Rabu, 10 Januari 2018

AKIBAT RUHANI YANG KELAPARAN

Sesungguhnya manusia itu berasal dari dua hal, yaitu Hasil gambar untuk gambar anak mondok
jasmani dan rohani. Jasmani berasal dari tanah maka makanannya berupa sesuatu yang berasal dari tanah. Oleh karenanya tidak ada satupun makanan manusia yang tidak berasal dari tanah.

Coba sebutkan apa makanan yang tidak berasal dari unsur tanah? semuanya bersumber dari tanah Demikian juga manusia, jasadiyah manusia berasal dari tanah dan dia akan kembali kepada tanah.

Bagaimana akibatnya jika jasad atau jasmani yang tidak diberikan makan? maka menurut pengamatan penulis,maka dia akan mengalami tiga dampak yang merugikan yakni : 
1 Kurus
2 Sakit 
3.Mati.

Yang kedua diri kita terdiri dari rohani, Rohani itu berasal dari Tuhan ( Allah.swt ) kalau orang Islam menyebutnya.
Sebagaimana jasad, maka ruhani juga memerlukan makan, karena ruhani berasal dari Tuhan,maka  makanannya juga berasal dari Tuhan.Dan ketika dia mati maka dia akan kembali kepada Tuhan 

Apa makanan rohani? makanan rohani berupa ilmu bisa jadi wisata karena berkaitan dengan psikologi , dzikir,dll. makanan makanan ini akan menjadi energi yang memotivasi manusia untuk mengenal dan dekat dengan Tuhannya.

Jika rohani kita tidak kita berikan makan, maka dia akan mengalami tiga hal juga. Sebagaimana yang di alami jasmani kita. Apa 3 hal  itu?
1 Kurus
2 Sakit 
3.Mati.
Maka Lihatlah anak-anak muda yang mereka suka misuh,  mereka yang suka berkata kotor pergaulan tanpa nilai kebenaran, atau sesungguhnya mereka adalah rohaninya sedang kurus maka dia mudah untuk digoda oleh setan. Rohaninya mungkin sedang sakit sehingga mereka tidak tahu lagi mana yang benar dan mana yang salah.
ada orang yang sudah tidak lagi iba terhadap tetangganya yang kesusahan, maka bisa jadi rohaninya sedang kurus atau mungkin sakit.

Ada anak sekolah yang diberi nasehat  gurunya mereka tidak peduli, diberitahu oleh orang tuanya mereka membantah, diberikan pengarahan oleh orang yang alim,mereka pun tidak pernah mengerti, Maka bisa jadi itu adalah akibat dari rohani yang tidak diberikan makan sehingga rohaninya menjadi sakit, rohaninya kurus,  rohaninya sakit.atau Rohaninya mati.

Maka Ruhani yang sakit atau mati akan membawa dampak buruk terhadap yang memiliki rohani tersebut.

Terus bagaimana sebaiknya? Islam memberikan solusi :"sesungguhnya manusia datang ke dunia ini tidak atau bukan merupakan cek kosong tetapi mereka memiliki tiga hal 

1 adalah tugas hidup yang merupakan tugas untuk beribadah kepada Tuhannya sebagaimana yang disampaikan di dalam al-quran surat az-zariyat ayat 56:" wama kholaqtul jinna Wal Insa illa liya'budun 

Aku tidak akan menciptakan jin dan manusia kecuali beribadah kepadaku 

Itulah Sisi manusia yang memiliki tugas hidup ke dunia mereka harus beribadah baik ibadah yang umum maupun ibadah khusus.

ibadah umum contohnya adalah menyingkirkan paku dari Jalan menggunakan sepeda motor dengan rem yang bagus kalau tanpa menggunakan rem yang bagus kemudian mencelakakan orang lain itu namanya bukan ibadah.

Yang kedua adalah fungsi hidup, yaitu manusia disuruh untuk menjadi orang yang memiliki ilmu  dunia di samping ilmu wajib akhirat ,untuk kepentingan mengatur dunia.

Bagaimana mungkin seorang itu bisa mengatur dunia kalau mereka tidak berilmu,bagaimana mungkin dia akan mengatur dunia kalau di dalam sekolah dia sering tidur dan tidak pernah melakukan apapun yang diminta oleh gurunya.

Yang ketiga adalah peran hidup Apa peran hidupitu ? yaitu upaya untuk mengingatkan kepada saudara-saudara kita yang salah agar dia kembali lagi kepada jalan yang diridhoi oleh Tuhan nya. bahasa agamanya adalah menjadi juru da'wah atau da'i.disini kita sering salah sangka bahwa yang menjadi dai hrs ustadz atau kyai ? bukan!!!!!, ternyata semua orang memiliki peran yang sama beratnya dengan para ustadz dan kyai. yaitu menjadi pengingat bagi sesama nya dengan cara yang ma'ruf
ketika ini dilakukan, tidak harus orang itu menjadi ustadz tidak harus orang itu menjadi Kyai tapi bagaimana dia bisa mengupayakan sesama  yang salah itu kemudian diberi nasihat dan bisa kembali lagi pada jalan yang diinginkan 
Wallahu a'lam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar