Senin, 22 Oktober 2018

SANTRI APA MAKNANYA?

Kata "santri " berdasarkan penggunaannya, kata ini diadopsi dari kata shastri milik
hindu. artinya murid murid yang mempelajari hindu disebut dengan kata shastri.

Demikian juga kata pesantren juga diambil dan diadopsi dari milik komunitas hindu dari kata pedukuhan atau dukuh . Dimana kata dukuh ini adalah sebuah tempat yang di gunakan umat hindu untuk sebuah pengajaran sebagaimana pesantren yang kita kenal saat ini.


Menurut istilah Arab santri dalam bahasa Arab terdiri dari 5 huruf yakni sin,nun,ta ro, dan ya.
Pertama seorang santri harus menjadi saafiqul khoir atau pelopor kebaikan atau agen perubahan di masyarakat nya di mana mereka berada.

Maka dia harus menjadi contoh tauladan orang-orang yang ada di sekitarnya

Sedangkan huruf nun berarti naasibul  ulama (penerus ulama ) santri merupakan para kader calon yang kelak diharapkan akan menjadi penerus para ulama atau keilmuan ulama yang hari ini sedang dipelajari oleh mereka

Ketiga huruf ta yaitu taarikul  ma' ashi (meninggalkan maksiat) adalah sesuatu yang diwajibkan kepada santri agar ilmunya menjadi ilmu yang berkah.

Sedangkan huruf ro dan ya dijabarkan sebagai syarat yang dimiliki para santri yaitu ridho Allah dan sifat yakin .


Jika sifat yakin ini tidak menempel pada santri maka secara otomatis ridho Allah pun sulit untuk didapatkan.

Maka untuk mendapatkan Ridho dari Allah maka mereka harus menjalankan apa yang di yakini dalam kehidupannya Terutama ketika saat mereka sedang menuntut ilmu di pesantren atau di mana pun.

 jadi makna santri tidak hanya sekedar mereka yang berada di pesantren atau di  tetapi juga berada di sekolah-sekolah yang mengimplementasi ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ilmu agama. Dunia dan akhirat.


 wallahualam
SELAMAT HARI SANTRI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar