Selasa, 14 Juli 2020

KRONOLOGI, GENERALISASI, INTERPRETASI DAN PERIODISASI DALAM SEJARAH

KRONOLOGI SEJARAH

Kronologi merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu chromos dan logos, chromos berarti waktu dan logos berarti ilmu. Maka kronologi merupakan ilmu tentang waktu. Dalam dunia per sejarah, an kronologi menjadi ilmu penting untuk menentukan waktu terjadinya peristiwa dan tempat peristiwa secara tepat berdasarkan urutan waktu

Anak anak ........................ ilmu ini perlu di pelajari karena berfungsi :

  1.  Menghindari anakronisme waktu dalam sejarah.
  2.  Untuk memastikan bahwa peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di masa     lalu dapat direkontruksi kembali secara tepat berdasarkan urutan waktu   terjadinya.

 Contoh

 Misalkan ada peristiwa kecelakaan  tentu, polisi akan menghubungkan berbagai fakta yang ditemukan dan menganalisa hubungan sebab akibatnya. Fakta-fakta tersebut, kemudian direkontruksikan dalam bentuk kronologi kejadian. Dengan cara seperti ini, maka polisi dapat menemukan apa yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Begitu pula kronologi sejarah. Berikut ini adalah contoh kronologis sejarah yaitu kronologis kemerdekaan Indonesia

 RPP DARING SATU

 LEMBAR UNTUK SD SMP MTS ALIYAH SMA DAN SMK 



 Generalisasi sejarah

Generalisasi ( berasal dari bahasa latin dari kata generalis yang bermakna umum) yakni sebuah  pekerjaan penyimpulan dari yang khusus kepada yang umum.

berguna untuk memgungkapkan peristiwa-peristiwa unik yang terjadi karena berhubungan dengan pola perilaku manusia.

bertujuan dua perkara penting yaitu :

Saintifikasi

Merupakan sejarah yang lebih condong kepada kemungkinan.

Simplifikasi

Merupakan penyederhanaan agar proses analisis dapat dilakukan. Penyederhanaan yang ditentukan melalui pembacaan akan menuntun sejarawan dalam mencari data, melakukan kritik sumber, interpretasi dan penulisan

Manfaat

Untuk memberikan gambaran bagaimana penyelidikan sejarah yang terus menerus sehingga dapat menguji generalisasi yang lebih terdahulu.


INTERPRETASI SEJARAH

Interpretasi dalam sejarah adalah penafsiran terhadap suatu peristiwa,dan fakta sejarah, kemudian merangkai nya dalam kesatuan yang masuk akal.

Penafsiran nya bersifat logis terhadap keseluruhan konteks peristiwa Proses interpretasinya bersifat selektif-diskriftif, sehingga berbagai fakta yang lepas satu sama lainnya dapat disusun dan dihubungkan kembali menjadi satu kesatuan yang masuk akal.

 PERIODISASI SEJARAH

Periodisasi sejarah adalah suatu pembabakan dalam sejarah yang dipergunakan untuk segala macam peristiwa. Pada umumnya didasarkan pada suatu kejadian tertentu.yang memiliki sifat aktual

Berfungsi untuk dapat mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia. memiliki sifat subjektif yang dipengaruhi pada subjek permasalahan dan juga pribadi peneliti nya

Tujuan Periodisasi

untuk:

1.      Memudahkan dalam mendapatkan suatu gambaran tentang kejadian-peristiwa seluruhnya

Penjelasanya begini anak anak :

Jumlah tahun kejadian peristiwa sangatlah banyak sehingga rangkaian-rangkaian tahun dan sebagainya itu merupakan deretan yang tak berujung dan tak berpangkal. Untuk mendapatkan suatu gambaran atau pandangan maka deretan tersebut pun dibagi-bagi (M.Ali, 2006: 49).

2.      Menyederhanakan kisah sejarah yang panjang dan rumit

 

Berusaha menyederhanakan masalah dan mengikhtisarkan menjadi satu tatanan (Orde). Sehingga memudahkan pengertian (Sidi Gazalba, 1981:62).

3.      Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan

Yakni berusaha menjadikan semua peristiwa masa lampau dikelompokkan, dihubungkan, kemudian dikaitkan dan disusun secara sistematis.(berurutan)

4.      Sebagai dasar penyusunan cerita sejarah

Louis Gotsschalk (1983:149) menyimpulkan “penyusunan data sejarah yang paling masuk akal adalah penyusunan secara kronologis, yakni dalam periode-periode waktu. karena kronologi kiranya merupakan satu-satunya norma obyektif dan konstan yang harus diperhitungkan oleh sejarawan.”

5.      Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis

Penyusunan cerita sejarah secara kronologis memudahkan kita dalam mengetahui urut-urutan terjadinya suatu peristiwa. Periodisasi yang kronologis (berurutan) dapat mengungkapkan dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa.

Periodisasi Sejarah Indonesia

Di bagi 2 yaitu

1.      Periode zaman prak aksara/ Nirleka (zaman tanpa Tulisan )

2.      Periode zaman aksara / Zaman Sejarah /ada Tulisan

 


Kata sulit

  1.  anakronisme atau kerancuan
  2.  REKONTRUKSI  ATAU  di bangun kembali atau disusun kembali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar