Minggu, 25 Juli 2021

XI LATAR BELAKANG BERDIRINYA DINASTI ABBASIYAH. ilmu 2

 



 Pemerintahan Dinasti Abbasiyah merupakan kelanjutan dari pemerintahan sebelumya yaitu Dinasti Umayyah yang telah digulingkannya.Dinamakan Dinasti Abbasiyah karena para pendiri dan penguasanya merupakan keturunan keluarga Abbas bin Abdul Mutholib, paman  Rosulululloh Saw.yang merupakan keturunan Bani Hasyim Berdirinya Dinasti ini dilatar belakangi oleh terjadinya kekacauan  dalam kehidupan bernegara Dinasti Umayyah.

Menjelang runtuhnya Dinasti Umayyah ini para khalifah dan pejabat negara lainnya melakukan kekeliruan dan kesalahan yang menyebabkan terjadinya kekacauan tersebut. Kesalahan dan kekeliruan Dinasti  umayyah yang menyebabkan runtuhnya dinasti tersebut  Dinasti ini meng-anak-emaskan (mengistimewakan) bangsa Arab atas bangsa lainnya dan menganggap rendah kaum muslim non Aram(Mawali), sehingga orang-orang Mawali merasa kecewa atas perlakuan ini.

 Dinasti ini memihak pada salah satu golongan dari suku Arab yang bersaing Dalam persaingan antara Arab Utara (Mudariyah) dan Arab Selatan (Himyariyah), penguasa Dinasti Umayyah mendukung salah satu suku yaitu suku Himyariyah, sehingga suku yang tidak mendapat dukungan merasa kecewa.

Dinasti ini selalu menindas para pengikut Ali dan Bani Hasyim. Dinasti ini juga mengingkari salah satu isi dari  perjanjian ”Ammul Jamaah” yaitu setelah jabatan khalifah Muawiyah berakhir kekuasaan akan diserahkan pada musyawarah kaum muslimin tetapi Muawiyah dan penerusnya justru mengangkat putra mahkota.

Banyak diantara pemimpin Dinasti Umayyah melakukan pelanggaran terhadap ajaran Islam, yaitu bergaya hidup mewah dan berfoya-foya meniru gaya hidup penguasa Romawi, sehingga para penguasa Dinasti ini memiliki figur yang lemah.

Kelompok-kelompok yang merasa tidak puas terhadap Dinasti Umayyah yang menyebabkan runtuhnya dinasti tersebut :

1.            kelompok muslim non Arab (Mawali) yang memprotes kedudukan mereka sebagai warga kelas dua dibawah warga muslim Arab.

2.            Kelompok Syiah dan Khawarij yang menganggap Dinasti Umayyah telah merampas kekhalifahan

3.            .Kelompok muslim Arab di Mekah, Madinah, dan Irak yang merasa sakit hati atas perlakuan istimewa terhadap penududuk Suriah

4.            Kelompok muslim yang saleh, baik Arab maupun non Arab yang menganggap keluarga Dinasti Umayyah bergaya hidup mewah jauh dari ajaran Islam.

5.            Kelompok-kelompok tersebut membentuk suatu kekuatan gabungan yang dikoordinasi dan dipimpin oleh keturunan Al-Abbas, Paman Nabi Muhammad.

6.            Untuk mencari dukungan masyarakat luas, kelompok Dinasti Abbasiyah melakukan propaganda yang mereka sebut sebagai Gerakan Dakwah.

Mereka  mempropagandakan  bahwa “menggulingkan kekuasaan pemerintah Dinasti Umayyah merupakan perintah agama”.

Di samping itu untuk meraih simpati umat dan dukungan kaum Syiah mereka tidak mengusung nama Bani Abbas tetapi mengusung nama Bani Hasyim. Mereka mengatakan bahwa jabatan khalifah merupakan hak keluarga Nabi.

Gerakan mereka didukung oleh kaum Syiah, Khawarij dan Mawali di kota Khurasan yang sebelumnya selalu ditindas oleh Dinasti Umayyah.

Persamaan nasib sebagai kelompok yang tertindas inilah yang membuat ketiga kelompok itu mendukung propaganda ini.

Jadi latar belakang lahirnya Dinasti Abbasiyah, yaitu kekecewaan yang menumpuk dan bersatu akibat dari kekeliruan dan kesalahan para penguasa Dinasti Umayyah dalam mengambil kebijakan.

Gerakan menentang Dinasti Umayyah semakin membesar saat Dinasti Umayyah dijabat khalifah yang terkahir yaitu Marwan bin Muhammad (Marwan II).

 

Proses Pembentukan Dinasti Abbasiyah

Dinasti ini didirikan oleh Abu Abbas As Saffah (As Saffah berarti penumpah darah, Ia diberi gelar ini karena ia memiliki kemauan yang keras dan tidak segan-segan untuk menumpahkan darah guna mewujudkan keinginannya).

 Langkah-langkah Bani Abbas untuk mendirikan Daulat Abbasiyah :

1.      Membentuk gerakan di bawah tanah dengan melakukan propaganda (menyusun kekuatan  secara diam-diam) dengan tokohnya antara lain :

a  Muhammad Al-Abbas    b-  Ibrahim Al Imam    c-  Abu Muslim Al-Khurasani

Dari ketiga tokoh propaganda tesebut Abu Muslim Al Khurasani merupakan propagandis yang paling sukses dan terkenal.

2.      Menerapkan politik bersahabat, artinya keturunan Bani Abbas tidak memperlihatkan sikap bermusuhan dengan Bani Umayyah atau siapapun.

3.      Menggunakan nama Bani Hasyim (Ahlul Bait). Hal ini dimaksudkan agar mendapat simpati umat dan dukungan dari kelompok pendukung Ali (Syiah).

4.      Menjadikan Khurasan sebagai pusat kegiatan gerakan Bani Abbas yang dipimpin oleh Abu Muslim Al-Khurasani.

             Strategi ini ternyata berhasil menghimpun kekuatan besar dan dahsyat yang tidak bisa dibendung lagi oleh golongan manapun juga. Dalam perjuangannya untuk mendirikan Dinasti Abbasiyah, para tokoh pendiri Dinasti ini menerapkan cara kepemimpinan yang bersifat kolektif (kolegial leadership),namun tertutup dengan gerakan bawah tanah.

Para tokoh pendiri Dinasti Abbasiyah menetapkan tiga kota sebagai pusat kegiatan, yaitu : Humaymah sebagai pusat perencanaan organisasi, Kufah sebagai kota penghubung dan Khurasan sebagai pusat gerakan praktis.

 

Proses berdirinya Dinasti Abbasiyah dimulai dari tahap persiapan dan perencanaan  yang dilakukan oleh Ali bin Abdulloh bin Abbas. Gerakan bawah tanah dan propaganda untuk mendirikan Dinasti Abbasiyah ini dimulai ketika Dinasti Umayyah berada di bawah kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz (717-720 M). Pada waktu itu Umar bin Abdul Aziz memimpin dengan adil. Negara dalam keadaan aman, tentram dan stabil. Ia juga menerapkan  persamaan hak kepada seluruh warga negara. Kondisi ini memberi peluang pada Bani Abbas untuk menyusun kekuatan dengan melakukan gerakan bawah tanah dan propaganda di kota Al Humaymah

Peluang emas yang dimiliki Bani Abbas untuk merebut kekuasaan Bani Umayyah itu terjadi pada masa Kholifah Marwan Bin Muhammad (127 – 132 H = 745 – 750 M) yakni kholifah Bani Umayyah terakhir, di mana waktu itu pemerintahan Dinasti Umayyah mencapai puncak kekacauan yang sulit diatasi. Pemimpin gerakan Bani Abbasiyah pada waktu itu adalah Muhammad bin Ali (wafat tahun 743 M) kemudian diteruskan anaknya Ibrahim Al Imam dengan mengangkat Abu Muslim Al Khurasani sebagai panglima perang

Abu Muslim Al-Khurasani merupakan seorang pemuda yang pemberani, pada usia 19 tahun ia diangkat sebagai panglima perang oleh Ibrahim Al Imam. Ia banyak memperoleh dukungan di kota Khurasan. Pernah dalam sehari ia berhasil menarik simpati penduduk dari sekitar 60 desa di sekitar Merv. Abu Muslim Al Khurasani  mengajak golongan Syiah, golongan Alawiyyin (Bani Ali) untuk menentang Bani Umayyah yang telah menindas mereka.

Sebelum Abu Muslim Al Khurasani diangkat sebagai panglima perang, gerakan dakwah dan propaganda dilakukan secara diam-diam. Hal itu dilakukan karena belum berani melawan Dinasti Umayyah secara terang-terangan. Pada tahun 747 M setelah Abu Muslim Al Khurasani diangkat menjadi panglima perang, Ibrahim Al Imam menyuruhnya untuk merebut kota Khurasan dan menyingkirkan orang-orang Arab yang mendukung Dinasti Umayyah. Namun rencana ini tercium oleh khalifah Marwan II dan akhirnya Ibrahim Al Imam ditangkap dan dipenjara hingga meninggal. Selanjutnya komando perlawanan diambil alih keponakan Ibrahim Al Imam yang bernama Abdulloh bin Muhammad yang dikenal sebagai Abu Abbas As Saffah. Ia tetap menunjuk Abu Muslim Al Khurasani untuk menjadi panglima dan melakukan perlawanan di Khurasan.

111 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya sudah memahami

      Wulan Dari XI TKJ1

      Hapus
    2. VANDRA FABYANSYAH
      XI TBSM 4

      SUDAH MEMAHAMI

      Hapus
  2. Saya sudah memahami
    NAMA : DINDA SAGITA RIZKI
    KELAS: XI OTKP 2 /11

    BalasHapus
  3. NAMA : ICHA MARCELLINDAH
    KELAS: XI OTKP1/12

    Sudah memahami

    BalasHapus
  4. Saya sudah memahami
    Nama : INDRI FATMAWATI
    Kelas: XI AKL,13

    BalasHapus
  5. Sudah saya pahami..

    Nama : Nindi Lukitasari
    Kelas : XI OTKP 1
    No.Absen : 31

    BalasHapus
  6. NAMA : Elvina Triey Anandita
    KELAS: XI OTKP1/08

    Sudah memahami

    BalasHapus
  7. Saya sudah mempelajari

    BUNGA AYU AZZAHRA XI OTKP 2

    BalasHapus
  8. NAMA: AMANDA BELLA PUTRI DWI SARJANA
    KELAS:XI OTKP 1/03

    SAYA SUDAH MEMAHAMI

    BalasHapus
  9. Yohana Margaretha Dwiyanto
    XI OTKP 1
    30

    Sudah saya pahami

    BalasHapus
  10. sudah mempelajari


    PUTRI AGENG WULANDARI XI OTKP2

    BalasHapus
  11. NAMA : SOFIATUN
    KELAS: XI OTKP 1
    NO AB: 27

    saya sudah memahami

    BalasHapus
  12. Saya sudah memahami

    Nama:Maziya Karimah
    Kelas:XI OTKP 2
    Absn:22

    BalasHapus
  13. Saya sudah mempelajari

    MARSHANDA XI-OTKP2

    BalasHapus
  14. Saya memehami

    MOHAMAD MAHFUD HUDA XI TBSM 2

    BalasHapus
  15. 1. kelompok muslim non Arab (Mawali) yang memprotes kedudukan mereka sebagai warga kelas dua dibawah warga muslim Arab.

    2. Kelompok Syiah dan Khawarij yang menganggap Dinasti Umayyah telah merampas kekhalifahan

    3. .Kelompok muslim Arab di Mekah, Madinah, dan Irak yang merasa sakit hati atas perlakuan istimewa terhadap penududuk Suriah

    4. Kelompok muslim yang saleh, baik Arab maupun non Arab yang menganggap keluarga Dinasti Umayyah bergaya hidup mewah jauh dari ajaran Islam.

    5. Kelompok-kelompok tersebut membentuk suatu kekuatan gabungan yang dikoordinasi dan dipimpin oleh keturunan Al-Abbas, Paman Nabi Muhammad.

    6. Untuk mencari dukungan masyarakat luas, kelompok Dinasti Abbasiyah melakukan propaganda yang mereka sebut sebagai Gerakan Dakwah

    BalasHapus
  16. Sudah saya pahami..

    Nama : GHALY ARYA KUSUMA
    Kelas : XI TBSM 4
    No.Absen : 9

    BalasHapus
  17. Nurlia Della Lutviana XI-AKL

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  18. Nama : Anggi Widya Mustika
    Kelas : XI OTKP 2
    No.absen : 01

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  19. Saya sudah memahami
    Nama:Rizky Iqbal Maulana
    Kelas:XL tbsm2
    No absen:29

    BalasHapus
  20. Saya sudah mempahami

    Rahmat Niko Saputrah XI-TBSM1

    BalasHapus
  21. Saya sudah mengerti.

    ARIELIA PUTRI PRIHANDINI RAHYAN
    XI-TKJ 2
    05

    BalasHapus
  22. Muhammad Ade Ardiansyah XI-TKJ 2

    Saya sudah memplajarai

    BalasHapus
  23. Utomo Putra Satria XI-TKJ1

    Saya sudah memahami

    BalasHapus
  24. Nama : salam Dwi Saputra
    Kelas : XI TBSM 3
    No.Absen : 30

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  25. VITA EKA Y.W XI-OTKP2

    saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  26. Nama:Fani Dwi Astutik
    Kelas:XI-AKL
    No.Abs:10

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  27. saya sudah memahami

    BIMA HASAN JAYA XI TKJ1

    BalasHapus
  28. Saya sudah mempelajari

    Devy Artika Sary XI OTKP2

    BalasHapus
  29. saya sudah memahami
    NAMA. :ANIA ANI DWI RHAMA WATI
    KELAS :XI AKL
    NO,ABSEN :2 DUA

    BalasHapus
  30. Saya sudah mengerti.

    Nama: Niswatul laela
    Kelas:XI-TKJ 2
    No absen:23

    BalasHapus
  31. SAYA SUDAH MEMAHAMI
    NAMA. :BAYU
    KELAS. : XI tkj 2
    NO,ABSEN :6 enam

    BalasHapus
  32. Nama:Muhammad ismail nur jafarudin
    Kelas:XI TBSM 1
    NO.Absen:26
    Saya sudah memahami

    BalasHapus
  33. saya sudah memahami
    Nama. : bayu
    Kelas. : XI tkj 2
    no. : 6

    BalasHapus
  34. Saya sudah memahami
    NAMA VICKO VARIZKY RAMADHANI
    KLS X TBSM 4
    NO ABSEN 31

    BalasHapus
  35. Nama: FEBRIAN DWI MAULANA
    KELAS:XI TBSM 1
    NO ABS:14
    SAYA SUDAH MEMAHAMI

    BalasHapus
  36. Saya sudah memahami
    Nama: bachtiar rahman aziz s
    Kls: TKJ 1
    absen : 8

    BalasHapus
  37. Saya sudah mempelajari

    Nama:Yeti
    Kelas:XI-AKL
    No.absen:32

    BalasHapus
  38. Rendika adi gunawan XI TKJ 2

    BalasHapus
  39. Saya sudah memahami

    Nama :Tika Nur Aisyah
    Kelas :XI TKJ 3
    No.absen :39

    BalasHapus
  40. Saya sudah memahami


    Muhammad Irvan F. XI TKJ 1

    BalasHapus
  41. Saya sudah mempelajari

    ELISYA TRI HAPSARI 13 XI OTKP 2

    BalasHapus
  42. Saya sudah memahami

    Nama:MUHAMMAD WAHYU ARDIANSYAH
    kelas:XI-TKJ1
    No.abs:26

    BalasHapus
  43. Saya sudah memahami

    Muhammad Asyhar Abdillah XI TKJ 3

    BalasHapus
  44. Saya sudah mempelajari

    DESI ANGGRAINI,XI otkp2

    BalasHapus
  45. Saya sudah mempelajari

    Nafa Nur Faramida XI Akl 19

    BalasHapus
  46. Saya sudah mempelajari

    Nama:Putri Novitasari
    Kelas:XI-AKL
    No absen:22

    BalasHapus
  47. Saya sudah memahami

    Mustafa Kemal Amin XI TKJ 3

    BalasHapus
  48. Saya sudah mempelajari

    Anggela Dwi Vanesa XI TKJ 1

    BalasHapus
  49. Saya sudah memahami

    BERNICA OKTAVIANI WIBOWO
    05
    XI OTKP2

    BalasHapus
  50. saya sudah memahami

    ARIK LAILATUL FATMALA XI OTKP2

    BalasHapus
  51. saya sudah memahaminya

    EVA ANDINA AZZAHRA (16)
    XI OTKP 2

    BalasHapus
  52. Sudah paham
    Nama:Andre Hermansjah
    Kls:XI tbsm 1
    No:05

    BalasHapus
  53. Saya sudah memahami
    Nama : Rara audri azalia suto
    Kelas : XI TKJ 2
    NO.Abs : 25

    BalasHapus
  54. sudah mempelajari
    Elmayla Az Zahra Putri Prasetyo
    XI - AKL
    No abs : 08

    BalasHapus
  55. saya sudah memahaminya
    Riris Aurelia XI AKL

    BalasHapus
  56. Saya sudah memahami
    NAMA:EDO EKA PRASETYO
    KLS:Xl TBSM1

    BalasHapus
  57. CINDY MA'RIFATUS SHOLIKHAH
    X OTKP 2
    7

    sudah mempelajari

    BalasHapus
  58. Annisa Al Minuun25 Juli 2021 pukul 20.13

    Nama: Annisa Al Minuun
    Kls: Xl Akl
    Absen: 04

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  59. Nama: AHMAD AFJALUR ROHMAN
    Kelas: XI TBSM 2
    ABSEN : 4
    SAYA SUDAH MEMAHAMI

    BalasHapus
  60. Nama:m.firmansyah
    Kelas:XI TBSM2
    NO ABSEN:19








    PON PAHAM

    BalasHapus
  61. Sudah mempelajarinya.

    Nama. Akhmad Andi Wahyudi
    Kelas. XI TKJ 2
    no. 3

    BalasHapus
  62. Sudah memahami

    Nama : Rizki Arisetiawan
    Kelas : XI TKJ 3
    Absen : 31

    BalasHapus
  63. Nama: ACHMAD SHANDY FIRDIYANSYAH
    Kelas:XI TKJ 1
    No Absen:1












    Y

    BalasHapus
  64. Saya sudah mempelajari

    Nama Tri ismi syabita
    Kls XI Otkp 2
    No absen 27

    BalasHapus
  65. Saya sudah memahami

    Nama: Gizha nasywa islamy pasya
    Kls:XI TKJ 1
    Absen:13

    BalasHapus
  66. Saya sudah memahami

    Nama:Gladys febdriyana putri
    Kelas:XI otkp 2
    Absen:19

    BalasHapus
  67. Saya sudah memahami nya

    Nama:Gladys febdriyana putri
    Kelas:XI otkp 2
    Absen:19

    BalasHapus
  68. Saya sudah memahaminya

    Nama:Gladys febdriyana putri
    Kelas:XI OTKP 2
    Absen:19

    BalasHapus
  69. Nama:tita Amalinda Wahyudi
    Kelas: XI-OTKP1
    No.abs:29

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  70. Saya sudah memahami nya

    Nama: Ahmad Wahyudin Zakaria
    Kelas : XI TBSM 3
    Absen : 6

    BalasHapus
  71. Nama:frischa maharani fernanda
    Kelas:XI otkp 2
    No. Absen:18

    "Saya sudah memahami dan mempelajari materi tersebut".

    BalasHapus
  72. Nama. Mohammad sigit andriansyah
    Kelas:XI tbsm1
    No. Absen:24

    "Saya sudah memahami dan mempelajari materi tersebut

    BalasHapus
  73. Nama: Ellen andi kurniawati
    Kelas: XI OYKP 2
    NO: 14


    saya sudah memahami

    BalasHapus
  74. Nama: agung tirta wijaya Kusuma
    Kelas: XI TBSM 4
    NO: 2




    saya sudah memahami

    BalasHapus
  75. Nama: nahdiatus SHOLIHAH
    Kelas:XI otkp 1
    Absen:18

    Sudah memahami

    BalasHapus
  76. Nama : Nurul hidayah
    Kelas : XI OTKP 1
    No absen : 20

    Sudah memahami

    BalasHapus
  77. NAMA:TIARA ARDIA PUTRI
    KELAS:XI OTKP 1
    NO. ABSEN:28

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  78. Nama:Rika Sania Romadhona
    Kelas: XI AKL
    No.Absen:23

    Sudah memahami

    BalasHapus
  79. Nama: DWI FIRNANDA UTAMI
    KELAS: XI AKL
    ABSEN: 07
















    SUDAH MEMAHAMI

    BalasHapus
  80. Nama: WUNING ANISATUL HIKMAH
    Kelas: XI AKL
    NO.Abs: 30



    Sudah memahami

    BalasHapus
  81. Nama:ANIISATUR ROHMAH
    Kelas:Xl AKL
    No.absen:03

    Sudah memahami

    BalasHapus
  82. Saya sudah mempelajari

    BELLA VIOLA VERONICA XI OTKP 2

    BalasHapus
  83. Nama: Achmad Badi Syarifuddin
    Kelas:11 TBSM 4
    No:3
    Ya pak insyaallah saya mengerti

    BalasHapus
  84. Nama: Rovikotun nafi'ah
    Kelas:XI oktp 2

    Sudah memahami

    BalasHapus
  85. XI TBSM 1
    Ahmad Zizou Fakhri athallah
    saya sudah memahami

    BalasHapus
  86. Saya telah mempelajari
    Name Siti NurhalizaXIAKL29

    BalasHapus
  87. Saya telah mempelajari dan sudah memahami materi.

    NAMA: RETNO DWI SETYOWATI
    KELAS: XI OTKP 1
    NO. 24

    BalasHapus
  88. Saya telah mempelajari dan sudah memahami materi.

    Nama: M Andrean Rio Ferdinand
    Kelas: XI TBSM 3
    No.absen: 18

    BalasHapus
  89. Saya telah mempelajari dan sudah memahami materi.

    NAMA: DEVINA NURITA
    KELAS: XI OTKP 1
    NO. 5

    BalasHapus
  90. Saya telah mempelajari dan sudah fahami materinya
    Nama: DETA APRILIANTO
    KLS: XI TKJ 3
    NO: 9

    BalasHapus
  91. Saya sudah mempelajari
    Nama:shania niswatul khulwa
    Kelas:XI akl
    No : 28

    BalasHapus
  92. Saya sudah memahami dan mempelajari nya
    Miftakhul aditya
    XI TBSM2
    18

    BalasHapus
  93. Saya sudah membaca tak memahaminya

    BalasHapus
  94. Hilman farel A.
    XI TBSM4
    09
    saya sudah mempelajari dan syudah paham

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. Nama : FIFI RITA EFENDI
    kelas: xi otkp 2
    Absen: 17

    Saya sudah mengerti/paham materi diatas

    BalasHapus
  97. IMELYA ANGGI DWI SAPUTRI
    XI AKL
    12

    Saya sudah memahami

    BalasHapus
  98. Nama:Rossy Habibi
    Kelas:XI TKJ-2
    No absen:31

    Sudah saya fahami

    BalasHapus
  99. Nama : BAGUS DARMA YUDHA
    kelas : XI TBSM 2
    no.abs : 06

    Sudah memahami

    BalasHapus
  100. NAMA:Peggy agustin
    KELAS:XI OTKP 1
    NO.ABS:21

    saya sudah memahami

    BalasHapus
  101. NAMA:Samsul ma'arif
    KELAS:XI TBSM 3
    NO:31

    BalasHapus
  102. Insyaallah paham pak

    Nama:Faisal fadhlurrahman
    Kelas:XI TBSM 2
    NO ABS:12

    BalasHapus
  103. Saya suda memahami



    NAMA ;DEWI ANJAR WATI
    KELAS;X1 OTKP 1
    No.ABSEN;6

    BalasHapus
  104. saya sudah memahami

    Nama :esa widdi kumalasari
    kelas : XI otkp 1
    absen :9

    BalasHapus