Jumat, 02 Agustus 2019

SYUKUR DAN SABAR


Sabar itu berkaitan dengan masa kini dan masa yang akan datang.
Sesuatu yang kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.

Sedangkan Syukur adalah sesuatu yang berkaitan dengan apa yang telah terjadi dan telah kita terima dalam kehidupan ini.

Jika Anda diberi sebuah baju baru dari seorang yang sangat  anda hormati, maka apa yang anda lakukan ? tentu anda akan berterima kasih melalui lisan yang anda punya. betul bukan ? tentulah itu adalah hal yang wajar di lakukan .sebab  kalau anda tidak berterima kasih melalui ucapan itu, bisa di maknai bahwa anda termasuk orang yang belum tau diri.

pertanyaan selanjutnya adalah :
Nah.... apabila baju yang telah di berikan tadi, anda gunakan untuk membersihkan lantai yang kotor didepan orang yang memberi hadiah itu, apakah makna ucapan terima kasih yang telah anda ucapkan tadi?

atau.....bagaimana andai kata baju yang telah anda terima itu, anda biarkan di tumpukan baju lusuh anda, selama berbulan bulan lamannya.? Mana dampak ucapan terima kasih yang anda lakukan saat menerima baju itu ? apakah itu yang anda namakan Syukur ?

 Syukur

Kata syukur (ﺷُﻜُﻮْﺭ) adalah bentuk mashdar dari kata kerja syakara – yasykuru -- syukran – wa syukuran – wa syukranan

( ﺷَﻜَﺮَ – ﻳَﺸْﻜُﺮُ – ﺷُﻜْﺮًﺍ – ﻭَﺷُﻜُﻮْﺭًﺍ–ﻭَﺷُﻜْﺮَﺍﻧًﺎ)

Kata kerja ini berakar dengan huruf-huruf syin (ﺷِﻴْﻦ), kaf (ﻛَﺎﻑ), dan ra’ (ﺭَﺍﺀ), yang mengandung makna antara lain ‘pujian atas kebaikan’ .
barangkali kalau dalam bahasa Indonesia bisa terwakili oleh kalimat terima kasih.
Maka syukur itu baru punya makna, jika  apa yang kita syukuri, apa yang telah kita terima menjadi sesuatu yang lebih optimal pemanfaatannya.

bahasa lainnya adalah, kita mampu mengoptimalkan  apa yang telah diberikan oleh Nya. Dan tidak  kita gunakan kecuali sesuai dengan apa yang di inginkan oleh sang pemberi.

orang tua Nabi Muhammad masuk neraka atau surga ini jawabnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar