Rabu, 28 November 2018

merencanakan mind mapping



Pengantar Pemetaan Konsep

Digunakan sebagai teknik belajar dan mengajar
, pemetaan konsep secara visual menggambarkan hubungan antara konsep dan ide. Sering diwakili dalam lingkaran atau kotak, konsep dihubungkan oleh kata-kata dan frasa yang menjelaskan hubungan antara ide-ide, membantu siswa mengatur dan menyusun pemikiran mereka untuk lebih memahami informasi dan menemukan hubungan baru. Sebagian besar peta konsep mewakili struktur hierarkis, dengan keseluruhan, konsep luas pertama dengan sub-topik yang terhubung, konsep yang lebih spesifik, berikut.



Definisi Peta Konsep

Peta konsep adalah jenis organizer grafis yang digunakan untuk membantu siswa mengatur dan merepresentasikan pengetahuan subjek. Peta konsep dimulai dengan ide utama (atau konsep) dan kemudian bercabang untuk menunjukkan bagaimana ide utama dapat dipecah menjadi topik-topik tertentu.

Manfaat Pemetaan Konsep

Pemetaan konsep melayani beberapa tujuan untuk peserta didik:

    Membantu siswa melakukan brainstorming dan menghasilkan ide-ide baru
    Mendorong siswa untuk menemukan konsep-konsep baru dan proposisi yang menghubungkan mereka
    Memungkinkan siswa untuk lebih jelas mengkomunikasikan ide, pemikiran, dan informasi
    Membantu siswa mengintegrasikan konsep-konsep baru dengan konsep yang lebih tua
    Memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengetahuan yang ditingkatkan tentang topik apa pun dan mengevaluasi informasi

Cara Membangun Peta Konsep

Peta konsep biasanya bersifat hierarkis, dengan konsep subordinat yang berasal dari konsep atau ide utama. Namun demikian, jenis penyelenggara grafis ini selalu memungkinkan perubahan dan konsep-konsep baru untuk ditambahkan. The Rubber Sheet Analogy menyatakan bahwa posisi konsep pada peta dapat terus berubah, sementara selalu mempertahankan hubungan yang sama dengan ide-ide lain di peta.

    Mulailah dengan ide utama, topik, atau masalah untuk fokus.

Cara yang bermanfaat untuk menentukan konteks peta konsep Anda adalah memilih pertanyaan fokus - sesuatu yang perlu dipecahkan atau kesimpulan yang perlu dicapai. Setelah topik atau pertanyaan diputuskan, itu akan membantu dengan struktur hirarkis dari peta konsep.

    Kemudian tentukan konsep-konsep kunci

Temukan konsep-konsep kunci yang terhubung dan berhubungan dengan ide utama Anda dan beri peringkat; konsep yang paling umum dan inklusif adalah yang utama, lalu tautkan ke konsep yang lebih kecil dan lebih spesifik.

    Akhiri dengan menghubungkan konsep - menciptakan menghubungkan frasa dan kata-kata

Setelah tautan dasar antara konsep dibuat, tambahkan tautan silang, yang menghubungkan konsep di berbagai area peta, untuk lebih menggambarkan hubungan dan memperkuat pemahaman dan pengetahuan siswa tentang topik tersebut.


Peta Konsep dalam Pendidikan

Ketika dibuat dengan benar dan teliti, pemetaan konsep adalah cara yang ampuh bagi siswa untuk mencapai tingkat kinerja kognitif yang tinggi. Peta konsep juga bukan hanya alat pembelajaran, tetapi alat evaluasi yang ideal bagi para pendidik mengukur pertumbuhan dan menilai pembelajaran siswa. Ketika siswa membuat peta konsep, mereka mengulangi ide-ide menggunakan kata-kata mereka sendiri dan membantu mengidentifikasi ide dan konsep yang salah; pendidik dapat melihat apa yang siswa tidak mengerti, menyediakan cara yang akurat dan obyektif untuk mengevaluasi area di mana siswa belum memahami konsep sepenuhnya.

semuanya berisi Tampilan Diagram yang memudahkan siswa membuat peta konsep; siswa dapat menambahkan konsep dan tautan baru sesuai keinginan mereka. Inspirasi, Kidspiration, dan Kelas Webspiration juga dilengkapi dengan berbagai contoh peta konsep, template dan rencana pelajaran untuk menunjukkan bagaimana pemetaan konsep dan penggunaan penyelenggara grafik lainnya dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk meningkatkan kemampuan belajar, pemahaman dan menulis.

Untuk lebih banyak contoh peta konsep serta contoh penyelenggara grafik lainnya, contoh peta pikiran dan banyak lagi, klik di sini.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar