Minggu, 25 Juli 2021

MASUKNYA AGAMA ISLAM DI NUSANTARA xii /ilmu.2

 

Marcopolo

Jauh sebelum Islam masuk ke nusantara dan menjadi agama mayoritas, masyarakat telah memiliki sistem kepercayaannya sendiri. Secara umum, keyakinan tersebut disebut dengan agama tauhid ala jawa. Yaitu agama KAPITAYAN  dengan sebutan tuhan nya adalah shanghyang Taya, tuhan yang maha esa tidak beranak, tidak tidur tidak bertambah dan tidak berkurang .

Secara sederhananya, Kapitayan dapat digambarkan sebagai suatu ajaran keyakinan yang memuja sembahan utama yang disebut Sanghyang Taya. yang bermakna hampa, kosong, suwung, awang uwung.

Yaitu sebuah keyakinan monotheisme, yang disebut “Ajaran Kapitayan”.

Adalah satu kekeliruan, jika kita beranggapan Leluhur masyarakat Nusantara, adalah penganut animisme, penyembah benda-benda alam, dan penganut  Dinamisme . sebutan dinamisme dan animisme itu buatan penjajah kristen belanda, agar mereka mudah memasukan agamnya ke orang orang nusantara.

Proses masuknya Agama Islam di Nusantara (Indonesia saat ini)

Islam masuk ke indonesia  pada abad pertama Hijriyah atau abad ke VII Masehi hal ini di dukung oleh

Buya Hamka,

Islam sudah menyebar di Nusantara sejak abad 7 M. Hamka dalam bukunya berjudul Sejarah Umat Islam (1997) menjelaskan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Islam masuk ke Nusantara dari orang-orang Arab. Bukti yang diajukan Hamka adalah naskah kuno dari Cina yang menyebutkan bahwa sekelompok bangsa Arab telah bermukim di kawasan Pantai Barat Sumatera pada 625 M. Di kawasan yang pernah dikuasai Kerajaan Sriwijaya itu juga ditemukan nisan kuno bertuliskan nama Syekh Rukunuddin, wafat tahun 672 M.

CATATAN SEJARAH KERAJAAN CINA

Pada Dinasty Tang Ada rencana penyerangan orang orang Ta-Shih ( holing /kalingga jawa tengah yang di pimpin Taru sima tahun 674) Tapi Rencana itu gagl lantaran Ratu sima terlalu kuat untuk di kalahkan

BERITA DARI JEPANG

Ibnu batutah

 Catatan perjalanan Pendeta Kanshin ke Nusantara tahun  784 Masehi mengatakan: bahwa di pelabuhan kanton terdapat kapal po-sse dan Ta-Shih K-uo. Para Ahli sejarah menafsirkan Istilah Po-sse adalah istilah bangsa Melayu dan Ta-Shih adalah sebagai bangsa arab

CATATAN MARCOPOLO

Catatan sejarah ini menuturkan tentang Marcopolo yang mengadakan ke perjalanan ke negeri Cina ketika melintas Sumatera bagian utara Marcopolo menyempatkan singgah di Kerajaan Islam Samudera Pasai sebelum kembali ke Eropa

CATATAN IBNU BATUTTAH ABAD 13
Kisah Ibnu Batutah pada abad ke 13 Masehi mendukung pendapat kedua ini ketika itu ditemukan pula sebuah batu nisan Sultan Malik as-saleh di Sumatera Utara cara tahun 1290 Masehi Sultan Malik as-saleh adalah seorang pengajar ilmu tasawuf yang kemudian menjadi raja di Kerajaan Samudra Pasai masuknya agama Islam di Indonesia berdasarkan berbagai pendapat di atas melalui proses bertahap artinya masuknya Islam ke nusantara secara tidak bersamaan untuk tiap-tiap daerah.


pak J

59 komentar:

  1. Shelvy Oktaviani
    12AKL / 25

    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  2. Stefani Adiputri
    12 akl/30

    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  3. MOCH MAHARDIKA RENDY ARIAN
    12 tbsm
    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  4. FEBY ANANDA PUTRI 12 AKL/11

    baik pak saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Vanya Pramita
    12 AKL / 33

    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammad habib kurniawan Xll tbsm 4

      Saya sudah mempelajari

      Hapus
  7. SITI MAGHFIROH XII AKL

    BalasHapus
  8. HERKY PERDANA
    XII tbsm 3
    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. SITI MAGHFIROH XII AKL
    saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  11. ANGGUN YUNIANTARI XII AKL/2
    saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  12. Siti Mussyaifatul Husna Romadhoni XII-AKL /29
    Saya Sudah Mempelajarinya.

    BalasHapus
  13. Nama:TOMI BHAKTI DWI MUSTOFA
    Kelas: Xll TBSM 1
    No absen:30
    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  14. JAZIROTUL MAGHFIRAH XII AKL/14

    SAYA SUDAH MEMPELAJARI NYA

    BalasHapus
  15. ANITA NUR OKTAVIA XII AKL/3

    Saya sudah mempelajari nya

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. NUR SISKA HIDAYAH XII AKL/2$

    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  18. Nama : FINKA OCTAVIA MEY ARIFIN
    Kelas : XII AKL
    Absen : 13

    Saya sudah mempelajarinya dengan baik

    BalasHapus
  19. NUR AZIZA XII AKL/21

    Saya Sudah Mempelajarinya Dengan Baik

    BalasHapus
  20. YOSI ANDREAN PURNOMO

    XII TBSM 4 (33)
    saya sudah memperlajarinya

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. NOOR WAHYUNI
    12 AKL / 20

    Saya sudah mempelajari nya

    BalasHapus
  23. ELVYRA PUTRI ERLINDA
    12 AKL/9

    SAYA SUDAH MEMPELAJARI NYA

    BalasHapus
  24. HARIS SETIAWAN
    XII TBSM 4
    NO ABSEN 12

    BAIK PAK SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  25. SILVIA AINUN JANAH
    XII-AKL


    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  26. NISA KURNIA SILVI SINTIA XII AKL


    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  27. RONI FERDIYANSYAH
    XII TBSM 1
    ABSEN: 28

    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  28. REZA MIFTAKUL FAJAR
    XII TBSM 5
    21

    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  29. Nama:fahreza zakaria
    Kelas: Xll TBSM 4
    No absen:10
    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  30. MUHAMMAD ARDAN TITAH LAKSONO
    XII TBSM 2
    22

    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  31. manfaatnya kita bisa mempelajari sejarah jaman dahulu


    alifahtun hasanah
    x otkp 2 (05)

    BalasHapus
  32. NAMA : ANDIKA SAMPURNA
    KLS : XII TBSM II
    NO ABSEN : 9





    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  33. JUNANDA PRASTIYANI XII AKL

    Sudah saya baca dan pahami pak, terima kasih

    BalasHapus
  34. MOHAMMAD BIMA XII TBSM 1




    Sudah saya pahmi

    BalasHapus
  35. Sherly Oktaviani XII AKL

    Sudah saya baca dan pahami, terimakasih pak

    BalasHapus
  36. RENATO HERMAWAN XII AKL 1

    Sudah paham pak, terimakasih

    BalasHapus
  37. REZA ANTONI FIRMANSYA
    XII TBSM 4
    NO ABSEN 2

    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  38. Gilang Wahyu Ramadhan
    XII tbsm 5
    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  39. Sylvia Devy Cendy Asmara
    XII AKL/31

    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  40. Muhammad Ma'ruf Muttaqin
    XII TBSM 1





    Saya sudah mempelajari

    BalasHapus
  41. Nama : Rahayu Puji Hastutik
    Kelas : XII AKL
    No absen : 24


    Saya sudah mempelajarinya.

    BalasHapus
  42. Nama: Nuril Maulida m
    Kelas: xII AKL
    No.Absen: 23


    Saya sudah mmpelajarinya

    BalasHapus
  43. Nama : Ainur Rofiq
    Kelas : XII TBSM 3
    No.Absen : 03


    Saya Sudah Mempelajarinya

    BalasHapus
  44. NAMA : RISKY ADITIYA YUNANDAR
    KELAS: XII TBSM 3
    NO. : 28



    SAYA SUDAH MEMPELAJARI NYAA

    BalasHapus
  45. RIZKI ANDI SAPUTRA
    XII.TBSM.1
    26



    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  46. ERIN APRILLIA XII AKL

    saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  47. Siap saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  48. WIJAYA PUTRA
    XII TBSM 5
    27
    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  49. DENIS ILHAM SYAIFUDIN
    XII TBSM 5
    06
    SAYA SUDAH MEMPELAJARINYA

    BalasHapus
  50. Nama: muhammad frans hardian
    Kls: xii tbsm 4
    Absen: 17



    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  51. NAMA : ANDIKA AGUNG PRASETIYO
    KELAS: XII TBSM 1
    NO. : 07



    SAYA SUDAH MEMPELAJARI NYAA

    BalasHapus
  52. NARda damayanti
    XII Akl
    18



    Saya sudah mempelajarinya

    BalasHapus
  53. VIETO RAMADHAN
    kls: XII TBSM 5
    No:25

    BalasHapus
  54. Nama : danus prasetiya
    Kelas : XII TBSM 1
    absen : 11


    saya Sudah mempelajari

    BalasHapus
  55. Nama : DWI SENJA M.L
    Kelas : XII TBSM 5
    absen : 8


    saya Sudah mempelajari ndan...

    Balas

    BalasHapus
  56. Nama: Rendik Febrian Firmansyah
    Kelas: Xll TBSM 4
    Absen:25



    Saya sudah mempelajari...

    BalasHapus