam pulau jawa sangatlah menarik krena membangun sebuah kerajaan kerajaan pada masa ituu.
    2. Karna ceritanya sangat menarik sangat baik di banggakan dengan cara pendidikan,kesenian dan sebagainya sehingga membuat para masyarakat tertarik dengan wali songo

    BalasHapus
  12. ORELLIA AGATA AGUSTINA XII OTKP 1
    1.Menurut saya kisah dari wali songo sangatlag menarik yang penyebar agama islamnya sangat luas dan peranan wali songo didalam pulau jawa sangatlah menarik krena membangun sebuah kerajaan kerajaan pada masa ituu.
    2. Karna ceritanya sangat menarik sangat baik di banggakan dengan cara pendidikan,kesenian dan sebagainya sehingga membuat para masyarakat tertarik dengan wali songo

    BalasHapus
  13. Nama : Eka Oktafiana
    Kelas: XII OTKP 1

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  14. Nama : Eka Oktafiana
    Kelas: XII OTKP 1

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  15. 1.Menurut pendapat saya penyebaran agama Islam di tanah Indonesia sangat bagus sekali,karena para wali songo menggunakan berbagai macam media untuk penyebaran agama Islam.
    2.Karena jika kita bandingkan dengan penyebaran agama Islam di luar negeri indonesia,penyebaran agama Islam yang dilakukan para wali songo terbilang unik,karena para wali songo menggunakan media pernikahan,kesenian dll.

    BalasHapus
  16. 1.Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India walaupun tidak banyak.
    2.Karnaa keperayaan memang hrus dibutuhkan

    BalasHapus
  17. Amelia Andriyani XII OTKP 1

    1. cerita wali songo adalah penyebaran agama islam yang luas terutama dipulau jawa untuk membangun kerajaan-kerajaan
    2. karena wali songo penyebarannya yang unik seperti perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian,dan Politik.

    BalasHapus
  18. Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India walaupun tidak banyak.
    2.Karna orang jawa memang harus punya rasa jujur

    BalasHapus
  19. LINDA DWI LESTARI/13
    Xll AKL

    1. Kisah wali songo sangatlah menarik dan membuat saya bangga sebagai umat muslim, mereka menyebarkan Islam diberbagai daerah di Pulau Jawa. cara atau pendekatan ke masyarakat yang dipakaipun berbeda beda, Peran Ulama dan para wali sangat penting dalam proses penyebaran Islam terutama di lingkungan pedalaman yang masih menganut kepercayaan lama sehingga dapat memeluk agama Islam. Mereka menggunakan kebudayaan dan kesenian untuk berdakwah, seperti wayang, lagi macapat. Bahkan sampai sekarang masih tetap eksis dipakai masyarakat. Karna itulah saya sangat bangga dan sangat tertarik dengan perjuangan para Wali Songo

    2. Karena dalam kisah Wali Songo mengajarkan kita agar lebih kita lebih bersyukur, selalu bersabar, pantang menyerah, harus selalu taat pada yg maha kuasa dan masih banyak lagi yang dapat kita petik dari kisah wali songo

    BalasHapus
  20. Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India walaupun tidak banyak.
    2.Karna orang jawa memang harus punya rasa jujur

    BalasHapus
  21. NAMA: MARCELLA NUR RAHMAH
    KELAS: 12 OTKP 1

    1. Yang menarik dari kisah wali Songo adalah era berakhirnya dominasi hindu budha dalam budaya nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran diindonesia, khususnya JAWA. Perpaduan adat Jawa dengan nilai nilai islami, salah satunya adalah tradisi Wayang Kulit.
    2. Menurut saya, peranan wali Songo membuat kagum masyarakat atas nilai-nilai islam yang banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  22. Putri Wulandari (XII AKL/19)

    1. Cara penyebaran agama Islam oleh wali songo sangatlah menarik. Mereka menyebarkan Islam tanpa kekerasan, dan membuat Islam dapat mudah diterima oleh masyarakat.
    2. Dengan penyebaran agama Islam oleh para Walisongo, membuat Islam dapat berkembang pesat hingga sekarang.

    BalasHapus
  23. Diva Nadia XII OTKP 16 September 2020 pukul 17.31

    1. Wali songo adalah tokoh Islam yang dihormati di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, karena peran historis mereka dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.
    2. Setiap Wali Songo saling dikaitkan dengan gelar Sunan dalam bahasa Jawa berarti Terhormat

    BalasHapus
  24. SASKIA DELLA KUMALASARI XII OTKP 1
    1. Menurut pendapat saya cerita tentang penyebaran islam di tanah indonesia sangatlah bagus, karena wali songo menyebarkan agama islam menggunakan berbagai cara yaitu, lewat kebudayaan, kesenian, dan pendidikan
    2. Saya suka cara wali songo menyebarkan tentang agama islam Di pulau jawa

    BalasHapus
  25. RIZKY RAHAHU XII OTKP 3
    1.Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India walaupun tidak banyak. Agama terbesar yang di anut orang jawa saat itu tetaplah agama Kapitayan yaitu agama tauhid yang mengakui tuhan itu satu atau esa.
    2. Karena itu dari pendapat saya

    BalasHapus
  26. 1.kisah wali songo sangatlah menarik dgn penyebaran agama islam nya luas dan peran wali songo di pulau jawa sangat menarik

    2.karena ceritanya sangat menarik dan dan dan setiap wali songo membuat kagum karena penyebaran agama islam

    BalasHapus
  27. Nama:TASYA APRILIA
    kelas:XII OTKP 1 / 26

    1. karena menurut saya kisah ini sangat menarik wali songo berhasil menyebarkan agama islam khususnya dijawa sangat besar dalam mendirikan kerajaan islam.
    2. Saya suka dengan cerita wali songo karena cara wali songo sangar besar dalam mendirikan kerajaan islam di jawa.

    BalasHapus
  28. FENY ARBIYANI XII OTKP 3
    1. dengan adanya peran wali songo maka masyarakat di jawa bisa mengenal dan mempelajari islam dan dengan caranya orang jawa bisa menerima islam sebagai agama yang benar..

    2. Menurut saya,wali songo yang sudah menyebarkan agama Islam di pulau jawa,dan masyarakat tentunya mengikuti ajaran agama islam dan menyebarkan ajaran-ajaran berbagai cara hingga berkembang sampai sekarang.

    BalasHapus
  29. Mohamad azi f s tbsm3
    1.menurut saya cerita wali songo sangatlah menarik karena penyebaran agama islam nya luas

    2.saya sangat suka wali songo dengap penyebaran agama islam di pulau jawa yg sangatlah menarik

    BalasHapus
  30. Nama:wisnu ari pradana
    Jurusan:tbsm
    1.yang menarij kisah wali songo adalah wali songo berarti kesembilan wali.mereka adalah maulana malik ibrahim,sunan ampel,sunan giri,sunan bonang,sunan drajad,sunan kalijaga,sunan kudus,sunan muria,serta sunan gunung jati.mereka tidak hidup pada saat yang bersamaan.namun satu sama lain mempunyai keterkaitan erat bila tidak dalam ikatan darah juga dalam hubungan guru murid.era wali songo adalah era berakhirnya dominasi hindu budha dalam budaya nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan islam.mereka adalah simbol penyebaran islam diindonesia.khususnya jawa.dan melihat wali sembilan saya kagum dengan hasil karya beliau-beliau
    2.alasan tertarik dng wali songo
    -saya kagum dengan hasil karya
    beliau"
    -dan dari proses itu penyebaran.
    agama islam yang dilakukan wali
    songo menjafi lebih mudah
    untukdianut

    BalasHapus
  31. NAMA: AYU PERMATASARI
    KELAS:12 AKL

    1. menurut saya yang menarik dari secuil kisah penyebaran agama islam oleh wali songo adalah cara mereka untuk menyebarkan kepada masyarakat.

    2.karena Mereka menyiarkan agama islam dengan berbagai jalur atau bidang,seperti perdagangan,kesenian,pendidikan,politil,perkawinan. Itulah yang membuat agama islam dapat berkembang pesat dikalangan masyarakat yang sebelumnya tidak paham akan agama islam. Dengan cara seperti itulah orang-orang banyak yang mulai mempelajari agama islam dan mulai mengikutinya.

    BalasHapus
  32. NAMA: MUHAMMAD FIKRI AZIZ ARDIANSYAH
    KELAS:12 TBSM 4

    1. menurut saya yang paling menarik dari kisah wali songo adalah cara mereka menyebarkan agama islam di antara wilayah yang sebelumnya belum percaya atas agama islam


    2. Itu membuat saya kagum terhadap beliau dengan cara sederhana mereka bisa menyebarkan agama islam di pulau jawa dan agama islam dapat di terima oleh orang jawa sebelumnya

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama :Ardita khoirunnisa
      Kelas : XII OTKP 3
      1. Menurut saya yang paling menarik adalah Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, dan juga di Pulau Jawa, penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo
      2.Karena peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.Merekalah juga orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan.

      Hapus
  34. 1. Wali Songo menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa,Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena dari sini derajat orang orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan

    BalasHapus
  35. NAMA : MOHAMMAD DWI ARDIANSAH
    KELAS:12 TKJ 1

    No 1.
    #Giat bekerja seperti yang dicontohkan oleh Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim). Sunan Gresik mengajarkan keterampilan bercocok tanam.

    # Mengajarkan sikap bijak seperti yang dicontohkan oleh Sunan Bonan (Makhdum Ibrahim) dalam menyebarkan agama Islam melalui kesenian rakyat.

    # Mengajarkan musyawarah dalam mencapai keputusan seperti yang diajarkan oleh Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah).

    No 2.
    Karena patut untuk kita pelajari dan di contoh dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  36. Menurut perkembangan islam diera walisongo memiliki saluran saluran islamisasi ada 6 yaitu
    Perdagangan,perkawinan,tasawuf,pendidikan,kesenian dan politik

    Dan saya sangat senang sekali bisa mengenal lebih dalam tentang perkembangan islam diera wali songo

    BalasHapus
  37. 1. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat, dengan memakai pola bentuk akulturasi.
    2. Karena setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha sedikit demi sedikit berubah atau termasuki oleh nilai-nilai Islam.

    BalasHapus
  38. 1.Menurut saya hal yang menarik dari kisah Wali songo yang berarti kesembilan orang wali,Mereka tidak hudup pada saat yang bersamaan dan Mereka adalah simbol penyebaran islam di Indonesia, khususnya jawa.

    2.alasan saya karena penyebaran agama islam yang sangan luas dan kisah kesembilan wali sangatlah menarik

    BalasHapus
  39. 1. Wali Songo menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa,Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena dari sini derajat orang orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan

    BalasHapus
  40. 1. Wali Songo menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa,Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena dari sini derajat orang orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Nama:PUTRI BAKTI PRIHANDINI
    KELAS:Xll AKL

    1.Menurut saya dengan adanya peran wali songo maka masyarakat di jawa bisa mengenal dan mempelajari islam dan dengan caranya orang jawa bisa menerima islam sebagai agama yang benar


    2.saya kagum terhadap beliau dengan cara sederhana mereka bisa menyebarkan agama islam di pulau jawa . Itulah yang membuat agama Islam berkembang pesat dikalangan masyarakat

    BalasHapus
  43. Nama : Ardita khoirunnisa
    Kelas : XII OTKP 3
    1. Menurut saya yang paling menarik adalah Wali Songo merupakan simbol penyebaran Islam di Indonesia, Di Pulau Jawa juga penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo.
    2. Karena peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.Merekalah juga orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan.

    BalasHapus
  44. ILLAL BALAAGHUL MUBIIN6 September 2020 pukul 18.17

    Nama: ILLAL BALAAGHUL MUBIIN
    Kelas: 12 TBSM 4

    1. Para wali yang menyebarkan agama Islam dengan banyak cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan.
    2. Karena para wali yang menyebarkan agama Islam dengan cara itu melakukannya dengan kesabaran dan juga kegigihan.

    BalasHapus
  45. Nama:ARTALIA RAMADIVA MIFTAHUL JANNAH
    Kelas :12 AKUNTANSI
    NO ABSEN:04

    menurut saya para sunan di pesisir utara Jawa juga memiliki pengaruh di tempat lain di Nusantara dalam penyebaran Islam yaitu:

    Tempat yang menjadi pusat-pusat perdagangan semakin mendekatkan berbagai kawasan Islam, termasuk bandar-bandar seperti Gowa (Makassar).

    Dengan dukungan para sunan Giri, Gowa menjadi pengislam yang aktif baik terhadap para tetangga maupun pulau-pulai lain yang lebih jauh. Seperti Banda, Lombok, dan Sumbawa.

    Di tanah Jawa, para wali menyebarkan di Islam diberbagai daerah di Jawa.

    Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), walisongo diartikan sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

    BalasHapus
  46. Nama : Abdi Alan S.
    Kelas : 12 TKJ 2

    1. Menurut saya yang paling menarik adalah islam Di Jawa Paska Wali Songo
    2. Karena Setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam. Islam di Jawa yang paling menonjol setelah perjuangan para Wali songo adalah perpaduan adat Jawa dengan nilai-nilai Islam, salah satu diantaranya adalah tradisi Wayang Kulit.

    BalasHapus
  47. 1.menurut saya hal yang menarik dari kisah wali songo adalah kesembilan orang wali,mereka tidak hudup pada saat yang bersamaandan mereka simbol penyebaran islam di Indonesia, khususnya jawa.

    2.alasan saya karena penyebaran yang sangat luas dan kisah kesembilan nabi sangat lah menarik

    BalasHapus
  48. Nama:Siti Nurjanah
    Kelas: 12 tkj 1
    No.absen:26

    1.cerita wali songo ini cara pendakwahannya sangat menarik dengan begitu begitu cara Kesenian, dan Politik sehingga membuat masyarakat banyak yg tertarik dan
    Mereka menyebarkan Islam tanpa kekerasan,
    2.Dari cerita di atas kita harus mencontoh dalam kehidupan kita sehari hari

    BalasHapus
  49. Amanda meysita putri
    XII-Otkp 2 (01)
    1. Cerita wali songo ini sangat menarik karna cara pendakwahannya sangat merakyat dan melalui kesenian kesenian tradisional.

    2. Menurut saya dengan adanya pendakwahan melalui pernikahan,perdagangan,pendidikan, itu merupakan cara yang sangat menarik karna banyak membuat orang orang tertarik untuk mempelajari agama islam dan sedikit demi sedikit menghilangkan kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya hindu-budha.

    BalasHapus
  50. Amanda meysita putri
    XII-Otkp 2 (01)
    1. Cerita wali songo ini sangat menarik karna cara pendakwahannya sangat merakyat dan melalui kesenian kesenian tradisional.

    2. Menurut saya dengan adanya pendakwahan melalui pernikahan,perdagangan,pendidikan, itu merupakan cara yang sangat menarik karna banyak membuat orang orang tertarik untuk mempelajari agama islam dan sedikit demi sedikit menghilangkan kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya hindu-budha.

    BalasHapus
  51. Velisha Ayunda Salsabillah6 September 2020 pukul 18.36

    VELISHA AYUNDA SALSABILLAH
    XII OTKP 2

    1. Menurut saya, yang paling menarik adalah simbol penyebaran agama Islam kepada masyarakat melalui kebudayaan, kesenian, pendidikan, politik dan perkawinan.

    2. Alasan saya karena saya kagum terhadap beliau yang mempunyai peran sangat besar dalam menditimen dan menyebarkan agama Islam dengan berbagai jalur hingga pada akhirnya agama islIs dapat berkembang.

    BalasHapus
  52. Nama : Adelia prastika sari
    Kelas : 12 AKL
    No. absen :01

    1. Hal yang menarik menurut saya adalah perjuangan yang dilakukan Wali songo dalam menyebarkan agama Islam melalui berbagai macam media dakwah, seperti melalui perkawinan, kesenian, pendidikan, perdagangan, dll

    2. Alasannya karena rasa penasaran yang besar akan perjuangan wali songo dalam menyebarkan agama Islam khususnya di tanah Jawa

    BalasHapus
  53. 1. Hal yang menarik dari kisah wali Songo, karena Keimanan para wali songo tidak sekadar pengakuan, tetapi keimanan mereka menghasilkan ketakwaan. Mereka melakukan apa yang diperintah oleh Allah dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Mereka tidak hanya melakukan hal-hal yang diwajibkan agama, tetapi juga menjalankan amalan-amalan sunah. Mereka menghindari perkara yang makruh dan menjauhi perkara yang diharamkan Allah.
    2. Karena wali songo adalah orang yang beriman dan bertakwa. Di samping melakukan hal-hal yang wajib, para wali Songo senantiasa melakukan hal-hal yang sunah serta menjauhi hal-hal yang makruh.

    BalasHapus
  54. Velisha Ayunda Salsabillah6 September 2020 pukul 18.37

    VELISHA AYUNDA SALSABILLAH
    XII OTKP 2

    1. Menurut saya, yang paling menarik adalah simbol penyebaran agama Islam kepada masyarakat melalui kebudayaan, kesenian, pendidikan, politik dan perkawinan.

    2. Alasan saya karena saya kagum terhadap beliau yang mempunyai peran sangat besar dalam menditimen dan menyebarkan agama Islam dengan berbagai jalur hingga pada akhirnya agama Islam dapat berkembang.

    BalasHapus
  55. Nama:Siti Farida
    Kelas:XII AKL

    1.menurut saya cerita tersebut sangat menarik dan lengkap
    2.karna dari cerita tersebut saya bisa mengetahui bagaimana sejarah awal agama Islam masuk ke tanah Jawa

    BalasHapus
  56. Nama:Dewi indrowati
    Kelas:12 AKL
    No.absen: 06
    1.kisah diatas menceritakan bagaimana wali songo menyebarkan islam dengan berbagai cara tanpa melalui kekerasan sehingga agama islam tersebut bisa diterima oleh masyarakat dengan mudah
    2.karena menurut saya penyebaran islam yang dilakukan oleh wali songo sangatlah menarik sehingga dapat diterima dan berkembang sampai sekarang

    BalasHapus
  57. Nama : syakila
    Kelas : XII OTKP 3
    1. Sangat menarik karna cerita wali songo menunjukkan kesenian tradisional
    2.dapat dijadikan sebagai referensi sejarah tentang perjuangan para wali yang tergabung dalam Wali Sanga dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia,

    BalasHapus
  58. 1.menurut saya yang menarik dari perkembangan diera wali songo ialah cara penyampaian yang bermacam-macam mulai dari dakwah,sholawatan dan seni dan yang lainnya
    2. Karena dari keberagam cara penyampaian itu membuat agama Islam mudah untuk diterima dan dipahami oleh orang

    BalasHapus
  59. Nama:yeni putri amelia
    Kelas:XII OTKP 3
    Menurut saya
    1.menarik karena cerita wali songo menganut agama jawa yang disebut kapiyatan(agama tauhid ibrahimiyah)
    2.saya tertarik dengan cerita tersebut selain menganut kepercayaan masyarakat juga dinamisme dan animisme untuk kepercayaan orang jawa

    BalasHapus
  60. Nama:yeni putri amelia
    Kelas:XII OTKP 3
    Menurut saya
    1.menarik karena cerita wali songo menganut agama jawa yang disebut kapiyatan(agama tauhid ibrahimiyah)
    2.saya tertarik dengan cerita tersebut selain menganut kepercayaan masyarakat juga dinamisme dan animisme untuk kepercayaan orang jawa

    BalasHapus
  61. Sangat suka dengan pertayaan nya menarik

    BalasHapus
  62. JIHAN HANA AZIZA XII OTKP 2

    1. Menurut saya kisah wali songo ini bis menginspirasi siapa saja untuk mempelajari agama islam lebih dalam dan juga kita bisa mengetahui proses penyebaran islam di nusantara dari jaman dahulu hingga saat ini dan supaya kita bisa melanjutkan untuk menyebarkan agama islam dengan baik

    2. Karna itu adalah alasan yang saya buat sendiri

    BalasHapus
  63. NAMA : VIEU TAMAMA
    KELAS : XI TKJ 2
    NO : 28

    Yang menarik dari cerita ini adalah membahas 3 orang yang berilmu dalam berkarya.

    1. Al Kindi :
    Al Kindi memiliki nama lengkap Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq Al-Kindi DI PANGGIL DENGAN PANGGILAN Al Kindi Tahun 188 H (804 M) dan wafat Tahun 260 H (874 M) Ayahnya bernama Isaac Ben-Sabah (Ayah) Karya Yang Terkenal Fi al-Falsafa al-Ula (Filsafat Pertama).
    Al kindi adalah ilmuwan dengan pengetahuan luar biasa yang dicap sebagai polyhistor atau polimatik di zamannya. Dalam tradisi filsafat Islam, para ilmuan memanggilnya sebagai tokoh filsafat paripetik pertama Islam.
    Dialah Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq Al-Kindi, yang disebut sebagai filsuf Arab pertama yang memulai kajian terhadap filsafat dan juga filsuf-filsuf Yunani kuno.
    Hal menarik :
    🐱Karya Al Kindi Di Bidang Musik :
    Selain menulis dalam filsafat, Al-Kindi juga menulis di bidang musik, membahas
    a. Al-Kubra fi al-Ta’lif (Mengenai Harmoni).
    Al-Madkhal ila Sina’at b. Al-Musiqi (Pengantar Seni Musik).
    C. Ada juga al-Iqa (Keselarasan Bunyi), Khabar Ta’lif al-Alhan (Seni Penyusunan Melodi).
    d. Tartib an-Nagham al-Dallah ala Taba’i al-Ashkhas al-Aliyah wa Tasyabuhal-Ta ‘Kehidupan (Tentang Tata Nada yang membahas Sifat Benda Langit dan Kemiripan Harmoni).
    🐱Karya Al Kindi Di Bidang Kedokteran :
    Sementara itu, Al-Kindi juga menulis beberapa buku tentang pengobatan.
    🐱Merumuskan Tentang Tuhan dan Akal.

    2. Al Farabi :
    Nama Abu Nasr Muhammad bin Muhammad Ibnu Turkhan Ibnu Uzlaq Al Farabi Dikenal Al Farabi, Abu Nashr, Avennaser Lahir Farab, Uzbekistan 259 H/897 M Wafat Aleppo 339 H/950 M.
    Ayahnya adalah seorang jenderal berkebangsaan Persia dan ibunya berkebangsaan Turki.
    Sejak dini, Al-Farabi dikenal sebagai anak yang suka belajar dan juga rajin serta ia memiliki kemampuan untuk menguasai berbagai bahasa, antara lain bahasa Iran, Turkestan, dan Kurdistan.
    Di usia muda, Al-Farabi hijrah ke Baghdad yang pada waktu itu merupakan pusat ilmu pengetahuan.
    Al-Farabi mendapat predikat Guru Kedua, karena ialah orang pertama yang memasukkan ilmu logika ke dalam kebudayaan Arab. Selanjutnya ia pindah ke Damaskus, di sana ia berkenalan dengan Saif Ad-Daulah Al-Hamdani, Sultan Dinasti Hamdan di Alleppo. Akhirnya Al-Farabi diberi kedudukan menjadi ulama istana. Ia hidup sederhana dan menggunakan gajinya untuk beramal dan dibagikan kepada fakir miskin di Alleppo dan Damaskus.
    Judul Karya - Karya Al Farabi :
    1. Al-Jam’u baina Ra’yay Al-Hakimain Aflathun wa Aristhu.
    2. Tahqiq Ghardh Aristhu fi Kitab ma Ba’da Ath-Thabi’ah.
    3. Syarah Risalah Zainun Al-Kabir Al-Yunani.
    4. At-Ta’liqat;.
    5. Risalah fima Yajibu Ma’rifat Qabla Ta’allumi al-Falsafah.
    6. Kitab Tahshil As-Sa’adah.
    7. Risalah fi Itsbat Al-Mufaraqah.
    8. ‘Uyun Al-Masa‘il.
    9. Ara’ Ahl Al-Madinah Al-Fadhilah.
    10. Ihsa Al-Ulum wa At-Ta’rif bi Aghradita DLL.
    Hal menarik :
    Menulis Teori Politik Al Farabi.
    Ia telah menulis beberapa risalah tentang politik, yang paling terkenal adalah Ara’ Ahl al-Madinah al-Fadilah (Kota Model).

    3. Ibnu Sina (Bapak Kedokteran Modern) :
    Beliau mempunyai nama lengkap Abu `Ali al-Husain ibnu `Abdillah ibn Hasan ibnu `Ali Sina, namun dunia mengenal dirinya sebagai Ibnu Sina atau Aviciena. Ia lahir pada tahun 370 hijriyah atau 980 M di sebuah desa bernama Khormeisan dekat Bukhara wilayah Uzbekistan. Wafat di Hamedan, Iran, Juni 1037 Orang Tua bernama Abdullah (ayah), Setareh (ibu).
    Hal - Hal menarik dari Ibnu Sina :
    🐱Cerdas Sejak Usia Muda.
    🐱Menulis Kitab Qanun dan Kitab Al-Syifa.
    🐱Manuskrip The Canon of Medicine karya Ibnu Sina.
    🐱Mantiq al-Syifa’.
    🐱Sumbangan Ibnu Sina Dalam Dunia Kedokteran.

    BalasHapus
  64. Nama : Dwi ismi Wahyuni
    Kelas: XII OTKP 1
    Menurut saya kisah ini menarik ketika Setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha sedikit demi sedikit berubah atau termasuki oleh nilai-nilai Islam.
    Saya sangat tertarik dengan cerita ini karena disini saya dapat mempelajari tentang penyebaran agama oleh wali songo

    BalasHapus
  65. Nama : Dwi ismi Wahyuni
    Kelas: XII OTKP 1
    Menurut saya kisah ini menarik ketika Setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha sedikit demi sedikit berubah atau termasuki oleh nilai-nilai Islam.
    Saya sangat tertarik dengan cerita ini karena disini saya dapat mempelajari tentang penyebaran agama oleh wali songo

    BalasHapus
  66. Nama: friska ardana p
    Kelas:Xll AKL

    1.yang menarik dari kisah ini adalah berakhirnya dominasi hindu budha dalam budaya nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam dan cara penyampaian nya yg menggunakan macam macam media
    2.mempunyai alasan yg besar karna dgn penyebaran agama islam melalui berbagai jalur dgn kesabaran dan kegigih an nya

    BalasHapus
  67. Nama:nofan dwi pradana
    Kelas :Xll tkj 2
    1.menurut saya karena keimana para wali songo tidak sekedar pengakuantetapi keimana mereka menghasilkan ketakwaan

    2.saya kagum terhadap beliau yg mempunyai peran sangat besar dalam mendititmen dan penyebaran agama islam dengan berbagai jalur hingga pada akhirnya islam dapat berkembang

    BalasHapus
  68. Nama: OKTA EKA GITA PRATIWI
    Kelas: X11 Akl
    Absen: 16

    1. Menurut saya cerita diatas sangatlah menarik karena simbol cara penyebaran agama islam melalui politik, kebudayaan, kesenian,pendidikan,dan perkawinan. Dengan peran walisongo untuk penyebaran agama islam yg membuat masyarakat dapat menerima agama islam sebagai agama yg baik.

    2. Karena cara penyampaian yg dilakukan walisongo sangatlah bermacam-macam hingga dapat merubah pandangan masyarakat terhadap islam menjadi sangat kagum akan nilai nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  69. Nama:ACHMAT NUR TAUFIK
    kelas:XII TBSM II
    1.Menurut saya yang menarik adalah Sang Hyang Taya yang menjadi pujaan para penganut Kapitayan tersebut memiliki makna "hampa" atau "kosong". Orang Jawa mendefinisikan Sang Hyang Taya dalam satu kalimat, "Tan kena kinaya ngapa" (Tidak bisa diapa-apakan keberadaannya)
    2.Karena dari keberagam cara penyampaian itu membuat agama Islam mudah untuk diterima dan dipahami oleh orang

    BalasHapus
  70. Nama: Nurul Karimah
    Kelas:12 OTKP 1

    1. Menurut saya sangat menarik karena kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan islam, saluran-saluran islamisasi, bagaimana islman masuk ke tanah Jawa, keadaan masyarakat sebelum islam datang
    2. Karena bisa mengetahui bagaiman perkembangan Islam di pulau Jawa

    BalasHapus
  71. Nama: Nurul Karimah
    Kelas:12 OTKP 1

    1. Menurut saya sangat menarik karena kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan islam, saluran-saluran islamisasi, bagaimana islman masuk ke tanah Jawa, keadaan masyarakat sebelum islam datang
    2. Karena bisa mengetahui bagaiman perkembangan Islam di pulau Jawa

    BalasHapus
  72. 1.menurutku sangatlah menarik caranya begitu sempurna dan mudah diresapi oleh banyak orang.
    2.saya suka cara walisongo menyebar agama islam dijawa

    BalasHapus
  73. Nama:Achmad feriyanto
    Kelas:12 TBSM 1

    1.menurutku sangatlah menarik dan bijaksana.sempurna dan mudah diresapi banyak orang.
    2,saya suka cara walisongo menyebar agama islam.

    BalasHapus
  74. ERLINDA AGUSTIN PERMATASARI
    12 OTKP 3
    1.Masuknya Islam ke tanah Jawa yang jelas adanya dengan ditandai makam Fatimah binti Maimun, serta peran wali songo pendiri kerajaan Islam di Jawa
    2.karena mengisahkan peran historis mereka dalam penyebaran agama Islam di Indonesia wajib dan sangat dihormati

    BalasHapus
  75. Nama :Windy Meiyanti Suwarno
    Kelas :XII OTKP 2


    1.Yang menarik dari kisah Wali Songo adalah berakhirnya di era globalisasi kisah hindu dalam budaya nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam.
    2.Tertarik karena kagum dengan perjuangan para Wali Songo dalam menyebarkan agama .

    BalasHapus
  76. KARISMA NOVITA SARI
    12 OTKP 3

    1. Menurutku sangatlah menarik dan bisa di resapi atau di pelajari oleh banyak orang
    2. Karena bisa mengetahui perkembangan islam di pulau jawa ini

    BalasHapus
  77. Nama: UMMI SUMARDIANSYAH
    Kelas: 12 AKL

    1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

    BalasHapus
  78. ALFIRA WULAN F
    12 OTKP 1

    1. Dengan adanya peran wali songo dalam menyebarkan Islam di Jawa sangat luas , karena dakwah Walisongo masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

    2. Karena berkat penyebaran Islam oleh Walisongo , masyarakat di Jawa banyak yang mengikuti ajaran ajaran Islam dan Islam berkembang sampai sekarang.

    BalasHapus
  79. 1. Dengan adanya peran wali songo dalam menyebarkan Islam di Jawa sangat luas , karena dakwah Walisongo masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

    2. Karena berkat penyebaran Islam oleh Walisongo , masyarakat di Jawa banyak yang mengikuti ajaran ajaran Islam dan Islam berkembang sampai sekarang.

    BalasHapus
  80. Niko arya mp/XII tbsm 4
    1.cerita wali songo sangat menakrik cara berdakwanya karena dakwa wali songo masyarakat melihat dgn kagum atas penyebaran agama islam yang begitu besar manfaatnya bagi semua orang muslim.
    2.karena berkat penyebaran wali songo di pulau jawa banyak yang masuk islam.

    BalasHapus
  81. Niko arya mp/XII tbsm 4
    1.cerita wali songo sangat menakrik cara berdakwanya karena dakwa wali songo masyarakat melihat dgn kagum atas penyebaran agama islam yang begitu besar manfaatnya bagi semua orang muslim.
    2.karena berkat penyebaran wali songo di pulau jawa banyak yang masuk islam.

    BalasHapus
  82. 1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

    BalasHapus
  83. 1. Cerita nya sangat bagus untuk di pelajari karena bisa mengetauhi sejarah islam dan sejarah kebudayan dan cerita dakwa para wali sangat me motifasi untuk kita
    2. Karena cerita wali 9 ini bisa memotifasi kita dan ceritanya bermanfaat

    BalasHapus
  84. NAMA: SYALDIN KATRILAUVIE NASHIVA
    KELAS: 12AKUNTANSI
    1.Menurut saya kisah dari wali songo sangatlah menarik yang penyebar agama islamnya sangat luas dan peranan wali songo didalam pulau jawa juga sangatlah menarik.
    2.karena masyarakat suka dengan cara penyebaran agama islam yang menarik.

    BalasHapus
  85. ARYA RAKA SAPUTRA
    12 TKJ 2
    06
    1 Peranan Walisongo dalam penyebaran agama islam di tanah jawa membawa pengaruh besar dalam sejarah kerajaan-kerajaan terdahulu, mereka mampu merubah Nusantara yang sebelumnya didominasi oleh Hindu-Buddha kemudian digantikan dengan kebydayaan islam

    2 Karena mereka berdakwah dengan ramah dan dengan cara membawa maksud yang positif

    BalasHapus
  86. Nama :Nur Faizah
    Kelas:XII-OTKP-1
    NO.ABS:20


    1. Menurut pendapat dari saya ini sangat memotivasi diri daya sendiri karena banyak pelajaran yang bisa diambil dan mungkin menjadi contoh nantinya buat saya kedepan,dan hampir setiap dakwah yang dibawakan Walisongo mengamalkan nilai-nilai Islam yang begitu besar(tinggi) dan banyak manfaat yang mungkin bisa diteladani untuk masyarakat masing-masing.
    2.karena dari pelajaran yang diambil dari kisah Walisongo ini banyak sekali manfaat yang bisa dijadikan motivasi seperti bagaima para wali ini menyebarkan Islam melalui banyak cara sehingga banyak masyarakat juga yang merasa yakin untuk menganut agama Islam.

    BalasHapus
  87. Sabitha putri aristawati
    XII-AKL (28)

    1.Menurut saya kisah dari wali songo sangatlag menarik yang penyebar agama islamnya sangat luas dan peranan wali songo didalam pulau jawa sangatlah menarik krena membangun sebuah kerajaan kerajaan pada masa ituu.
    2. Karna ceritanya sangat menarik sangat baik di banggakan dengan cara pendidikan,kesenian dan sebagainya sehingga membuat para masyarakat tertarik dengan wali songo

    BalasHapus
  88. nama:moch.ardy.pradana
    Kelas:XII TBSM II
    NO ABS:14

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan .

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini.

    BalasHapus
  89. nama:moch.ardy.pradana
    Kelas:XII TBSM II
    NO ABS:14

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan .

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini.

    BalasHapus
  90. 1.Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu
    2.menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  91. 1.Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu
    2.menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  92. Nama:VIVI RAHMADANI
    Kelas:12 AKL
    No. Absen:30

    1. Menurut saya cara wali songo menyebar agama islam sangat menginspirasi bagi kehidupan ini karena mereka melakukan dakwah dengan cara mereka tersendiri seperti melalui perdagangan juga kesenian
    2. Menurut saya Karena mereka berdakwah tanpa memaksakan seseorang dan selalu mengajak seseorang dalam kebaikan

    BalasHapus
  93. Nama : Putri Fara Diba
    Kelas : 12 tkj 2

    1.penyebaran agama islam yang dilakukan oleh walisongo(9 wali)
    2.para wali berdakwah dengan metode yang berbeda beda dan menyebarkan agama islam dengan sabar

    BalasHapus
  94. Nama : safira sholikatin
    Kelas : 12 Akl
    Absen : 20
    1. Menurut pendapat saya peran wali songo sangat berpengaruh terhadap penyebaran agama islam di indonesia khusunya dipulau jawa sendiri,karena wali songo menyebarkan islam dengan menggunakan budaya indonesia contohnya wayang kulit maka dari itu masyarakat lebih senang dan lebih muda menerima dakwah yang disebarkan oleh para wali
    2.karena dari metode yang digunakan untuk berdakwah masyarakat lebih muda menerima dengan senang hati dan lebih menghargai budaya bangsa sendiri

    BalasHapus
  95. 1.Wali Songo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.

    Di Pulau Jawa, penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali). Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah. Para wali ini dekat dengan kalangan istana. Merekalah orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan.
    2.Karena dekat dengan kalangan istana, mereka kemudian diberi gelar sunan atau susuhunan (yang dijunjung tinggi). Kesembilan wali tersebut adalah sebagai berikut:
    a.Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim). Inilah wali yang pertama datang ke Jawa pada abad ke-13 dan menyiarkan Islam di sekitar Gresik. Dimakamkan di Gresik, Jawa Timur.
    b.Sunan Ampel (Raden Rahmat). Menyiarkan Islam di Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Beliau merupakan perancang pembangunan Masjid Demak.
    c.Sunan Drajad (Syarifudin). Anak dari Sunan Ampel. Menyiarkan agama di sekitar Surabaya. Seorang sunan yang sangat berjiwa sosial.
    d.Sunan Bonang (Makdum Ibrahim). Anak dari Sunan Ampel. Menyiarkan Islam di Tuban, Lasem, dan Rembang. Sunan yang sangat bijaksana.
    e.Sunan Kalijaga (Raden Mas Said/Jaka Said). Murid Sunan Bonang. Menyiarkan Islam di Jawa Tengah. Seorang pemimpin, pujangga, dan filosof. Menyiarkan agama dengan cara menyesuaikan dengan lingkungan setempat.
    f.Sunan Giri (Raden Paku). Menyiarkan Islam di Jawa dan luar Jawa, yaitu Madura, Bawean, Nusa Tenggara, dan Maluku. Menyiarkan agama dengan metode bermain.
    g.Sunan Kudus (Jafar Sodiq). Menyiarkan Islam di Kudus, Jawa Tengah. Seorang ahli seni bangunan. Hasilnya ialah Masjid dan Menara Kudus.
    h.Sunan Muria (Raden Umar Said). Menyiarkan Islam di lereng Gunung Muria, terletak antara Jepara dan Kudus, Jawa Tengah. Sangat dekat dengan rakyat jelata.
    i.Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah). Menyiarkan Islam di Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Seorang pemimpin berjiwa besar.

    BalasHapus
  96. Nur Aisyah
    XII AKL (15)

    1.kisah diatas menceritakan bagaimana wali songo menyebarkan islam dengan berbagai cara tanpa melalui kekerasan sehingga agama islam tersebut bisa diterima oleh masyarakat dengan mudah
    2.karena menurut saya penyebaran islam yang dilakukan oleh wali songo sangatlah menarik sehingga dapat diterima dan berkembang sampai sekarang

    BalasHapus
  97. Nama : Vina Safarina H
    XII OTKP 1 / 28
    1.Wali Songo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.

    Di Pulau Jawa, penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali). Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah. Para wali ini dekat dengan kalangan istana. Merekalah orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta. Mereka juga adalah penasihat sultan.
    2.Karena dekat dengan kalangan istana, mereka kemudian diberi gelar sunan atau susuhunan (yang dijunjung tinggi).

    BalasHapus
  98. 1.cerita wali songo ini sangat menarik karena cara pendakwahannya
    Dengan cara perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian, dan Politik sehingga banyak membuat masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini.

    BalasHapus
  99. Nama: Putri R Nataliasari(18)
    XII Akl

    1. Menurut saya ini sangat memotivasi diri daya sendiri karena banyak pelajaran yang bisa diambil dan mungkin menjadi contoh nantinya buat saya kedepan,dan hampir setiap dakwah yang dibawakan Walisongo mengamalkan nilai-nilai Islam yang begitu besar(tinggi) dan banyak manfaat yang mungkin bisa diteladani untuk masyarakat masing-masing.
    2.karena dari pelajaran yang diambil dari kisah Walisongo ini banyak sekali manfaat yang bisa dijadikan motivasi seperti bagaima para wali ini menyebarkan Islam melalui banyak cara sehingga banyak masyarakat juga yang merasa yakin untuk menganut agama Islam.

    BalasHapus
  100. Nama:ADETYA FAJAR RAMADHAN
    Kelas:XII TBSM II
    NO.ABSN:03

    1. Cerita nya sangat bagus untuk di pelajari karena bisa mengetauhi sejarah islam dan sejarah kebudayan dan cerita dakwa para wali sangat me motifasi untuk kita

    2.para wali berdakwah dengan metode yang berbeda beda dan menyebarkan agama islam dengan sabar

    BalasHapus
  101. Nama: Kartika sandra kirana
    Kelas: 12 Akl
    No: 33

    No 1.Wali Songo adalah tokoh Islam yang dihormati di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, karena peran historis mereka dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, menurut saya kisah wali songo adalah kisah yang menarik karena banyak cara yang di gunakan wali songo untuk menyebarkan agama islam dan setiap wali mempunyai cara sendiri menyebarkan agama Islam, contoh nya dengan pendidikan, kebudayaan, politik, perkawinan,tasawuf,perdagangan dan kesenian.

    No 2.karena dari pelajaran yang diambil dari kisah Walisongo ini banyak sekali manfaat yang bisa dijadikan motivasi seperti bagaima para wali ini menyebarkan Islam melalui banyak cara sehingga banyak masyarakat juga yang merasa yakin untuk menganut agama Islam.

    BalasHapus
  102. 1. Menurut perkembangan islam di era wali songo adalah memiliki 6 saluran yaitu:perdagangan, perkawinan, tasawuf, pendidikan, kesenian dan politik.

    2. Saya sanggat senang sekali bisa mempelajari dan memperdalam ilum saya tentang wali songo ini dan ceritanya sanggat menarik sekali

    BalasHapus
  103. Nama: Kartika sandra kirana
    Kelas: 12 Akl
    No: 33

    No 1.Wali Songo adalah tokoh Islam yang dihormati di Indonesia, khususnya di pulau Jawa,karena peran historis mereka dalam penyebaran agama Islam di Indonesia,menurut saya kisah wali songo adalah kisah yang menarik karena banyak cara yang di gunakan wali songo untuk menyebarkan agama islam dan setiap wali mempunyai cara sendiri menyebarkan agama Islam,contoh nya dengan pendidikan,kebudayaan,politik,perkawinan,tasawuf,perdagangan dan kesenian.

    No 2.karena dari pelajaran yang diambil dari kisah Walisongo ini banyak sekali manfaat yang bisa dijadikan motivasi seperti bagaima para wali ini menyebarkan Islam melalui banyak cara sehingga banyak masyarakat juga yang merasa yakin untuk menganut agama Islam.

    BalasHapus
  104. Nama : imelda cahyani mardianti
    Kelas : XII OTKP 1
    No. : 13

    1. Karena membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena Dari sini derajat orang-orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan.

    BalasHapus
  105. Cerita walisongo sangat menarik, karena ajaran yg diberikan tidak ada pemaksaan sama sekali

    BalasHapus
  106. Nama : imelda cahyani mardianti
    Kelas : XII OTKP 1
    No. : 13

    1. Karena membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena Dari sini derajat orang-orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan.

    BalasHapus
  107. Dya restu ayu setia nigrum 12 apk 1
    1.menurut perkembagan islam diera wali songo memiliki saluran saluran isalamisasi ada 6 yaitu:perdagagan,perkawinan,tasawuf,pendidikan,kesenian,dan politik
    Wali songo adalah:tokoh islam yang dihormati diindonesia,khususnya dipulau jawa,karena peran historis mereka dalam penyebaran islam dindonesia
    2 saya sangat senang sekali mempelajari dan memperdalam tentang perkembagan islam diera wali songo

    BalasHapus
  108. Nama : imelda cahyani mardianti
    Kelas : XII OTKP 1
    No. : 13

    1. Karena membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena Dari sini derajat orang-orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan.

    BalasHapus
  109. .karena ceritanya sangat bagus dan kita bisa mepelajari sejara para wali dan kebudayaan para wali 9 dan kita bisa tau perjuangan dakwa para wali di indonesia
    2.karena kita bisa mengetahui sejara nya para wali

    BalasHapus
  110. Nama:bayu dwi putra
    Kelas:Xll tbsm ll
    No. : 05
    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  111. Nama: Rizki Andi Saputra
    Kelas: XI.TBSM.1
    NO: 26

    Yang menarik dari cerita ski kali ini adalah , dua seseorang yang menciptakan karya karya yang bagus ,seperti karya dan pemikiran al kindi dan al farabi yang menciptakan berbagai karya , al kindj menciptakan karya di bidang musik dan karya di bidang kedokteran dan Al kindi adalah seorang ilmuwan yang memiliki pengetahuan luar biasa yang dicap sebagai polimatik ,sedangkan jika al farabi pernah mendapatkan
    Predikat guru kedua karena ia orang pertama yang memasukkan ilmu logika kedalam kebudayaan arab , al farabi juga menciptakan
    Karya karya yang sangat banyak misalnya
    1.At Ta’liqat;
    2Risalah fima Yajibu Ma’rifat Qabla Ta’allumi al-Falsafah
    3. Kitab Tahshil As-Sa’adah


    BalasHapus
  112. Nama: Rizki Andi Saputra
    Kelas: XI.TBSM.1
    NO: 26

    Yang menarik dari cerita ski kali ini adalah , dua seseorang yang menciptakan karya karya yang bagus ,seperti karya dan pemikiran al kindi dan al farabi yang menciptakan berbagai karya , al kindj menciptakan karya di bidang musik dan karya di bidang kedokteran dan Al kindi adalah seorang ilmuwan yang memiliki pengetahuan luar biasa yang dicap sebagai polimatik ,sedangkan jika al farabi pernah mendapatkan
    Predikat guru kedua karena ia orang pertama yang memasukkan ilmu logika kedalam kebudayaan arab , al farabi juga menciptakan
    Karya karya yang sangat banyak misalnya
    1.At Ta’liqat;
    2Risalah fima Yajibu Ma’rifat Qabla Ta’allumi al-Falsafah
    3. Kitab Tahshil As-Sa’adah


    BalasHapus
  113. Nama : Tri Astuti
    Kelas : XII Otkp2
    No absen : 26

    1. Karena membuat masyarakat kagum atas nilai nilai manusia yang begitu besar, sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.
    2. Karena dari derajat orang-orang miskin mulai terangkat.

    BalasHapus
  114. Nama : Rosa Adelia
    Kelas : XII AKL
    No : 34

    1. Hal yang menarik dari kisah Walisongo ini adalah dalam menyebarkan agama Islam dengan berbagai cara seperti kebudayaan, kesenian, dan pendidikan.Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

    2.saya sangat menyukai dengan cara cara Walisongo untuk menyebarkan agama Islam

    BalasHapus
  115. Nama : Rosa Adelia
    Kelas : XII AKL
    No : 34

    1. Hal yang menarik dari kisah Walisongo ini adalah dalam menyebarkan agama Islam dengan berbagai cara seperti kebudayaan, kesenian, dan pendidikan.Hal ini membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai Islam yang begitu besar manfa’atnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran Islam.

    2.saya sangat menyukai dengan cara cara Walisongo untuk menyebarkan agama Islam

    BalasHapus
  116. Nama :Rafly Firman Abi Wardhana
    Kelas:XII TKJ 2
    No Absen:28

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo ini adalah dalam menyebarkan agama islam dengan cara menggunakan kebudayaan indonesia

    2. Karena adanya beliau para wali songo agama islam di indonesia semakin pesat

    BalasHapus
  117. 1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  118. 1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  119. Nama: Nadiya Rahayu Noviana
    Kelas :12Akl /14

    1. Menurut saya, hal yang menarik pada perjalanan wali songo adalah saat menyebarkan agama Islam dengan berbagai cara penyampaian dan juga tanpanya ada kekerasan.
    2. Karena wali songo mempunyai cara yang membuat masyarakat tertarik untuk masuk dalam agama Islam

    BalasHapus
  120. NAMA : MOHAMMAD CAHYA ADI SAPUTRA
    KELAS : XII TKJ 1
    ABSEN : 13

    1. Kisah wali songo adalah kisah yang menarik karena banyak cara yang di gunakan wali songo untuk menyebarkan agama islam dan setiap wali mempunyai cara sendiri menyebarkan agama Islam

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  121. Nama:Firda wahyu noviani fandi
    Kelas:12 OTKP 3
    NO :09
    Hal yang menarik adalah perubahan masyarakat Jawa, dari agama yang sebelumnya mayoritas Hindu, Budha, Kapitayan, dan lainnya, menjadi Muslim. Itu hanya berlangsung sekitar 50 tahunan.
    2.dakwah Wali Songo paling sukses dan berhasil lantaran mampu mengislamkan masyarakat Jawa.

    BalasHapus
  122. Nama:Muhammad Dovi Valiantsah Prasetyo

    Kls :XII tbsm II
    Absen:17

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  123. Nama:Firda wahyu noviani fandi
    Kelas:12 OTKP 3
    NO :09
    1.Hal yang menarik adalah perubahan masyarakat Jawa, dari agama yang sebelumnya mayoritas Hindu, Budha, Kapitayan, dan lainnya, menjadi Muslim. Itu hanya berlangsung sekitar 50 tahunan.
    2.Menurut saya dakwah Wali Songo paling sukses dan berhasil lantaran mampu mengislamkan masyarakat Jawa.

    BalasHapus
  124. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama. :Nindy Sukmawati
      Kelas :12 OTKP 2
      Absen : 15
      1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

      2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

      Hapus
  125. 1.Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu dan wali songgo sangat di sayangai manusia islam
    2.menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  126. Nama siti nur aisyah (22)
    Kelas Xll otkp 2
    1.Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu dan wali songgo sangat di sayangai manusia islam
    2.menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  127. Nama siti nur aisyah (22)
    Kls 12 otkp 2
    1.Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu dan wali songgo sangat di sayangai manusia islam
    2.menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  128. Nama:SHALMA NUR ERCHA
    Kelas:XII OTKP 2
    NO abs: 19

    1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

    BalasHapus
  129. 1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

    BalasHapus
  130. NAMA : GANDI NAFILA
    KELAS : XII OTKP 2


    1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

    BalasHapus
  131. 1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  132. Nama : M. Habib Al Hanif
    Kelas : XII TKJ 1

    1. Menurut saya yang menarik dari cerita walisongo adalah cara beliau menyampaikan dakwah kepada masyarakat.
    2. Alasannya adalah karena mereka dapat membaca situasi dan kondisi. Sehingga mereka bisa menerima agama dengan cara yang damai tanpa kekerasan. Dengan begitu islam bisa menyebar luas seperti sekarang.

    BalasHapus
  133. Nama:siti anggreni m
    Kelas:Xll OTKP 1
    Absen:24

    1. Kisah wali songo adalah kisah yang menarik karena banyak cara yang di gunakan wali songo untuk menyebarkan agama islam dan setiap wali mempunyai cara sendiri menyebarkan agama Islam

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  134. Nama : GANDI NAFILA
    Kelas : XII OTKP 2



    1.Cerita wali songo sangat menarik karena dgn cara berdakwahnya, tasawuf, perdagangan dan cara penyebaran agama islam di pulau jawa itulah yang membuat orang/masyarakat tertarik.

    2.Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya tsb membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme (kepercayaan pd hal" gaib).

    BalasHapus
  135. Nama : M. Habib Al Hanif
    Kelas : XII TKJ 1

    1. Menurut saya yang menarik dari cerita walisongo adalah cara beliau menyampaikan dakwah kepada masyarakat.
    2. Alasannya adalah karena mereka dapat membaca situasi dan kondisi. Sehingga mereka bisa menerima agama dengan cara yang damai tanpa kekerasan. Dengan begitu islam bisa menyebar luas seperti sekarang.

    BalasHapus
  136. Nama:Windy Agustin
    Kelas:XII-AKL
    No. Absen:31

    1. Hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dalam menyebarkan agama islam itu dengan menggunakan berbagai cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan

    2. Menurut saya dengan keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini

    BalasHapus
  137. NAMA : SHANIA SYAFIRDA SUTOYO
    KELAS: 12 - AKL

    1. hal yang menarik dari kisah walisogo adalah bagaimana ia menyebarkan agama islam dengan berbagai cara contohnya seperti kebudayaan, kesenian, dan pendidikan.

    2. menurut saya dengan keberadaan para wali yang menyebarluaskan agama islam dengan cara kebudayaan, kesenian, dan pendidikan banyak orang yang menyukai hal iku makanya perkembangan islam saat itu sangat pesat.

    BalasHapus
  138. 1. Para wali yang menyebarkan agama Islam dengan banyak cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan.
    2. Karena para wali yang menyebarkan agama Islam dengan cara itu melakukannya dengan kesabaran dan juga kegigihan.


    BalasHapus
  139. 1. Para wali yang menyebarkan agama Islam dengan banyak cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan.
    2. Karena para wali yang menyebarkan agama Islam dengan cara itu melakukannya dengan kesabaran dan juga kegigihan.


    BalasHapus
  140. 1. Para wali yang menyebarkan agama Islam dengan banyak cara yaitu dengan kebudayaan, kesenian dan pendidikan.
    2. Karena para wali yang menyebarkan agama Islam dengan cara itu melakukannya dengan kesabaran dan juga kegigihan.


    BalasHapus
  141. Nama: iren lailatul fitriyah
    Kls : XII otkp 2
    No abs : 08


    1.menurut saya hal yg menarik dari kisah wali songo adalah cara mereka menyebarkan agama islam dengan berbagai cara

    2.Menurut saya semenjak ada nya wali agama islam menjadi sangat berkembang sampai saat ini.

    BalasHapus
  142. Fretty julia p (XII OTKP 2) NO ABSEN: 06
    1.cerita wali songo ini sangat menarik karena cara dakwahanya dengan cara perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian, dan Politik sehingga banyak membuat masyarakat tertarik. Dan Mereka menyebarkan Islam tanpa kekerasan, dan membuat Islam dapat mudah diterima oleh masyarakat.

    2.menurut saya dengan adanya cara pendakwahan melalui seni membuat banyak warga tertarik untuk mempelajari islam dan dapat mengurangi kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha. Dan kini islam dapat berkembang pesat hingga sekarang dengan adanya penyebaran islam oleh walisongo

    BalasHapus
  143. Nama: Marta Anggraini (12) ,, XII-Otkp 2

    1. Menurut saya hal yang menarik dari kisah wali songo adalah adanya islam masuk ketanah jawa karna ditemunya makam-makam para wali dijawa terutama gresik.
    2. Alasan ... saya kagum dengan perjuangan beliau telah menyebarkan tentang agama islam dijawa.

    BalasHapus
  144. PUTRI APRILIA NUR SABILA 12 tkj 2

    1. Menurut saya hal yang menarik dari wali songo adalah cara penyebarannyaa
    2. Menurut saya masyarakat tertarik karena para wali menyebarkan dakwah islam dengan baik dan melalui pendakwaannya membuat warga ingin mempelajari budaya islam dan mengurangi kepercayaan animisme

    BalasHapus
  145. Nama:Shinta umania(Xll OTKP3)
    No absen:24
    1. Menurut cerita dari wali songo selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya hindu dan budha yang berasal dari india walaupun tidak banyak.
    2. Karna orang jawa harus punya rasa kepercayaan.

    BalasHapus
  146. FAJAR PEBRIANTO 12 OTKP 3
    1. Hal hal yang menarik dalam cerita wali songo tersebut adalah dalam penyebaran nya tidak menggunakan kekerasan melainkan menggunakan ketenangan masyarakat sekitar
    2. Menyebarkan agama Islam tidak melalui jalan kekerasan tetapi juga menggunakan seni masyarakat setempat diubah dengan ada nuansa Islam nya

    BalasHapus
  147. Nama : Tata Wulan Agustina
    Kelas : XII OTKP 2
    No.absen : 24

    1. menurut saya hal yang tertarik adalah di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.
    2.karena wali songo mendirikan kerajaan islam dijawa dengan baik.

    BalasHapus
  148. Nama : M.alfian nurhidayat
    Kelas: XII TKJ 1
    No.ab:07
    1. Giat bekerja seperti yang dicontohkan oleh Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim). Sunan Gresik mengajarkan keterampilan bercocok tanam.
    2. Mengajarkan sikap bijak seperti yang dicontohkan oleh Sunan Bonan (Makhdum Ibrahim) dalam menyebarkan agama Islam melalui kesenian rakyat.
    3. Mengajarkan musyawarah dalam mencapai keputusan seperti yang diajarkan oleh Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah).

    2. Sangat baik dicontoh dalam kehiduoan karna hal yang positif untuk kehidupan sehari hri

    BalasHapus
  149. Viona ayu citra {12 tkj 1}
    1. Yang saya sukai dengan kisah wali songo yaitu menyebarkan agama dengan ketulusan hati dan cara menyebarkan agama islam juga bermacam2 carannya seperti wayang kulit, seni gamelan dan tembang, perayaan adat yang dirayakan lebih islami, pendidikan, dll.
    2. Menurut saya keberadaan para wali dalam menyebarkan islam dengan berbagai cara membuat islam berkembang pesat sampai saat ini.

    BalasHapus
  150. Nama :Nova angraini
    Kelas :XII otkp 2
    Absen : 16

    1. Menurut pendapat saya yang menarik dari cerita walisongo adalah cara beliau menyampaikan dakwah kepada masyarakat dengan cara perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian, dan Politik sehingga banyak membuat masyarakat tertarik. Dan Mereka menyebarkan Islam tanpa kekerasan, yang membuat Islam dapat mudah diterima oleh masyarakat.

    2. Alasannya adalah karena mereka dapat mengetahui situasi dan kondisi. Sehingga mereka bisa menerima agama islam dengan cara yang damai tanpa kekerasan apapun. Dengan begitu wali songo menyebarkan islam secara luas seperti saat ini

    BalasHapus
  151. Nama :Windy Meiyanti Suwarno
    Kelas :XII OTKP 2


    1.Menarik kisah Wali Songo adalah berakhirnya dominasi hindu budha dalam budaya nusantara digantikan dengan budaya islam.
    2.Tertarik karena saya kagum dengan perjuangan para wali Songo dalam penyebaran Islam.

    BalasHapus
  152. Nama. : IRFAN FERNANDA
    Kls : XII TKJ 2
    No.absen : 18


    1.Hal yg menarik dari kisah wali songo adalah cara menyampaikan dakwanya yang berupa kesenian dan budaya yang gampang diterima oleh masyarakat.

    2.Menurut saya semenjak ada nya wali songo perkembangan islam di indonesia menjadi sangat pesat.

    BalasHapus
  153. Siska ariyanti XII OTKP 2
    1. Siska ariyanti XII OTKP 2
    1. Karena para wali bisa membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai islam yang begitu besar manfaatnya, sehingga mereka bisa menerima ajaran islam, Dan dari sini derajat orang-orang miskin mulai terangkat yang pada awalnya tertindas oleh para penguasa kerajaan.
    2.Saya kagum dengan perjuangan wali songo yang menyebarkan agama islam ke seluruh pulau jawa dan bisa membuat kagum masyarakat dengan dakwahnya

    BalasHapus
  154. Nama : WILDAN RIZKY BAHARI
    KELAS : XII TKJ 1
    NO ABSEN : 32

    1.Menurut saya hal yang manarik dari cerita wali songo adalah mampu menyebarkan agama islam terutama di pulau jawa

    2.karena wali songo mampu menyebarkan agama islam di pulau jawa

    BalasHapus
  155. Nama: syafiyana
    Kelas: 12 akl
    Absen: 25

    1.perjuangannya dalam rangka meninggikan nama Allah SWT dan mampy menyebarkan agama islam dipulau jawa

    2.sangat baik dicontoh dalam kehidupan dan mampu memyebarkan agama islam dg baik

    BalasHapus
  156. Nama:fina arbiyana
    Kelas:XII otkp 3
    No absen: 08


    1.Dengan adanya peran wali Songo maka masyarakat bisa mengenal dan mempelajari islam dan dengan caranya orang Jawa bisa menerima islam sebagai agama yang benar .

    2.menurut saya , wali Songo yang sudah menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, dan masyarakat tentunya mengikuti ajaran agama islam dan menyebarkan ajaran-ajaran sebagai cara hingga berkembang sampai sekarang.

    BalasHapus
  157. Nama : firda nur f
    Klas : 12 otkp 1
    Absn : 10

    1. Wali Sɔngɔ adalah tokoh Islam yang dihormati di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, karena peran historis mereka dalam penyebaran agama Islam di Indonesia sangat luas

    2. jadi kita harus menghormati dan sangat baik bagi masyarakat untuk berdakwah

    BalasHapus
  158. Nama : Sindi April liyah Ninis
    Kelas : XII OTKP 2
    Absen : 20



    1. Yang menarik tentang penyebaran agama islam yaitu para nabi dan rasul menyebarkan melalui perdagangan dan pendidikan. Khususnya di Jawa, penyebaran agama melalui perdagangan. Jadi dalam penyebarannya di mulai dari perdagangan, pendidikan yang dilakukan dengan sangat sabar dan penuh kenyamanan. Itulah yang membuat agama islam berkembang pesat di tanah jawa, karena ajarannya yang sangat baik (alhusunnah wal jamaah).

    2. Alasannya yaitu karena penyebaran agama dilakukan dengan cara yang sangat jujur, sabar, dan transparan. Jadi kesabaran rasulullah lah yang membuat hati para kaum terketuk untuk menganut agama Islam.

    BalasHapus
  159. Tiara Aisyah putri XII Otkp 2
    1.Selain menganut kepercayaan tersebut masyarakat Jawa juga sudah ada yang terpengaruh oleh unsur-unsur budaya Hindu dan Budha yang berasal dari India walaupun tidak banyak.
    2. krna orang jawa harus punya rasa kepercayaan

    BalasHapus
  160. Nama: ATTAYUDHA
    Kelas & no absen: 04

    1. Kisah wali songo sangatlah menarik dan membuat saya bangga sebagai umat muslim, mereka menyebarkan Islam diberbagai daerah di Pulau Jawa. cara atau pendekatan ke masyarakat yang dipakaipun berbeda beda, Peran Ulama dan para wali sangat penting dalam proses penyebaran Islam terutama di lingkungan pedalaman yang masih menganut kepercayaan lama sehingga dapat memeluk agama Islam. Mereka menggunakan kebudayaan dan kesenian untuk berdakwah, seperti wayang, lagi macapat. Bahkan sampai sekarang masih tetap eksis dipakai masyarakat. Karna itulah saya sangat bangga dan sangat tertarik dengan perjuangan para Wali Songo
    2. Karena dalam kisah Wali Songo mengajarkan kita agar lebih kita lebih bersyukur, selalu bersabar, pantang menyerah, harus selalu taat pada yg maha kuasa dan masih banyak lagi yang dapat kita petik dari kisah wali songo.

    BalasHapus
  161. 1. hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dari bentuk keteladanan yang diajarkan dengan kebaikan dalam menyebarkan Islam dan berdakwa menjadi bentuk perubahan beberapa rakyat Indonesia khususnya dipulau jawa.
    2. Karena selalu mengajarkan semangat kepada rakyat dan selalu memberikan keteladanan terhadap sikap sikap yang terpuji dalam berdakwa.

    BalasHapus
  162. Nama:fatikhotun ningsih
    Kelas/No.absen:Xll OTKP2/4
    1.Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.
    Penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali)
    2.karena ceritanya menarik

    BalasHapus
  163. Nama:putri agustin
    Kelas:XII otkp 2
    No absen:18

    1. hal yang menarik dari kisah wali songo adalah dari bentuk keteladanan yang diajarkan dengan kebaikan dalam menyebarkan Islam dan berdakwa menjadi bentuk perubahan beberapa rakyat Indonesia khususnya dipulau jawa.
    2. Karena selalu mengajarkan semangat kepada rakyat dan selalu memberikan keteladanan terhadap sikap sikap yang terpuji dalam berdakwa.

    BalasHapus
  164. 1.cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu ceritanya dikisahkan secara urut dari sebelum masuk islam, awal masuknya islam dan islam setelah ditinggal walisongo
    2.karena dengan cara itu bisa membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai islam yang begitu besar manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran islam menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis.

    BalasHapus
  165. Nama :M.hafizh Arrafi
    Kelas:12 TBSM 4
    Absen:21

    1.hal yang menarik adalah karena wali songo menggunakan metode kebudayaan dan kesenian untuk menyebar luaskan agama Islam khususnya di pulau Jawa dengan penuh semangat dan kepercayaan mereka berhasil menyebarkan agama Islam.

    2.karena wali songo mengajarkan kita untuk selalu semangat dalam menjalankan agama Islam atau ibadah shalat.

    BalasHapus
  166. 1. Kisah yang menarik dari wali songo ialah penyebaran agama dengan cara dakwahanya dengan perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian, dan Politik sehingga banyak membuat masyarakat tertarik.
    2. KarenaAlasannya adalah mereka bisa menerima agama islam dengan cara yang damai tanpa kekerasan apapun. Dengan begitu wali songo menyebarkan islam secara luas seperti saat ini

    BalasHapus
  167. Nama:nanda afifah istnaini
    Kelas:12 otkp 3

    Cerita wali songo ini berhasil menyebarkan agama islam melalui dakwah seperti mendatangi masyarakat satu persatu ceritanya dikisahkan secara urut dari sebelum masuk islam, awal masuknya islam dan islam setelah ditinggal walisongo
    2.karena dengan cara itu bisa membuat masyarakat kagum atas nilai-nilai islam yang begitu besar manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat mereka langsung bisa menerima ajaran islam menurut saya para wali sangat baik menyebarkan dakwah nya ke masyarakat tentunya dengan rasa sabar dan optimis

    BalasHapus
  168. Nama:Hariz muhammad tri yuliananda
    Kelas:XII TKJ 1
    No.absen:05

    1.Wali Songo memiliki peran utama dan signifikan dalam sejarah perkembangan Islam di Nusantara atau Indonesia khususnya di jawa
    2.Karena perubahan masyarakat Jawa, dari agama yang sebelumnya mayoritas Hindu, Budha, Kapitayan, dan lainnya, menjadi Muslim

    BalasHapus
  169. Muhammad ghofur affendi, 12 tbsm 4,absen ( 19 ).

    1. Karena cara penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para Wali tersebut ialah dengan cara mendakwah. Penyebaran Islam melalui dakwah ini berjalan dengan cara para ulama mendatangi masyarakat (sebagai objek dakwah), dengan menggunakan pendekatan sosial budaya. Pola ini memakai bentuk akulturasi

    2. Karena mereka melakukan penyebaran agama islam dengan cara yang sederhana dan tidak memaksa siapa pun yang ingin masuk agama islam.

    BalasHapus
  170. Nama: PERMADI
    Kelas: XII TKJ 1
    Nomer/Absen:20

    1. karena bisa mengetauhi sejarah islam dan sejarah kebudayan dan cerita dakwa para wali sangat me motifasi kita untuk dekat kepada Allah SWT

    2.para wali berdakwah dengan metode yang berbeda beda dan menyebarkan agama islam dengan sabar

    BalasHapus
  171. Bisma Eka Prastiawan
    XII Tkj 2

    1) Menurut saya kisah wali songo ini sangat menarik karena melakukan penyebaran islam dengan menggunakan pendekatan sosial budaya seperti tradisi wayang kulit dan mudah diterima oleh masyarakat

    2) Karena setelah para Wali menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha sedikit demi sedikit berubah atau termasuki oleh nilai-nilai Islam dan meyebar luas hingga ke pelosok desa setelah para Wali berhasil mendidik murid-muridnya

    BalasHapus
  172. Nama : Aliyuddin
    Kelas : XII TKJ 2
    Absen : 03

    1.Cerita Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.
    2.Karena penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo (9 wali). Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah. Para wali ini dekat dengan kalangan istana. Merekalah orang yang memberikan pengesahan atas sah tidaknya seseorang naik tahta.

    BalasHapus
  173. Walisongo adalah sebuah majelis dakwah yang pertama kali didirikan oleh Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim ) pada tahun 1404 Masehi (808 Hijriah).
    dengan adanya peran wali songo maka masyarakat di jawa bisa mengenal dan mempelajari islam dan dengan caranya orang jawa bisa menerima islam sebagai agama yang benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: tria ayu rinatul k
      Kelas:12 otkp 1
      Abs :27

      Hapus
  174. *Di Jawa, Islam masuk melalui pesisir utara Pulau Jawa ditandai dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah yang wafat pada tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.
    a. Dilihat dari namanya, diperkirakan Fatimah adalah keturunan Hibatullah, salah satu dinasti di Persia.
    b. Di Gresik juga ditemukan makam Maulana Malik Ibrahim dari Kasyan (satu tempat di Persia) yang meninggal pada tahun 822 H atau 1419 M.
    c. Di Mojokerto juga ditemukan ratusan kubur Islam kuno. Makam tertua berangka tahun 1374 M. Diperkirakan makam-makam ini ialah makam keluarga istana Majapahit.
    Walisongo adalah sebuah majelis dakwah yang pertama kali didirikan oleh Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim ) pada tahun 1404 Masehi (808 Hijriah).
    dengan adanya peran wali songo maka masyarakat di jawa bisa mengenal dan mempelajari islam dan dengan caranya orang jawa bisa menerima islam sebagai agama yang benar

    *karena Walisongo menyebarkan agama Islam di pulau Jawa tanpa memandang kasta atau kekayaan melainkan dengan keiklasaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jawa, Islam masuk melalui pesisir utara Pulau Jawa ditandai dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah yang wafat pada tahun 475 Hijriah atau 1082 Masehi di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.
      a. Dilihat dari namanya, diperkirakan Fatimah adalah keturunan Hibatullah, salah satu dinasti di Persia.
      b. Di Gresik juga ditemukan makam Maulana Malik Ibrahim dari Kasyan (satu tempat di Persia) yang meninggal pada tahun 822 H atau 1419 M.
      c. Di Mojokerto juga ditemukan ratusan kubur Islam kuno. Makam tertua berangka tahun 1374 M. Diperkirakan makam-makam ini ialah makam keluarga istana Majapahit


      Nama: Andika Prakasa
      Absen;30
      Kls:12 tsm 1

      Hapus
  175. 1. Karena menurut saya kisah ini sangat menarik wali songo berhasil menyebarkan agama Islam di indonesia khususnya di jawa sangat besar mendirikan kerajaan Islam

    2. Saya suka dengan cerita wali songo perjuangan nya sangat besar demi membangun kerjaan islam di jawa

    BalasHapus
  176. 1. Karena menurut saya kisah ini sangat menarik wali songo berhasil menyebarkan agama Islam di indonesia khususnya di jawa sangat besar mendirikan kerajaan Islam

    2. Saya suka dengan cerita wali songo perjuangan nya sangat besar demi membangun kerjaan islam di jawa

    BalasHapus
  177. Nama:Dinda ayu larasati putri anton
    Kelas:XII AKL
    No absen:07


    1.cerita wali songo ini sangat menarik karena cara pendakwahannya
    Dengan cara perdagangan,perkawinan,Tasawuf,Pendidikan,Kesenian, dan Politik sehingga banyak membuat masyarakat tertarik kemudian menganut ajaran agama islam.

    2.menurut saya dengan adanya cara pendakwahan melalui seni membuat banyak warga tertarik untuk mempelajari islam dan dapat mengurangi kepercayaan animisme dan dinamisme serta budaya Hindu-Budha

    BalasHapus