Jumat, 05 Juli 2019

HAPUSLAH KEBANGGAAN DAN PAMER RANKING ANAK ANDA

  



Hasil gambar untuk RANKING SEKOLAH  

Thomas J. Stanley adalah seorang penulis Amerika dan teori bisnis. Dia  pemenang penghargaan beberapa penulisan buku tentang Amerika kaya, termasuk best 



seller New York Times 'The Millionaire Next Door dan The Millionaire Mind. Ia 
menerima gelar doktor dalam administrasi bisnis dari University of Georgia. Dia berada di fakultas dari Universitas di Albany, State University of New York. Dia mengajarpemasaran di University of Tennessee, University of Georgia dan Georgia State University ( di mana ia diangkat Omicron Delta Kappa Posisi Professor)

FAKTOR YANG MENENTUKAN KESUKSESAN SESEORANG

Menurut riset Thomas J Stanley, ada sepuluh faktor teratas yang akan mempengaruhi kesuksesan anak anak kita. Apa saja ke10 hal tersebut ? yaitu :




1. Kejujuran (Being honest with all people) karakter kejujuran

2. Disiplin keras (Being well-disciplined) tertib dalam setiap rencana dan tindakan

3. Mudah bergaul atau friendly (Getting along with people) bagaimana anak kita bersosial di masyarakatnya ,dengan teman temannya dan lingkungan sekolah maupun rumah mereka tinggal

4. Dukungan pendamping (Having a supportive spouse) bimbingan orang tua, guru atau konseling sebaya

5. Kerja keras (Working harder than most people) kesunguhan dalam bekerja .kalau di dalam islam muncul istilah  kerja cerdas dan ikhlas

6. Kecintaan pada yang dikerjakan (Loving my career/business) menyenangi aktifitas apa yang mereka kerjakan

7. Kepemimpinan (Having strong leadership qualities) munculnya sikap dan peran kepemimpinan 

8. Kepribadian kompetitif atau mampu berkompetisi (Having a very competitive spirit/personality) memiliki ketangguhan didalam setiap aktifitas positif nya.

9. Hidup teratur (Being very well-organized) baik sholatnya, belajarnya maupun hal hal lain nya.

10. Kemampuan menjual ide atau kreatif / inovatif (Having an ability to sell my ideas/products) munculnya kemampuan  marketing dari apa yang muncul dalam idenya.


TIDAK BISA DITENTUKAN OLEH RANKING RAPORT DAN KELULUSAN.

Nah ternyata apa yang di hasilkan dalam riset itu ,
Hampir kesemua faktor ini, tidak terjangkau dengan Ranking, NEM maupun  IPK. Artinya ranking anak anda NEM anak KIta, dan IPK ( Indeks Prestasi Komulatif anak kita) bukan penentu masa depan anak anak.
Maka janganlah kita bangga dan pamer ranking anak kita jika  10 hal diatas tidak ada pada diri anak kita.

Dalam bahasa kurikulum semua yg ditulis diatas (10 hal itu, ) semuanya dikategorikan sebagai softskill. Yang hal itu biasanya peserta didik memperolehnya dari kegiatan di ekstra-kurikuler di sekolah, di tempat ngaji, diskusi berorganisasi,pergaulan positif anak anak kita dan llingkungan yang ramah kesuksesan anak.

bukan di tempat tempat game offline maupun online  yang lagi di gandrungi anak anak sekarang.

Justru kita harus Waspada kalau anak anak kita hobby nge game bisa jadi otaknya sedikit tidak waras karena kecanduannya.


SUKSES MENURUT ISLAM

Sesungguhnya telah Kami turunkan kepadamu sebuah kitab yang didalamnya terdapat sebab – sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?” (QS 21:110).
Kemuliaan yang tertera di dalam penggalan ayat al-Qur’an tersebut bisa diartikan sebagai kesuksesan.

Hasil gambar untuk SUKSESDi dalam Islam, arti kesuksesan bukanlah berkenaan dengan materi. Islam tidak pernah membeda – bedakan yang kaya dengan yang miskin. Allah juga tidak pernah melihat dari keluarga mana kita berasal dan seberapa kaya diri kita. Yang akan dijadikan tolok ukur dalam sukses menurut Islam adalah amal ibadah yang kita lakukan dengan JUJUR.
Artinya bahwa kesuksesan bisa di raih dengan  aktifitas amal ibadah atau memperbaiki hubungan antara kita sebagai hamba dgn Alloh sebagai penentu kesuksesan. (sang Maha pencipta kesuksesan.)

Dalam QS 47:7 : hai orang – orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.
maknanya tiada sukses jika tanpa pertolongan Alloh. 

Dan menolong agama Allah bisa di maknai sebagai bentuk pelayanan terhadap hamba, yakni pelayanan terhadap sesama Hamba Alloh atas perintahnya dan contoh dari Nya, maupun Contoh dari Rasul Nya. (bukankah Allah senantiasa memberikan pelayanan kepada kita di setiap situasi ?).  
Wallohu a’lam bishowab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar